Jumat, 22 Sep 2017 / 1 Muharram 1439
  • Home
  • Banda Aceh
  • Illiza Buka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana

Illiza Buka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana

Oleh: Idham Sabang
Senin, 20 Mar 2017 15:01
view: 666
Idham Sabang
Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal membuka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana yang digelar selama tiga hari di Auditorium RRI Banda Aceh, Senin (20/3/2017).

BANDA ACEH, datariau.com - Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal membuka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana yang digelar selama tiga hari di Auditorium RRI Banda Aceh, Senin (20/3/2017).

Acara yang digagas PT HM Sampoerna Tbk bersama Disaster Management Institute of Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (DMII-ACT), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPD), dan Pemko Banda Aceh ini diikuti oleh puluhan peserta perwakilan dari masyarakat dan instansi pemerintah.

Dalam sambutannya, Illiza menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada para pihak yang telah memfasilitasi kegiatan ini yang menurutnya sangat penting dalam rangka mewujudkan Banda Aceh sebagai resilient city (kota tangguh).

“Gempa bumi dan tsunami 2004 menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua. Bencana tidak bisa dihindari, kita hanya bisa mengurangi dampaknya. Karena itu, pelatihan sistem komando ini sangat penting agar kita dapat menguasai SOP dan tindak lanjut penanggulangan bencana di lapangan sehingga lebih terkoordinir dan terarah.”

Illiza mengharapkan agar hubungan kerja sama Sampoerna dan ACT dengan Pemko Banda Aceh terus berlanjut di masa-masa mendatang. Ia juga berharap agar hasil workshop dan pelatihan ini lebih optimal, perlu juga diadakan simulasi penanggulangan bencana dengan melibatkan semua komponen kota seperti PMI, SAR, RAPI dan TNI/Polri serta masyarakat umum.

“Selain mempersiapkan diri dan sistem dalam menghadapi bencana, yang tak boleh dilupakan adalah mempersiapkan iman dan akidah kita. Sehingga ketika ujian itu datang maka akan selamat dengan kalimat syahadat. Semoga masyarakat kita mampu menjadi masyarakat yang mandiri serta tangguh di dunia dan akhirat,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Wahyu Novyan Manager DMII-ACT menyebutkan program bertujuan untuk membangun Banda Aceh menjadi kota tangguh bencana. “Mengingat pembelajaran dari bencana 2004 lalu, kita ingin dan berharap di masa depan kota ini dapat lebih tangguh dalam menghadapi bencana.”

“Banda Aceh merupakan kota ketiga yang kami kunjungi dari enam kota di Indonesia. Road show sebelumnya telah dilangsungkan di Kota Bukittinggi dan Bengkulu. Selain workshop dan pelatihan selama tiga hari, pada hari terakhir nanti kami juga merencanakan penanaman pohon di Banda Aceh,” katanya.

Hal senada diungkapkan Bonar Sitohang yang mewakili PT HM Sampoerna Tbk. Menurutnya, Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana dibangun agar dapat terwujudnya kota yang tangguh bencana dengan meminimalisir impact negatif dari bencana itu sendiri.

Ia juga menyebutkan sebagai perusahaan komersil, Sampoerna juga ingin berkontribusi dalam kehidupan sosial di Banda Aceh. “Sebelumnya kami juga telah berpartisipasi dalam bidang pendidikan yakni penyaluran beasiswa. Dan kami berharap ke depan hubungan dekat antara Sampoerna dan Pemko Banda Aceh terutama dalam program-program sosial dapat terus berlanjut,” ujarnya.

Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Diskusi Kepemimpinan, Walikota Beri Semangat Pemuda Aceh Selatan

    BANDA ACEH, datariau.com - Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM menjadi narasumber dalam Diskusi Kepemudaan yang diselenggarakan oleh Pemuda Aceh S

  • Pelajari Open Data, Diskominfo Aceh Tengah Studi Banding Ke Banda Aceh

    BANDA ACEH, datariau.com - Kota Banda Aceh kembali jadi tujuan studi banding pemerintah daerah lain. Kali ini Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah yang berkunjung untuk melihat
  • Anak-anak Banda Aceh Tampil Gemilang di Ajang FASI Banjarmasin

    BANDA ACEH, datariau.com - Anak-anak Banda Aceh tampil gemilang dan mengharumkan nama Aceh di ajang Festifal Anak Saleh Indonesia (FASI) X Tingkat Nasional yang digelar di B
  • Walikota Apresiasi Baksos IBI di Gampong Jawa

    BANDA ACEH, datariau.com - Walikota Banda Aceh Aminullah Usman mengapresiasi kegiatan Bakti Sosial (Baksos) yang digelar Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Banda Aceh di Gamp
  • Walikota Buka Pembelajaran Manasik Haji Untuk Murid TK

    BANDA ACEH, datariau.com - Anak merupakan amanah Allah yang dititipkan kepada kita untuk dijaga, dibimbing dan dibina dalam semua aspek. Tidak hanya berorientasi pada sains
  • Walikota Banda Aceh Terima Penghargaan dari Menkeu Sri Mulyani

    JAKARTA, datariau.com - Walikota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM menerima penghargaan dari Menteri Keuangan RI, Kamis (14/9/2017) di gedung Dhanapala Kementerian Keuan
  • PT TPP Adakan Workshop Dikcil Terampil

    RENGAT, datariau.com - Salah satu modal pembangunan dewasa ini adalah sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu sumber daya manusia yang sehat jasmani, rohani, mental dan
  • KOMENTAR