Kamis, 14 Des 2017 / 25 Rabiul Awal 1439

Advertorial Pemkab Kampar

Meninjau Lokasi-lokasi Objek Wisata

Oleh: Mirdas Aditya
Sabtu, 22 Jul 2017 15:27
view: 1.661
Mirdas Aditya
Bupati dan rombongan saat berada di Puncak Ulu Kasok, Raja Ampat-nya Kampar.

BANGKINANG KOTA, datariau.com - Pemerintah Kabupaten Kampar tampak komitmen untuk memajukan pariwisata Kampar yang selama ini terkesan kurang terkelola dengan baik. Terbukti, beberapa hari belakangan ini, Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM bersama rombongan rajin turun meninjau langsung lokasi-lokasi objek wisata yang ada di Kampar.

Pemkab Kampar memang berwacana untuk menjadikan Kabupaten Kampar sebagai destinasi wisata terbaik yang akan menjadi tujuan para wisatawan lokal maupun mancanegara, karena berbagai lokasi wisata di Kampar pun kini mulai banyak diminati wisatawan.

Salah satu objek wisata yang sedang viral di media sosial dan jadi perbincangan masyarakat Riau maupun luar Riau yakni objek wisata Ulu Kasok, lokasi ini diserbu masyarakat pada puncak liburan Idul Fitri 1437 H kemarin, baik pengunjung Kampar maupun dari luar Kampar.

Melihat hal tersebut, Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM mengajak para pejabat lainnya untuk turun melihat langsung beberapa objek wisata yang berada di kawasan Danau PLTA Koto Panjang tepatnya Ulu Kasok XIII Koto Kampar, Ahad (16/7/2017).

Dalam kunjungan itu ikut serta Anggota DPRD Riau yang merupakan Ketua Pansus Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau Asri Auzar dan Anggota H Masnur SH. Ikut juga Asisiten II Setda Kampar Nurbit MH, Kepala Dinas PUPR Kampar Indra Pomi ST MSi, Kepala Bapeda Kampar Ir Azwan, Kadis Perikanan M Usman Amin, Kadis Pertanian Henry Dunan, dan Camat XIII Koto Kampar Amiruddin.

Bupati Azis menyampaikan bahwa telah terjadi komitmen bersama-sama DPRD Riau, DPRD Kampar, Pemda, Ninik Mamak dan masyarakat untuk memajukan Kampar khususnya di bidang pariwisata.

"Saat ini sebenarnya kita banyak memiliki objek wisata yang hanya dalam pengelolaan kurang serius. Sebelumnya kita lihat pemandian Sungai Hijau yang dipadati di hari libur oleh masyarakat luar Kampar, kemudian saat ini bisa kita lihat Ulu Kasok yang dikatakan pengunjung sebagai "Raja Ampatnya Kampar" setiap hari libur ribuan pengunjung memadati puncak pemandangan tersebut," kata Aziz.

Kedepan Azis akan berkomitmen lagi untuk memajukan pariwisata Kampar sehinga terwujudnya Distinasi Wisata Kampar di Prpvinsi Riau, agar setiap liburan masyarakat Riau khususnya Kampar tidak perlu berwisata ke daerah lain lagi, karena Kampar tidak kalah dengan daerah lain terkait pariwisata.

Dengan demikian, perekonomian masyarakat akan terbantu dan uang masyarakat Kampar dibelanjakan di Kampar, bukan di luar Kampar lagi seperti yang selama ini terjadi. Sebab, lokasi wisata di Kampar sangat banyak, bahkan saat ini tengah didata lokasi-lokasi air terjun di Kampar yang jumlahnya diperkirakan ribuan dan akan diberi nama Negeri Seribu Air Terjun.

Selain Ulu Kasok, Bupati Kampar juga kembali menghidupkan lokasi wisata Stanum di Bangkinang Kota, dimana tempat ini dulunya adalah lokasi wisata masyarakat Kampar maupun luar Kampar, namun seiring perjalanannya kurang pengelolaan sehingga kurang diminati lagi, kemudian sepi dan akhirnya tidak beroperasi lagi.

Padahal, dengan dikelolanya lokasi wisata di Kampar, akan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selain juga meningkatkan perekonomian masyarakat Kampar.

Pemerintah Kabupaten Kampar akan menata ulang kawasan Stanum dibuat agar lebih menarik dan diminati pengunjung yang nantinya akan bermuara pada peningkatan jumlah wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah yang datang ke Stanum.

Begitu dikatakan Bupati Kampar Azis Zaenal saat sebelumnya meninjau kawasan Stanum Bangkinang Kota, Jumat (14/7/2017) yang juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Kepala Dinas PUPR Indra Pomi dan dinas terkait lainnya.

"Kawasan ini sangat potensial untuk kawasan wisata, banyak yang bisa kita buat disini untuk menarik perhatian pengunjung dan mendatangi kawasan ini yang nantinya akan bermuara pada peningkatan pendapatan daerah kita," ujar Azis.

Azis mengatakan, pihaknya harus menggesa penataan ulang kawasan Stanum ini, karena beberapa bulan lagi di Kabupaten Kampar akan dilaksanakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

"Kita berharap pada waktu tersebut kawasan wisata Stanum sudah bisa dikunjungi dan menjadi objek wisata yang favorit bagi pengunjung dari daerah lain dan mereka jadi terkesan datang ke Kabupaten Kampar," harap Bupati.

Berdasarkan Surat Mangemen Perusahaan Daerah (PD) Kampar Aneka Karya Nomor 016/PD-KAK/VII/2017 tangga 17 Juli 2017, perihal permohonan penyerahan PD Kampar Aneka Karya ke Pemerintah Kabupaten Kampar, berkaitan dengan tindak lanjut tersebut pihak management serta seluruh karyawan taman rekreasi Stanum sepakat dan bersedia bekerja kembali.

Kesepakatan tersebut dihadiri Bupati Kampar yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan pembangunan Setda Kampar Nurbit SIP MH yang dilaksanakan di Aula Stanum Bangkinang Kota, Rabu (19/7/2017).

Dalam kesepakatan tersebut, Nurbit menjelaskan bahwa mulai Rabu 19 Juli 2017 seluruh management Taman Rekreasi Stanum yang diambil alih oleh Pemda Kampar telah ditunjuk Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Kampar sebagai penanggungjawab pengelola khusus unit Taman Rekreasi Stanum yang dibantu oleh beberapa staff Bagian Perekonomian berdasarkan surat perintah Bupati Kampar.

Kemudian juga melakukan serah terima pengelolaan keuangan dan asset dari penanggungjawab sebelumnya, selanjutnya karyawan yang masih bekerja sepakat dan bersedia bekerja kembali dengan hak dan kewajiban berdasarkan kepada ketentuan yang disusun oleh pengelola sementara.

Dimana perolehan gaji atau honor oleh karyawan akan disesuaikan dengan besarnya pendapatan dan penerimaan yang berasal dari Taman Rekreasi Stanum, kemudian terhadap persoalan management PD Kampar Aneka Karya akan diselesaikan dengan cara tersendiri sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun pihak karyawan yang menandatangi kesepekatan kerja kedepan antara lain Agung Maulana, Djohan Patris, Musir, Sabarianto, Lismar, M Yunus, M Azwar, Neli Hazrah, Tria Wulandari, Meriana, Erni Sirat, Windra, Bukhariyanto, Masrizal, Agusmar, Syawirsyah, Khairul Anwar, M Munir, dan Wira Atmaja.

Dengan mendata satu persatu lokasi pariwisata itu, kemudian dibenahi maka Pemkab Kampar akan mudah melakukan pengelolaan dan pengembangan dengan baik. Karena sesungguhnya Kabupaten Kampar memiliki potensi wisata yang sangat banyak, mulai dari air terjun dan keindahan alam lainnya, secara perlahan akan digali oleh pemerintah dalam kepemimpinan Aziz Zaenal-Catur Sugeng selama lima tahun kedepan, agar nantinya Kabupaten Kampar menjadi tujuan wisata impian oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang nantinya bermuara pada pertumbuhan perekonomian masyarakat Kabupaten Kampar.

Untuk mengelola seluruh lokasi wisata yang ada di Kampar, Pemkab juga meminta restu kepada Ninik Mamak dan masyarakat dengan cara menggelar rapat musyawarah di ruang rapat Bupati Kampar bersama Ninik Mamak, Camat XIII Koto Kampar beserta perangkat desa dengan agenda Percepatan Pengelolaan Pembangunan Objek Pariwisata terpadu di wilayah PLTA Koto Panjang dan sekitarnya dalam rangka percepatan Pengelolaan Pariwisata Terpadu, Selasa (18/7/2017).

Ninik mamak sepakat pengelolaan pariwisata dikelola pemerintah karena dinilai kedepannya apabila dikelola dengan baik maka akan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar, diantaranya meningkatnya ekonomi masyarakat dari kunjungan wisatawan sehingga dapat menyerap tenaga kerja lokal dan meningkatkan perputaran uang di kabupaten Kampar.
 
Hal ini ditandai dengan mufakat Ninik Mamak dan pemerintah daerah untuk bersinergi dalam memajukan pariwisata di Kampar yang selama ini terabaikan, kesepahaman inilah yang nantinya akan menyegerakan perencanaan pembangunan untuk pengembangan pariwisata kedepan guna pembangunan kawasan pariwisata terpadu.
 
Dalam rapat tersebut Bupati Kampar Azis mengajak semua pihak meluruskan niat untuk memberikan pemikiran dan kerja nyata dalam membangun Kampar kedepan. "Asal kita luruskan niat saya yakin Kampar akan maju, bagaimana ekonomi masyarakat dan kesejahteraan dapat terangkat, jangan ada yang mencederai niat yang tulus itu agar semua berjalan lancar," ungkap Azis.
 
Azis yang telah melihat secara langsung objek wisata yang mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata sehingga perlu dikembangkan dan direncanakan sedemikian rupa agar menjadi destinasi pariwisata yang terkelola dengan baik.
 
"Pemerintah akan membentuk tim peninjauan yang bertujuan untuk pengelolaan pariwisata terpadu sehingga memberikan imbal balik kepada kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan geliat ekonomi masyarakat di bidang pariwisata," ulas Bupati.

Setelah Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM dan jajarannya turun langsung ke objek-objek wisata dan mendapat restu Ninik Mamak, maka Bupati Kampar Azis Zaenal menemui para investor di Jakarta untuk mengajak mereka menanamkan investasi di Kabupaten Kampar. Semangat bupati ini patut diacungi jempol.

Tak tanggung-tanggung, Bupati Kampar Azis Zaenal membawa tim yang terdiri dari Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir H Azwan MSi, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Syamsul Bahri dan Kadis PUPR Indra Pomi untuk "marathon" melakukan pertemuan secara terpisah dengan Direktur Utama PT Infrastruktur anak perusahaan PT Pembangunan Jaya Ir Frans Sunito, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata RI Dadang Rizki Ratman, dan pemilik Trans Corp Chairul Tanjung, Kamis (20/7/2017).

Keseluruhan pertemuan adalah untuk mengundang para pengambil kebijakan di tingkat nasional untuk secara bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Kampar dan Pemerintah Provinsi Riau mengembangkan potensi industri pariwisata di kawasan danau PLTA Koto Panjang khususnya dan Kabupaten Kampar umumnya.

Frans Sunito dari PT Pembangunan Jaya yang juga mantan Dirut PT Jasa Marga menyambut baik ajakan Bupati Kampar Azis Zaenal dan secara khusus ia akan membicarakan langsung dengan pimpinan divisi yang menangani pembangunan wahana rekreasi. Bahkan Frans Sunito menjanjikan jika memang ada rencana ekspansi PT Pembangunan Jaya Ancol, maka usulan Bupati Kampar tersebut akan dijadikan prioritas utama dalam hal pengembangan objek wisata danau PLTA Koto Panjang.

Pada pertemuan kedua dengan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman berjanji akan menindaklanjuti usulan pengembangan destinasi dan industri pariwisata kawasan PLTA Koto Panjang melalui pembinaan dan akan memfasilitasi pihak swasta mengembangkan kawasan objek-objek wisata danau PLTA Koto Panjang.

Pada pertemuan ketiga Bupati Kampar melakukan pertemuan dengan owner Trans Corp Chairul Tanjung. Pada pertemuan tersebut Chairul Tanjung didampingi salah satu Direktur Trans Corp Doni yang juga Komisaris Garuda berjanji akan mempelajari usulan pengembangan kawasan objek-objek wisata danau PLTA Koto Panjang dan tahap awal akan mengutus salah satu Direktur Trans Corp, Doni berkunjung ke Riau pada kesempatan pertama.

Kemudian Chairul Tanjung yang juga menjadi pembicara pada Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Hotel Mercure Ancol sempat menyampaikan apresiasi dan menyambut baik pengembangan industri di Kabupaten Kampar.

Upaya Pemda Kampar untuk mengelola dan mengembangkan pariwisata menjadi angin sejuk bagi masyarakat Kampar, dimana melalui pariwisata ini nantinya nama Kampar akan menjadi buah bibir wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Senanglah, banyak tempat wisata, banyak peluang kita putera daerah untuk kreatif menangkap peluang usaha untuk memperbaiki perekonomian," sebut Rio Agusri, seorang pemuda asal Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Dikatakannya, dengan adanya ribuan lokasi wisata di Riau, diharapkan pemerintah nantinya memberdayakan pemuda tempatan untuk mengelola. "Kami sangat mendukung program yang sangat bagus Pemerintah Kabupaten ini," pungkasnya. (*)

Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

KOMENTAR
Polling

Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
DR H Firdaus MT
Drs H Syamsuar MSi
HM Harris
H Hendry Munief MBA
H Nurzahedi SE
Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
Drs H Achmad MSi
Drs H Irwan Nasir MSi

Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
H Yopi Arianto SE
Intsiawati Ayus SH MH
H Rusli Effendi SPdI SE MSi
H Suyatno AMP
Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg