Senin, 18 Des 2017 / 29 Rabiul Awal 1439

90 Sekdes Ikuti Pelatihan Manajemen Pemerintahan Desa

Oleh: Mahdi Andela
Selasa, 30 Mei 2017 07:34
view: 634
Mahdi Andela
Sebanyak 90 Sekretaris Desa (Sekdes) se-Kota Banda Aceh mengikuti Pelatihan Manajemen Pemerintahan Desa.

BANDA ACEH, datariau.com - Sebanyak 90 Sekretaris Desa (Sekdes) se-Kota Banda Aceh mengikuti Pelatihan Manajemen Pemerintahan Desa. Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) ini berlangsung selama dua hari, 29-30 Mei 2017 di Aula Gedung C Balai Kota Banda Aceh.

Kepala DPMG Banda Aceh Zulkifli Syahbuddin menyebutkan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan aparatur pemerintahan gampong dalam bidang perencanaan pembangunan gampong. “Juga agar terciptanya aparatur yang berkualitas dalam rangka mewujudkan good government dan pelayanan prima.”

“Dengan pelatihan ini, kita berharap nantinya para aparatur gampong khususnya Sekdes mampu membuat dan menyusun perencanaan pembangunan gampong, APBG, dan administrasi gampong secara baik dan benar,” katanya saat acara pembukaan, Senin (29/5/2017).

Adapun narasumber yang hadir antara lain dari unsur Badan Pengelolaan Keuangan, Kantor Pelayanan Pajak Pratama, dan DPMG Banda Aceh. “Materi yang diberikan seputar kebijakan perencanaan gampong, pengelolaan keuangan, dan perencanaan pajak. Juga materi penyusunan RPJMG dan RKPG serta RAPBG,” katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya saat membuka acara, Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal menyebutkan Sekdes merupakan ujung tombak dalam pemerintahan desa karena memegang peranan penting. “Semoga dengan mengikuti kegiatan ini wawasan bapak-ibu semakin bertambah, khususnya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi di dalam pemerintahan gampong.”

Dalam Undang-Undang Desa yang baru, yaitu Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, disebutkan dalam pasal 18 bahwa, kewenangan desa meliputi kewenangan di bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan adat istiadat desa.

Undang-undang tersebut, kata Illiza, secara jelas memberikan kewenangan lebih kepada gampong untuk mengelola pembangunan dan keuangan mereka secara mandiri. “Namun demikian, kita sadari saat ini masih ditemui kelemahan pihak pemerintah gampong baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan maupun pertanggungjawaban keuangan gampong.”

“Oleh karenanya, perlu dilakukan peningkatan kapasitas bagi aparatur khususnya dalam pengelolaan manajemen di gampong. Sehingga alokasi anggaran yang cukup besar yang menjadi tanggung jawab gampong dapat dipertanggungjawabkan dengan benar dan professional sesuai peraturan yang berlaku.”

“Pelatihan yang sesuai untuk jajaran pemerintah gampong seperti yang hari ini kita lakukan, sangatlah penting untuk dilaksanakan. Jika sistem manajemen kepemimpinan, manajemen administrasi pemerintahan dan pengelolaan keuangan gampong dapat kita jalankan dengan baik, maka kinerja pemerintah gampong akan lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas pembangunan di gampong,” pungkasnya.

loading...
Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Amin-Zainal Terima Kedatangan Tim Penilai Calon Tuan Rumah MTQ

    BANDA ACEH, datariau.com - Tim penilai calon tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Aceh mulai melakukan verifikasi faktual, Jum’at (15/12/2017).

  • Pasar Murah Rusunawa Diserbu Warga

    BANDA ACEH, datariau.com - Pemko melalui Disperindag bekerjasama Bulog Divre Aceh menggelar pasar murah di Rusunawa, Gampong Keudah, Jum'at (15/12/2017).

  • 56 Kafilah MTQ Terima Bonus

    BANDA ACEH, datariau.com - Setelah penyerahan secara simbolis pada Senin (3/12) lalu, ke-56 Kafilah MTQ Banda Aceh yang ikut serta pada MTQ Aceh XXXIII di Id

  • Catat! Tanggal 13-16 Desember Ada Pasar Murah di Empat Lokasi Ini

    BANDA ACEH, datariau.com - Mulai hari ini Rabu (13/12/2017) hingga Sabtu (16/12) mendatang Disperindag Aceh bekerjasama dengan Bulog Divre Aceh menggelar pas

  • Turnamen Antar SKPD, Satpol PP dan PDAM ke Delapan Besar

    BANDA ACEH, datariau.com - Tim Satpol PP dan PDAM mencatat kemenangan pada turnamen sepakbola antar SKPD Pemko Banda Aceh setelah mengalahkan lawan-lawannya

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg