Jumat, 15 Des 2017 / 26 Rabiul Awal 1439

Advertorial DPRD Riau

Pansus DPRD Riau Kunjungi Kepri Bahas Ranperda Hukum Adat

Oleh: Irwansyah
Selasa, 05 Des 2017 10:53
view: 1.007
Irwansyah
Rombongan Pansus DPRD Riau saat diterima di DPRD Kepri.

PEKANBARU, datariau.com - Panitia Khusus (Pansus) DPRD Riau melakukan studi banding ke Kepulauan Riau dalam rangka membahas Ranperda Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan, Lembaga Adat dan Masyarakat Hukum Adat.

Kunjungan ini dilakukan selama 2 hari, Senin hingga Selasa (4-5/12/2017). Pansus yang diketuai Masgaul Yunus SH MH mengunjungi DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Tokoh Adat Melayu, dan instansi terkait, untuk mengumpulkan referensi tentang aturan yang bisa dibentuk agar terjalinnya sinergi Pemerintah Daerah dengan Lembaga Adat.

"Ini sesuai dengan UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Tujuan kunjungan ini untuk menggali hukum ada Melayu yang ada di Kepri, kenapa Kepri yang dikunjungi karena kita sama-sama Melayu," kata Masgaul, di sela-sela kunjungannya di DPRD Kepri, Selasa (5/12/2017).

Dalam kunjungan itu, rombongan Pansus diterima di ruang pertemuan DPRD Kepri, pansus juga mengunjungi tokoh adat Melayu Kepri. Beberapa hal didapatkan dari kunjungan ini yang akan disusun oleh DPRD Riau nantinya menjadi Perda dengan melalui proses pembahasan bersama Pemerintah Provinsi Riau.

"Agar kedepan kita lebih memaksimalkan Lembaga Kemasyarakatan, Lembaga Adat dan Hukum adat. Ini penting, mengingat visi misi Riau 2020 yakni terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis, sejahtera lahir dan bathin, di Asia Tenggara Tahun 2020," ulasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, Provinsi Riau kedepan diharapkan memiliki aturan yang jelas dalam hal Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan, Lembaga Adat dan Masyarakat Hukum Adat.

Ikut dalam rombongan pansus ini H James Pasaribu, T Rusli Ahmad SE, Nasril SAg MA, H Yurjani Moga SH, Ir H Azmi Setiadi MT, Dr Taufik Arrakhman SH MH, Adriyan, H Sugianto SH, dan Dra Hj T Nazlah Khairati MP.

"Hasil dari kunjungan ini akan dirangkum nantinya dan dibahas kembali di DPRD Riau. Semoga Ranperda ini lancar dan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat," pungkasnya. (adv/wan)

Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

KOMENTAR
Polling

Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
DR H Firdaus MT
Drs H Syamsuar MSi
HM Harris
H Hendry Munief MBA
H Nurzahedi SE
Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
Drs H Achmad MSi
Drs H Irwan Nasir MSi

Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
H Yopi Arianto SE
Intsiawati Ayus SH MH
H Rusli Effendi SPdI SE MSi
H Suyatno AMP
Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg