Minggu, 19 Nov 2017 / 29 Safar 1439
  • Home
  • Banda Aceh
  • Illiza Buka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana

Illiza Buka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana

Oleh: Idham Sabang
Senin, 20 Mar 2017 15:01
view: 676
Idham Sabang
Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal membuka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana yang digelar selama tiga hari di Auditorium RRI Banda Aceh, Senin (20/3/2017).

BANDA ACEH, datariau.com - Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal membuka Workshop dan Pelatihan Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana yang digelar selama tiga hari di Auditorium RRI Banda Aceh, Senin (20/3/2017).

Acara yang digagas PT HM Sampoerna Tbk bersama Disaster Management Institute of Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (DMII-ACT), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPD), dan Pemko Banda Aceh ini diikuti oleh puluhan peserta perwakilan dari masyarakat dan instansi pemerintah.

Dalam sambutannya, Illiza menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada para pihak yang telah memfasilitasi kegiatan ini yang menurutnya sangat penting dalam rangka mewujudkan Banda Aceh sebagai resilient city (kota tangguh).

“Gempa bumi dan tsunami 2004 menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua. Bencana tidak bisa dihindari, kita hanya bisa mengurangi dampaknya. Karena itu, pelatihan sistem komando ini sangat penting agar kita dapat menguasai SOP dan tindak lanjut penanggulangan bencana di lapangan sehingga lebih terkoordinir dan terarah.”

Illiza mengharapkan agar hubungan kerja sama Sampoerna dan ACT dengan Pemko Banda Aceh terus berlanjut di masa-masa mendatang. Ia juga berharap agar hasil workshop dan pelatihan ini lebih optimal, perlu juga diadakan simulasi penanggulangan bencana dengan melibatkan semua komponen kota seperti PMI, SAR, RAPI dan TNI/Polri serta masyarakat umum.

“Selain mempersiapkan diri dan sistem dalam menghadapi bencana, yang tak boleh dilupakan adalah mempersiapkan iman dan akidah kita. Sehingga ketika ujian itu datang maka akan selamat dengan kalimat syahadat. Semoga masyarakat kita mampu menjadi masyarakat yang mandiri serta tangguh di dunia dan akhirat,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Wahyu Novyan Manager DMII-ACT menyebutkan program bertujuan untuk membangun Banda Aceh menjadi kota tangguh bencana. “Mengingat pembelajaran dari bencana 2004 lalu, kita ingin dan berharap di masa depan kota ini dapat lebih tangguh dalam menghadapi bencana.”

“Banda Aceh merupakan kota ketiga yang kami kunjungi dari enam kota di Indonesia. Road show sebelumnya telah dilangsungkan di Kota Bukittinggi dan Bengkulu. Selain workshop dan pelatihan selama tiga hari, pada hari terakhir nanti kami juga merencanakan penanaman pohon di Banda Aceh,” katanya.

Hal senada diungkapkan Bonar Sitohang yang mewakili PT HM Sampoerna Tbk. Menurutnya, Sistem Komando Tanggap Darurat Bencana dibangun agar dapat terwujudnya kota yang tangguh bencana dengan meminimalisir impact negatif dari bencana itu sendiri.

Ia juga menyebutkan sebagai perusahaan komersil, Sampoerna juga ingin berkontribusi dalam kehidupan sosial di Banda Aceh. “Sebelumnya kami juga telah berpartisipasi dalam bidang pendidikan yakni penyaluran beasiswa. Dan kami berharap ke depan hubungan dekat antara Sampoerna dan Pemko Banda Aceh terutama dalam program-program sosial dapat terus berlanjut,” ujarnya.

loading...
Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Walikota Banda Aceh dan AHY Gelar Pertemuan, Ini yang Dibahas..

    BANDA ACEH, datariau.com - Direktur Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono melakukan kunjungan ke Aceh. Di sela-sela kunjungannya, AHY melakukan perte

  • Komunitas Otomotif Diminta Ikut Promosikan Wisata Banda Aceh

    BANDA ACEH, datariau.com - Walikota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak komunitas otomotif untuk ikut aktif mempromosikan sektor pariwisata Kota Banda Aceh h

  • Sambil Berwisata, KNPI Aceh Gowes Rutin Tiap Minggu

    ACEH, datariau.com - Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Aceh menggelar kegiatan gowes bareng rutin setiap Ahad pagi. Sambil go

  • Pemko Banda Aceh Gelar Musrenbang RPJM 2017-2022

    BANDA ACEH, datariau.com - Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Ko

  • 20 Perajin Dilatih Menjahit Tas Bordir Aceh

    BANDA ACEH, datariau.com - Sebanyak 20 perajin bordir mengikuti pelatihan menjahit bordir tas Aceh di BLK Banda Aceh, Gampong Lamjabat, selama lima hari 25-2

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg