Jumat, 19 Jan 2018 / 2 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Artikel
  • Anggota DPR RI Ucapkan Selamat Terbentuknya Organisasi Wartawan Media Online IWO di Riau

Anggota DPR RI Ucapkan Selamat Terbentuknya Organisasi Wartawan Media Online IWO di Riau

Oleh: Mirdas Aditya
Senin, 20 Mar 2017 11:43
view: 1.176
Mirdas Aditya
Anggota DPR-RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Riau I Effendy Sianipar.

 

JAKARTA, datariau.com - Anggota DPR-RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Riau I Effendy Sianipar mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan Ikatan Wartawan Online (IWO) di provinsi Riau periode 2017-2022 yang akan dilantik bulan April mendatang.
 
Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini berharap dengan terbentuknya IWO di Riau bisa menjadi ajang silaturahmi sekaligus wadah semua wartawan tanpa terkecuali, baik media cetak, media online, televisi maupun radio.
 
"Secara pribadi dan mewakili masyarakat di Dapil Riau I, saya mengucapkan selamat atas terbentuknya IWO. Mudah-mudahan IWO bisa menjadi wadah semua wartawan di Riau. Mengingat semua perusahaan Pers saat ini sudah mengembangkan bisnisnya di online," kata pria yang kini duduk di Komisi IV DPR RI ini, kepada datariau.com, Senin (20/3/2017).
 
Effendy berharap seluruh media yang tergabung di IWO Riau, dibawah kepengurusan Ir H Rifa Yendi bisa menjalankan profesinya sebagai wartawan secara profesional yang taat dengan Kode Etik Jurnalistik dan Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.
 
"Harus bisa menjadi wartawan yang handal dan profesional. Perbanyak pelatihan jurnalistik. Beritakan secara akurat dan cepat. Tentunya disertai data dan fakta yang terjadi di lapangan," ujarnya.
 
Pemerintah Daerah (Pemda) Riau dan seluruh stakeholdernya, kata Effendy, bisa menjadikan IWO sebagai mitra kerja yang baik mengingat 50 media sudah tergabung disana. 
 
"Tapi jangan mau dijadikan corong Pemda semata. Harus kritis dan menjadi kontrol sebagimana fungsi Pers. Jangan segan memberitakan kekurangan Pemda jika itu memang terjadi," terangnya.
 
Menurutnya, media yang tergabung di IWO juga harus bisa menjadi penyambung lidah antara rakyat dan Pemda setempat.
 
"Harus bisa menjadi penyambung lidah antara rakyat dan Pemda setempat," demikian Effendy Sianipar yang bisa maju menjadi anggota DPR RI dari Dapil Riau I yang meliputi Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak, Kota Pekanbaru. (Baca: Semangat Para Wartawan Media Online, IWO Riau Akhirnya Terbentuk, Ini Data Pesertanya..)
 
Sebelumnya, Abidah CEO ranahriau.com di Pekanbaru mengatakan, sedikitnya 50 media online yang berada di provinsi Riau sudah tergabung dalam organisasi profesi IWO. Nama-nama pemilik media online di Riau pun turut menjadi pengurus IWO yang akan dilantik kurang dari 30 hari itu. "Pemilik media online di Riau sangat antusias untuk membentuk IWO di Riau," katanya.
 
Disinggung siapa calon Ketua IWO, Bidah sapaan akrab Abidah mengatakan, Ir H Rifa Yendi yang akan memimpin nantinya. "Kami sudah sepakati pak Rifa Yendi untuk menjadi Ketua IWO provinsi Riau periode 2017-2022," pungkas Abidah.
Editor: Mirdas Aditya

Sumber: Datariau.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Ini Lo Fisioterapi!!!

    DATARIAU.COM - Mungkin banyak diantara kalian masuk jurusan Fisioterapi tanpa mengetahui esensi dari Fisioterapi, atau bisa jadi kamu masuk jurusan Fisioterapi karen
  • Pernikahan Bukanlah Mainan

    DATARIAU.COM - Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secar
  • Membuat Sambal Goreng Kentang Tempe Enak dan Praktis

    DATARIAU.COM - Bingung mau masak apa hari ini, kali ini datariau.com menawarkan menu praktis nan enak, yaitu sambal goreng kentang tempe enak. Memasak yang t

  • Cuka Ampuh Bersihkan Lantai Sampai Kaca Rumah, Begini Caranya..

    JAKARTA, datariau.com - Kebersihanrumah harus dijaga agar tidak menjadi sarang penyakit dan kuman. Membersihkan rumah ternyata bisa juga dilakukan dengan cuk

  • Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto