Sabtu, 16 Des 2017 / 27 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Advertorial
  • Peran Pemerintah Kabupaten Kampar dalam Mengembangkan Dunia Usaha

Advertorial

Peran Pemerintah Kabupaten Kampar dalam Mengembangkan Dunia Usaha

Oleh: Mirdas Aditya
Selasa, 13 Jun 2017 11:28
view: 1.088
Mirdas Aditya
Bupati Kampar Aziz Zaenal Dampingi Gubri dan Forkopimda Riau pada Safari Ramadhan di Kuapan.

BANGKINANG KOTA, datariau.com - Potensi sumber daya alam yang ada di Kabupaten Kampar sangat menjanjikan. Potensi ini yang akan dimaksimalkan dalam pengelolaannya oleh Bupati dan Wakil Bupati Kampar yang baru, H Aziz Zainal SH MH dan Wakilnya Catur Sugeng Susanto SH.

Bupati terpilih pada Pilkada Kabupaten Kampar 15 Februari lalu, H Aziz Zainal SH MH dan Wakilnya Catur Sugeng Susanto SH telah membahas tentang pengembangan dunia usaha untuk memperbaiki perekonomian masyarakat Kabupaten Kampar, pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Kampar tahun‎ 2018 yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kampar, Senin (14/3/2017) silam.

Meskipun saat itu Bupati dan Wabup belum dilantik, namun keduanya hadir di Musrembang yang dipimpin Pj Bupati Kampar, Syahrial Abdi AP MSi. Dalam sambutannya Syahrial Abdi mengatakan bahwa, walaupun belum dilantik, Bupati terpilih sengaja diundang untuk hadir‎ pada Musrenbang ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam memajukan Kabupaten Kampar kedepannya.

"Dengan hadirnya beliau maka kita akan mudah mendudukkan apa rencana yang akan kita laksanakan untuk tahun 2018, yang tentunya mengerucut pada ciri dan misi Bupati terpilih. Musrenbang yang kita laksanakan ini merupakan forum yang sangat vital dalam perencanaan pembangunan,‎ karena‎ banyak sekali kepentingan yang akan kita wujudkan disini yang nantiny‎a akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kampar kedepannya," ujar Syahrial Abdi.

Dikatakan Syahrial Abdi, tema musrenbang kali ini yakni mendorong pembangunan‎ infrastruktur, investasi dan industri untuk peningkatan perekonomian masyarakat dan pencapaian daya saing daerah. Jika sebelumnya mantan Bupati Kampar Jefry Noer dulunya sudah melatih masyarakat dengan berbagai skill maka untuk memajukan pembangunan, Bupati Kampar yang baru nantinya bisa memanfaatkan masyarakat yang sudah dilatih untuk dimasukkan ke bidang industri sehingga bisa berkesinambungan dan tidak lagi memulai semuanya dari awal untuk mewujudkan Kampar yang hebat dan maju.

Syahrial Abdi berharap, dengan adanya forum ini, sebagai wadah bagi kita semua untuk menyatukan gagasan dan pemahaman akan menghasilkan rancangan pembangunan yang baik untuk Kampar lebih baik kedepannya.

Sementara itu, Bupati terpilih, Aziz Zainal dalam sambutannya mengatakan bahwa dia berterima kasih atas undangan mengikuti musrenbang ini. "Walaupun kami belum dilantik, namun kami sudah diikutsertakan dalam kegiatan ini, yang tujuan utamanya adalah untuk menjadikan Kampar yang hebat," kata Aziz.

"Visi kami untuk mewujudkan Kabupaten Kampar sebagai wilayah industri yang berbasiskan pertanian dan perkebunan dengan masyarakat yang berakhlak berbudaya dan beradat menuju masyarakat yang sejahtera nantinya dapat kita wujudkan bersama," lanjutnya.

Saat ini, lanjutnya, Bangkinang masih kurang maju, karena kurangnya devisa masuk ke daerah ini. Karena fakta yang terjadi saat ini masyarakat Bangkinang rata-rata berbelanja di Pekanbaru, untuk itu kedepannya diharapkan para pejabat dan masyarakat berbelanja di Bangkinang agar daerah ini bisa maju.

"Kemudian industri pariwisata luar biasa yang ada di Kabupaten Kampar yang belum bisa kita gali, untuk itu kedepannya bisa kita exspos untuk menghasilkan devisa bagi daerah kita. Saya berharap kedepannya kekompakan antara eksekutif dan legislatif dapat berjalan dengan baik, agar nantinya keberadan kita dalam masyarakat dapat dirasakan oleh mereka untuk sama-sama memajukan Kabupaten Kampar yang kita cintai ini," pungkasnya.

8 Program Kerja

Bupati Kampar H Aziz Zainal SH MH dan Wakilnya Catur Sugeng Susanto SH dilantik pada Senin (22/5/2017). Aziz Zainal meminta semua pihak tidak lagi terkotak-kotak, semua tujuannya sama, membangun Kampar menjadi lebih baik.

"Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak, kepada penyelenggara pemilu, KPU dan Panwaslu Kabupaten Kampar, pemerintah daerah Kabupaten Kampar, pihak kepolisian dan TNI yang telah mengamankan jalannya pelaksanaan pesta demokrasi Pilkada kampar 2017," kata Aziz Zainal kepada datariau.com, Sabtu (20/5/2017).

Aziz juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kampar yang telah melaksanakan pesta demokrasi secara baik. Sehingga pemilihan kepala daerah di kabupaten Kampar berjalan dengan aman dan tertib.

"Alhamdulillah kita bisa membuktikan kedewasaan kita dalam berpolitik. Selanjutnya, yang perlu kami sampaikan adalah mari semua pihak, seluruh kompenen masyarakat Kabupaten Kampar untuk kembali bergandengan tangan, bahu-membahu bersama kami membangun Kabupaten Kampar yang kita cintai ini," ajaknya.

"Saya tegaskan bahwa kami, saya H Azis Zaenal dan wakil saya Catur Sugeng Susanto adalah pimpinan bagi seluruh masyarakat kabupaten Kampar. Mari kita lupakan kontestasi dalam pilkada yang lalu. Saat ini waktunya untuk kita merapatkan barisan, saling bersinergi positif untuk membangun kabupaten Kampar," lanjutnya.

Aziz juga mengajak semua pihak untuk ikut menyukseskan program kerja, Visi dan Misi yang telah disampaikan Aziz-Catur dalam masa-masa kampanye dulunya. Yakni program 3i (Infrastruktur, Industri dan Investasi) yang menjadi program utama pemerintahan Azis-Catur 5 tahun kedepan.

"Untuk mewujudkan ini semua, kami sangat mengharapkan dukungan dari kita semua seluruh elemen masyarakat kabupaten Kampar. Kami ingin seluruh program pemerintah kabupaten Kampar selanjutnya, fokus untuk capaian visi dan misi kami tersebut," terangnya.

Aziz juga memaparkan 8 program kerja utamanya 5 tahun kedepan, yakni:

1. Membenahi sistem birokrasi pemerintahan
2. Mengerjakan penyelesaian infrastruktur, mengajak investor membangun industri atau disebut 3i (Infrastruktur, Investasi Dan Industri)
3. Memberi peluang pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional untuk berkembang di Kabupaten Kampar
4. Meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan kesehatan
5. Modernisasi pertanian
6. Memperkuat sistem keamanan
7. Melaksanakan prinsip TAP (Transparansi, Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat), dan
8. Optimalisasi dana daerah sesuai kebutuhan.

Ekonomi Masyarakat

Dalam menggerakkan perekonomian masyarakat, diperlukan sumbangsih dan kontribusi seluruh masyarakat Kabupaten Kampar, untuk itu Bupati Kampar Aziz Zainal menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat merubah pola fikir berkaitan dengan perputaran perekonomian di Kabupaten Kampar. Terkhusus kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), Bupati meminta ASN dan pejabat membelanjakan uangnya di Bangkinang, jangan lagi belanja di daerah lain di luar Bangkinang ini.

Penegasan ini disampaikan Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM saat memberikan pengarahan dan sambutannya pada Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Kampar yang diadakan di  Mesjid Munawwarah Desa Kumantan, Kecamatan Bangkinang Kota, Senin (5/6/2017).

"Untuk menghidupkan ekonomi masyarakat tak lain tak bukan dari kita sendiri, jadi mulai saat ini mari kita rubah pola fikir dalam menyikapi ini, diantaranya adalah perbaiki kualitas barang dengan harga yang bersaing, pelayanan yang baik kepada konsumen sehingga tertarik belanja di Bangkinang, begitu juga dengan masyarakat mari kita belanjakan uang kita di Kampar ini," pinta Azis Zaenal.

Hadir dalam Safari Ramadhan ini mendampingi Bupati Kampar Azis Zaenal, Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri SAg, Kapolres Kampar AKBP Deni Okvianto, Danyon 132 B/S Mayor Inf Aidil Hasan, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kampar, Anggota DPRD Kabupaten Kampar, tokoh masyarakat dan ratusan masyarakat Desa Kumantan.

"Jangan kita hanya mencari uang di Kampar, tinggal di Kampar namun kita belanjakan di luar," tegas bupati lagi.

Begitu juga dengan para pengusaha, diminta untuk dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di Kabupaten Kampar, sehingga seluruh aspek perekonomian dapat berjalan dan akhirnya dengan sendirinya dapat mensejahterahkan masyarakat Kabupaten Kampar.

"Pola fikir inilah yang harus kita lakukan pada saat ini," imbau Azis Zaenal.

Pada Kesempatan itu Bupati Kampar menyerahkan Bantuan untuk pembangunan masjid sebanyak Rp15 juta dari Pemerintah Kabupaten Kampar dan Rp2 juta dari Bank Riau Kepri Cabang Bangkinang. Begitu juga diserahkan CSR dari RAPP, salah satu perusahaan yang beroperasi di Kampar berupa santunan kepada anak yatim dan jam digital untuk masjid.

Beberapa waktu setelah dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Kampar memang tampak serius menyusun program kerja dengan mengedepankan pengembangan dunia usaha, dengan banyaknya tempat usaha di Kampar, maka membuka peluang kerja bagi masyarakat Kampar, upaya ini akan mengurangi pengangguran.

Bupati Kampar dalam beberapa pertemuan menegaskan bahwa akan mengajak investor untuk berinvestasi di Kampar, sehingga nantinya dunia usaha bermunculan di Kampar yang akan menguntungkan bagi warga Kampar. (adv/das)

Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

KOMENTAR
Polling

Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
DR H Firdaus MT
Drs H Syamsuar MSi
HM Harris
H Hendry Munief MBA
H Nurzahedi SE
Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
Drs H Achmad MSi
Drs H Irwan Nasir MSi

Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
H Yopi Arianto SE
Intsiawati Ayus SH MH
H Rusli Effendi SPdI SE MSi
H Suyatno AMP
Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg