Rabu, 29 Mar 2017 / 1 Rejab 1438
  • Home
  • Banda Aceh
  • Illiza Buka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana

Illiza Buka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana

Oleh: Idham Sabang
Senin, 20 Mar 2017 15:01
view: 622
Idham Sabang
Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal membuka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana yang digelar selama tiga hari di Auditorium RRI Banda Aceh, Senin (20/3/2017).

BANDA ACEH, datariau.com - Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal membuka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana yang digelar selama tiga hari di Auditorium RRI Banda Aceh, Senin (20/3/2017).

Acara yang digagas PT HM Sampoerna Tbk bersama Disaster Management Institute of Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (DMII-ACT), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPD), dan Pemko Banda Aceh ini diikuti oleh puluhan peserta perwakilan dari masyarakat dan instansi pemerintah.

Dalam sambutannya, Illiza menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada para pihak yang telah memfasilitasi kegiatan ini yang menurutnya sangat penting dalam rangka mewujudkan Banda Aceh sebagai resilient city (kota tangguh).

“Gempa bumi dan tsunami 2004 menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua. Bencana tidak bisa dihindari, kita hanya bisa mengurangi dampaknya. Karena itu, pelatihan sistem komando ini sangat penting agar kita dapat menguasai SOP dan tindak lanjut penanggulangan bencana di lapangan sehingga lebih terkoordinir dan terarah.”

Illiza mengharapkan agar hubungan kerja sama Sampoerna dan ACT dengan Pemko Banda Aceh terus berlanjut di masa-masa mendatang. Ia juga berharap agar hasil workshop dan pelatihan ini lebih optimal, perlu juga diadakan simulasi penanggulangan bencana dengan melibatkan semua komponen kota seperti PMI, SAR, RAPI dan TNI/Polri serta masyarakat umum.

“Selain mempersiapkan diri dan sistem dalam menghadapi bencana, yang tak boleh dilupakan adalah mempersiapkan iman dan akidah kita. Sehingga ketika ujian itu datang maka akan selamat dengan kalimat syahadat. Semoga masyarakat kita mampu menjadi masyarakat yang mandiri serta tangguh di dunia dan akhirat,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Wahyu Novyan Manager DMII-ACT menyebutkan program bertujuan untuk membangun Banda Aceh menjadi kota tangguh bencana. “Mengingat pembelajaran dari bencana 2004 lalu, kita ingin dan berharap di masa depan kota ini dapat lebih tangguh dalam menghadapi bencana.”

“Banda Aceh merupakan kota ketiga yang kami kunjungi dari enam kota di Indonesia. Road show sebelumnya telah dilangsungkan di Kota Bukittinggi dan Bengkulu. Selain workshop dan pelatihan selama tiga hari, pada hari terakhir nanti kami juga merencanakan penanaman pohon di Banda Aceh,” katanya.

Hal senada diungkapkan Bonar Sitohang yang mewakili PT HM Sampoerna Tbk. Menurutnya, Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana dibangun agar dapat terwujudnya kota yang tangguh bencana dengan meminimalisir impact negatif dari bencana itu sendiri.

Ia juga menyebutkan sebagai perusahaan komersil, Sampoerna juga ingin berkontribusi dalam kehidupan sosial di Banda Aceh. “Sebelumnya kami juga telah berpartisipasi dalam bidang pendidikan yakni penyaluran beasiswa. Dan kami berharap ke depan hubungan dekat antara Sampoerna dan Pemko Banda Aceh terutama dalam program-program sosial dapat terus berlanjut,” ujarnya.

Iklan Promo Data Riau
Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Polres Kampar Adakan Pelatihan Sistem Pelaporan Online Terpadu bagi Seluruh Petugas SPK Jajaran

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Senin 27 Maret 2017 pukul 10.00 wib, di Polres Kampar telah dilaksanakan Pelatihan Sistem Pelaporan Online Terpadu bagi Petug

  • 30 Pejabat Pemko Ikuti Diklat Pim III

    BANDA ACEH, datariau.com - Sebanyak 30 pejabat  yang terdiri dari 24 pejabat eselon III dan 6 pejabat eselon IV yang berasal dari 21 SKPD di jajaran Pem

  • Illiza: Perencanaan Pembangunan Harus Disinkronkan dengan Visi Misi Wali Kota yang Baru

    BANDA ACEH, datariau.com - Tak sedikit masyarakat yang saat ini masih berpikir pembangunan itu hanya dalam bentuk fisik semata. Padahal fisik itu mudah hancu

  • Jumpai Pangdam, Illiza Bahas Pembebasan Lahan Pembangunan Underpass

    BANDA ACEH, datariau.com – Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE bertandang ke Markas Kodam Iskandar Muda di jalan Sri Ratu Safiatud

  • Illiza Buka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana

    BANDA ACEH, datariau.com - Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal membuka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana yang digel

  • Ibu Rumah Tangga Dilatih Memahami Masalah Hukum Tindak Kejahatan Lingkungan Hidup

    BENER MERIAH, datariau.com - Belasan wanita Kabupaten Bener Meriah, Aceh, dilatih menjadi paralegal agar mereka mampu memahami masalah hukum terkait kejahata

  • Sekda Jamu Makan Malam Forum Warek PTKIN

    BANDA ACEH, datariau.com - Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar jamuan makan malam bagi delegasi Forum Wakil Rektor/Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan

  • KOMENTAR
    PERMASI