Kamis, 24 Agu 2017 / 1 Zulhijjah 1438

Masyarakat Pining Bentuk Kelompok Pengawas Hutan

Rabu, 26 Jul 2017 22:04
view: 453

BANDA ACEH, datariau.com - Masyarakat Pining, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, membentuk kelompok pengawas yang mengawal serta mengawasi kawasan hutan dan  lingkungan hidup di daerah itu dari upaya perusakan.

"Kelompok ini dibentuk dari tindak lanjut diterbitkannya peraturan bersama masyarakat Pining yang melindungi kawasan hutan dan lingkungan hidup dari kerusakan," kata Sekretaris Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HaKA) Badrul Irfan di Banda Aceh, Rabu (26/7/2017).

Sebelumnya, Yayasan HaKA menginisiasi terbitnya peraturan bersama masyarakat Pining dalam memproteksi kawasan hutan dan lingkungan hidup di wilayah mereka. Peraturan tersebut ditandatangani sembilan penghulu atau kepala desa di Kecamatan Pining, Gayo Lues.

Penghulu yang menandatangani peraturan tersebut yakni Kampung Ekan dan Kampung Uring, Kampung Gajah, Kampung Lesten, Kampung Pertik, Kampung Pining, Kampung Pepelah, Kampung Pintu Rime, serta Kampung Pasir Putih.

"Dalam peraturan bersama itu perusak hutan dan lingkungan yang terbukti bersalah dihukum membayar denda dengan nilai maksimal Rp10 juta per orang atau pelaku," kata Badrul Irfan.

Badrul Irfan mengatakan, peraturan yang dikeluarkan masyarakat Pining, Gayo Lues ini, merupakan peraturan bersama untuk menjaga kelestarian kawasan hutan, sungai, serta sumber daya alam lainnya.

"Dalam aturan itu, ada saksi bagi perusak lingkungan seperti peracun ikan, pengeboman, penyetruman, dan lainnya. Dendanya minimal Rp1 juta dan maksimal Rp10 juta per orang," kata Badrul Irfan.

Selain sanksi, sebut dia, peraturan tersebut juga mengatur kearifan lokal masyarakat Pining. Seperti padang penggembalaan atau bahasa setempat disebut Blang Peruweren.

Kemudian, ada kawasan hutan kampung atau Bur Pruteman, kawasan sumber air masyarakat atau Aih Aunen. Dan kawasan-kawasan tersebut diperuntukkan sesuai untuk kebutuhan masyarakat.

Badrul Irfan mengatakan, peraturan tersebut membuktikan bahwa begitu kuatnya komitmen masyarakat Pining menjaga kelestarian hutan, sungai, serta sumber daya alam lainnya.

"Dan ini patut ditiru oleh masyarakat lainnya di Provinsi Aceh guna memastikan kelestarian hutan dan sumber daya alam di sekitar mereka. Kami yakin aturan yang dibuat ini juga akan diawasi oleh masyarakat setempat secara ketat," kata Badrul Irfan.

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Banda Aceh Terbaru
  • Ini Sisi Positif Sepakbola Menurut Walikota Banda Aceh
  • Menteri Susi Komitmen Berdayakan Masyarakat Nelayan Banda Aceh
  • Genjot Sektor Pariwisata, Aminullah Harapkan Dukungan Komisi X DPR-RI
  • FASI Sarana Bentengi Anak Dari Pengaruh Budaya Asing
  • 1.383 Peserta Meriahkan Festival Anak Saleh 2017
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • Hutan Suka Margasatwa Berada Dalam Kawasan Kabupaten Siak, Masyarakat Dihimbau Turut Melestarikanya

    PEKANBARU, datariau.com - Hutan Suka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil, sebagian kawasan hutan berada didalam Kabupaten Siak.

  • Satgas Karhutla Instruksikan Tembak Siapa Pun yang Sengaja Bakar Hutan

    JAMBI, datariau.com - Kepala Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Jambi, Komandan Korem 042/Garuda Putih Kolonel Inf Refrizal, memerintahkan anak

  • Wiranto Sebut Tiga Daerah Ini Rawan Kebakaran Hutan

    JAKARTA, datariau.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, menetapkan tiga wilayah di Indonesia sebagai daerah yang rawan

  • Tak Bisa Bayar Utang, Sri Lanka Lepas Pelabuhan ke China

    KOLOMBO, datariau.com - Pemerintah Sri Lanka pada Sabtu (29/7) waktu setempat menandatangani kesepakatan senilai triliunan dolar AS untuk membiarkan BUMN Cin

  • Pansus RTRW Riau Usulkan Pemutihan 410.000 Ha Lahan ke Kementerian LHK

    PEKANBARU, datariau.com - Pansus RTRW Riau usulkan 410 ribu hektar lahan yang akan diputihkan (dibebaskan dari kawasan hutan) dalam revisi RTRW Riau ke Kemen

  • Masyarakat Pining Bentuk Kelompok Pengawas Hutan

    BANDA ACEH, datariau.com - Masyarakat Pining, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, membentuk kelompok pengawas yang mengawal serta mengawasi kawasan hutan dan

  • Ini Daftar Pemberi Utang ke Pemerintah RI

    JAKARTA, datariau.com - Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan mengumumkan utang pemerintah pusat sampai dengan A

  • KOMENTAR