Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439
  • Home
  • Banda Aceh
  • Jelang Lebaran, Dinas Perhubungan Launching 3 Aplikasi Terbaru

Jelang Lebaran, Dinas Perhubungan Launching 3 Aplikasi Terbaru

Oleh: Idham Sabang
Senin, 19 Jun 2017 22:57
view: 733
Idham Sabang
Suasana acara.

BANDA ACEH,  datariau.com - Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh kembali melakukan inovasi dengan melaunching tiga aplikasi terbaru, Senin (19/6/2017) di Aula Madani Center. Ketiga aplikasi ini adalah SIPeLOR (Sistem Informasi Pencatatan Pelaporan Pelanggaran)  yang merupakan karya Sadli Etika S Sos selaku Kabid Pembinaan dan Pengawasan Keselamatan Dishub kota Banda Aceh.

Selanjutnya aplikasi SALAM (Steril Area dan Layar informasi Multimoda) karya Ashadi Mulyadi ST MT Kabid Sarana dan Prasarana Dishub Banda Aceh, sementara itu untuk aplikasi Pusat Integritas Data dan Informasi (PINDAI) merupakan karya Lola Vivita ST MT Kasudbag Program dan Pelaporan.

Ketiga aplikasi ini telah dilaunching dan disosialisasikan dengan disaksikan sekretaris Dinas Perhubungan Drs Yusri MM yang mewakili Kadishub Drs Muzakir Tulot.

SIPeLOR merupakan aplikasi yang mencatat dan menyediakan laporan mengenai data pelanggaran lalu lintas pada Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh. Sehingga dengan adanya aplikasi tersebut dapat memudahkan penyampaian informasi laporan data pelanggaran yang akurat dan akuntabel

“Aplikasi ini dimanfaatkan oleh petugas di lapangan dalam melakukan razia kendaraan bermotor wajib uji dilokasi terminal/pelabuhan, pool/gudang truk barang dan penertiban gembok roda kendaraan roda empat yang melanggar rambu larangan parkir bersama Personil dari Satlantas Polri,” jelas Sadli.

Menurut Sadli, informasi data pelanggaran yang telah masuk kedalam database dapat segera dilakukan pencarian oleh petugas dengan cara mencari jenis nopol (Nomor Polisi) Kendaraan, nama/alamat tempat tinggal si pelanggar lalu lintas yang telah terinstal di HP petugas dan nantinya menjadi pertimbangan tersendiri bagi petugas yang akan menindak.

“Dengan adanya aplikasi SIPeLOR  diharapkan inovasi dari pola kerja lama petugas Dishub, input data yang berbasis offline ke berbasis online. Untuk mengakses SIPeLOR tersebut dapat mengakses link http://sipelor.bandaacehkota.info,” pungkas Sadli.

Sementara inovasi yang diterapkan di Pelabuhan Ulee Lheue adalah SALAM (Steril Area dan Layar informasi Multimoda) untuk mensiasati keterbatasan kapasitas gedung terminal. Steril Area adalah sebuah area  terbatas yang hanya dapat dimasuki oleh penumpang yang memiliki tiket dan petugas pelabuhan.

“Kondisi saat ini, keterbatasan kapasitas gedung terminal dan banyak terbukanya pintu akses  dan kurangnya informasi jadwal angkutaan dan banyak pedagang asongan, penumpang tanpa tiket, calo tiket, tukang becak, supir taxi dan kuli angkut barang, berebut penumpang  di dermaga,” ujar Ashadi.

Ashadi berharap melalui SALAM ini bisa terwujudnya keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran angkutan penyeberangan melalui SALAM, masyarakat dapat terlayani dengan baik dan mendapat layanan informasi transportasi multimoda.

“Sementara itu bagi warga yang ingin mengetahui jadwal keberangkatan kapal, anda bisa bisa mengakses http://jadwalkapal.bandaaceh.info,” jelas Ashadi.

Sementara itu, untuk aplikasi yang didesain oleh Lola adalah Pusat Integritas Data dan Informasi (PINDAI). Aplikasi ini merupakan aplikasi internal Dinas Perhubungan yang meliputi berbagai aplikasi lainnya yang ada di Dinas Perhubungan, seperti aplikasi Sipelor, aplikasi e parkir dan aplikasi internal lainnya.

Melalui aplikasi ini warga bisa mengakses berbagai kebutuhan data yang ada di Dinas Perhubungan.  Menurut Lola, data yang sudah diinput merupakan data yang akurat serta aplikasi ini juga dapat mengakomodir laporan tahunan Dinas Perhubungan.

Lola berkeyakinan bahwa suatu saat aplikasi ini dapat diterapkan di dinas lainnya. Hal ini didasari dari pertemuan Lola dengan Walikota Banda Aceh Hj Illiza Saaduddin djamal beberapa waktu lalu. Bahkan aplikasi yang telah dirancangnya mendapat sambutan baik dari walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal.

loading...
Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Banda Aceh Terbaru
  • Walikota Banda Aceh Minta Gebrakan Nyata dari Pengurus DPC IKAN Tiga Kecamatan yang Baru Dilantik
  • Wakil Walikota Banda Aceh Apresiasi Kreatifitas Santri Babun Najah
  • Program Walikota Menjawab, Cara Aminullah Berinteraksi dengan Warga Selesaikan Persoalan Kota
  • Mewujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Gampong KB
  • Ratusan Warga Nobar Film Kekejaman PKI di Kantor KNPI Aceh
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • Hard Disk 14 TB Pertama di Dunia Kapasitas Big Data Cluod dan Hyperscale

    JAKARTA, datariau.com - Western Digital Corp pemimpin teknologi solusi penyimpanan data dunia, hari ini Rabu (11/10/2017) mengumumkan penyediaan pusat data c

  • Wako: Manfaatkan Momen Harhubnas Untuk Mengabdi dan Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

    DUMAI, datariau.com - Walikota Dumai H Zulkifli As meminta kepada seluruh Insan Perhubungan yang ada di Kota Dumai, agar momentum Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun
  • Peringati Harhubnas 2017, Dishub Gelar Upacara dan Beragam Kegiatan

    DUMAI, datariau.com - Dalam rangka Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2017, Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Insan Perhubungan Kota Dumai akan menggelar upacara b
  • Dishub Pekanbaru Patroli Lampu Jalan Rusak Setiap Hari

    PEKANBARU,datariau.com - Guna memberikan kenyamanan agar lampu penerangan umum tidak mati, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru rutin setiap hari melakukan patro

  • Tambahan 40 Bus TMP Beroperasi Pertengahan Bulan Ini, Pramudi dan Pramugara Disiapkan

    PEKANBARU, datariau.com - Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru akan melakukan penambahan pengoperasional Bus Transmetro Pekanbaru sebanyak 40 unit. Penambahan bu

  • Di Pekanbaru, Mobil Parkir Sembarang Diberikan Stiker

    PEKANBARU, datariau.com - Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru melakukan penertiban terhadap kendaraan yang masih parkir di areal dilarang parkir Jalan Diponegor

  • Soft Launching TTP di Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau

    MANDAU, datariau.com - TTP merupakan sarana untuk melakukan pelatihan, pemagangan, pusat diseminasi teknologi, serta pusat advokasi bisnis center masyarakat di bidan
  • KOMENTAR