Kamis, 27 Apr 2017 / 30 Rejab 1438
  • Home
  • Artikel
  • Anggota DPR RI Ucapkan Selamat Terbentuknya Organisasi Wartawan Media Online IWO di Riau

Anggota DPR RI Ucapkan Selamat Terbentuknya Organisasi Wartawan Media Online IWO di Riau

Oleh: Mirdas Aditya
Senin, 20 Mar 2017 11:43
view: 1055
Mirdas Aditya
Anggota DPR-RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Riau I Effendy Sianipar.

 

JAKARTA, datariau.com - Anggota DPR-RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Riau I Effendy Sianipar mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan Ikatan Wartawan Online (IWO) di provinsi Riau periode 2017-2022 yang akan dilantik bulan April mendatang.
 
Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini berharap dengan terbentuknya IWO di Riau bisa menjadi ajang silaturahmi sekaligus wadah semua wartawan tanpa terkecuali, baik media cetak, media online, televisi maupun radio.
 
"Secara pribadi dan mewakili masyarakat di Dapil Riau I, saya mengucapkan selamat atas terbentuknya IWO. Mudah-mudahan IWO bisa menjadi wadah semua wartawan di Riau. Mengingat semua perusahaan Pers saat ini sudah mengembangkan bisnisnya di online," kata pria yang kini duduk di Komisi IV DPR RI ini, kepada datariau.com, Senin (20/3/2017).
 
Effendy berharap seluruh media yang tergabung di IWO Riau, dibawah kepengurusan Ir H Rifa Yendi bisa menjalankan profesinya sebagai wartawan secara profesional yang taat dengan Kode Etik Jurnalistik dan Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.
 
"Harus bisa menjadi wartawan yang handal dan profesional. Perbanyak pelatihan jurnalistik. Beritakan secara akurat dan cepat. Tentunya disertai data dan fakta yang terjadi di lapangan," ujarnya.
 
Pemerintah Daerah (Pemda) Riau dan seluruh stakeholdernya, kata Effendy, bisa menjadikan IWO sebagai mitra kerja yang baik mengingat 50 media sudah tergabung disana. 
 
"Tapi jangan mau dijadikan corong Pemda semata. Harus kritis dan menjadi kontrol sebagimana fungsi Pers. Jangan segan memberitakan kekurangan Pemda jika itu memang terjadi," terangnya.
 
Menurutnya, media yang tergabung di IWO juga harus bisa menjadi penyambung lidah antara rakyat dan Pemda setempat.
 
"Harus bisa menjadi penyambung lidah antara rakyat dan Pemda setempat," demikian Effendy Sianipar yang bisa maju menjadi anggota DPR RI dari Dapil Riau I yang meliputi Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak, Kota Pekanbaru. (Baca: Semangat Para Wartawan Media Online, IWO Riau Akhirnya Terbentuk, Ini Data Pesertanya..)
 
Sebelumnya, Abidah CEO ranahriau.com di Pekanbaru mengatakan, sedikitnya 50 media online yang berada di provinsi Riau sudah tergabung dalam organisasi profesi IWO. Nama-nama pemilik media online di Riau pun turut menjadi pengurus IWO yang akan dilantik kurang dari 30 hari itu. "Pemilik media online di Riau sangat antusias untuk membentuk IWO di Riau," katanya.
 
Disinggung siapa calon Ketua IWO, Bidah sapaan akrab Abidah mengatakan, Ir H Rifa Yendi yang akan memimpin nantinya. "Kami sudah sepakati pak Rifa Yendi untuk menjadi Ketua IWO provinsi Riau periode 2017-2022," pungkas Abidah.
Editor: Mirdas Aditya

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Dewan Pers: IWO Harus jadi Garda Terdepan Memajukan Media Online

    JAKARTA, datariau.com - Ketua Dewan Pers Yosep Stanley Adi Prasetyo menyambut baik keberadaan organisasi profesi Ikatawan Wartawan Online (IWO) yang sud

  • Naskah LKTJ Peserta Safari Jurnalistik Diserahkan Paling Lambat 30 April 2017

    PEKANBARU, datariau.com - Seluruh peserta Safari Jurnalistik 2017 dalam rangka Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI) ke-71 dan Hari Pers Na

  • Dalam Sehari Terjadi Dua Insiden Kekerasan terhadap Wartawan

    JAKARTA, datariau.com - Masih banyaknya kekerasan yang dilakukan aparat terhadap wartawan adalah ekspresi dari sempitnya pengetahuan oknum aparat tentang tug

  • Kodim 0314 Inhil Ajak Wartawan Tanding Menembak

    TEMBILAHAN, datariau.com - Dalam upaya meningkatkan jalinan keakraban, Kodim 0314 Inhil mengadakan pertandingan tembak jarak 100 meter antar jurnalis se Kabu

  • Segera Download Aplikasi "ASIK" Inovasi Terbaru Polres Kampar, Berkomunikasi dengan Polisi Secara Online

    BANGKINANG, datariau.com - Masyarakat kabupaten Kampar dan sekitarnya kembali disuguhkan layanan berbasis IT oleh Polres Kampar, dimana dengan aplikasi ini,

  • Aniaya Wartawan, Pengemudi Mini Cooper Diringkus Polisi

    JAKARTA, datariau.com - Kekerasan terhadap wartawan kembali terjadi, kali ini kekerasan itu menimpa jurnalis Nettv di Jalan

  • Didiagnosa Gagal Ginjal, Wartawan Koran Riau Syafii Manas Terbaring Lemah di RS Prima Pekanbaru

    PEKANBARU, datariau.com - ‎Wartawan harian pagi Koran Riau atas nama Syafii Manas saat ini terbaring lemah di Rumah Sak

  • KOMENTAR
    PERMASI