Sabtu, 16 Des 2017 / 27 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Banda Aceh
  • Ustadz Masrul Aidi Isi Dialog Dakwah Ramadan di Balai Kota

Ustadz Masrul Aidi Isi Dialog Dakwah Ramadan di Balai Kota

Oleh: Idham Sabang
Rabu, 31 Mei 2017 22:20
view: 604
Idham Sabang
Pemerintah Kota Banda Aceh mengadakan Dialog Dakwah Ramadan di Aula Madani, Balai Kota, Rabu (31/5/2017).

BANDA ACEH, datariau.com - Pemerintah Kota Banda Aceh mengadakan Dialog Dakwah Ramadan di Aula Madani, Balai Kota, Rabu (31/5/2017). Kajian Ramadan perdana yang diisi oleh pemateri Ustaz Masrul Aidi ini dihadiri oleh para pegawai dan pejabat SKPK di lingkungan Pemko Banda Aceh.

Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa'aduddin Djamal dalam sambutannya mengatakan walaupun dakwah ini dikhususkan untuk pejabat SKPK dan pegawai Pemko, namun juga terbuka untuk umum. Selain Dialog Dakwah, Pemko Banda Aceh juga mengadakan Safari Ramadhan ke sejumlah masjid dengan membawa penceramah ternama. "Ada pula Dakwah Daiyah yang dikuhususkan bagi ibu-ibu."

Illiza melanjutkan, semua rangkaian kegiatan dakwah yang diadakan Pemko Banda Aceh akan berakhir pada 20 Ramadan nanti. Kemudian pada 10 Ramadan terakhir masyarakat Banda Aceh dianjurkan untuk mengikuti Qiyamul Lail yang diadakan di Masjid Al-Makmur Lampriet serta beberapa masjid lainnya.  

“Dakwah harus terus-menerus kita lakukan, karena dengan dakwah saya yakin dan percaya kita yang punya keterbatasan dan kekurangan akan mendapat hidayah dari Allah. Kegiatan Dakwah Ramadan ini semoga benar-benar akan melatih kita menjadi hamba Allah yang baik,” kata Illiza.

Illiza mengatakan umat Islam harus bersyukur karena masih dipertemukan oleh Allah dengan Ramadan tahun ini. Ia pun mengajak masyakarakat Banda Aceh untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan di bulan Ramadan ini. “Sangat tidak beruntung jika tidak beribadah di bulan puasa, karena Allah melipatgandakan amalan kita hingga 70 kali lipat,” ujarnya.

Puasa Membentuk Akhlak Mulia

Ustaz Masrul Aidi dalam kajian dakwah ini membahas tentang pembentukan akhlak melalui puasa Ramadan.  Ia mengatakan puasa Ramadan dan segala amal ibadah yang dilakukan dalam bulan mulia ini akan membentuk pribadi akhlak mulia.

“Dalam Ramadan kita hanya mengganti siklus kebiasaan kita sehari-sehari. Biasanya kita makan di malam siang hari dan beristirahat pada malamnya. Sedangkan dalam Ramadan kita kita berpuasa dari semenjak fajar hingga matahari terbenam dan menghidupkan malam dengan ibadah-ibadah,” ujar pimpinan Pondok Pesantren Modern Babul Maghfira ini.

Masrul mengatakan Ramadan akan melatih manusia untuk berkomitmen karena dalam bulan ini Allah telah menerapkan aturan-aturan di luar kebiasaan dalam bulan-bulan lainnya.

“Dalam Ramadan kita harus menahan lapar dalam sebulan dan melaksanakan Tarawih secara rutin dalam sebulan. Di sinilah kita dilatih untuk berkomitmen dan konsisten. Biasanya orang yang sulit menjaga komitmen akan sulit sukses dunia dan akhirat,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, dalam berpuasa kita juga melatih kejujuran, karena semua ibadah yang diwajibkan di bulan suci ini hanya Allah yang tahu apakah dilaksanakan apa tidak.

"Dari contoh-contoh tersebut itulah keterkaitan antara puasa Ramadan dan pembentukan akhlak. Siapa yang melakukan ibadah di bulan Ramadan dengan baik maka akhlaknya akan semakin baik," tutupnya.

loading...
Editor: Idham Sabang

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Amin-Zainal Terima Kedatangan Tim Penilai Calon Tuan Rumah MTQ

    BANDA ACEH, datariau.com - Tim penilai calon tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Aceh mulai melakukan verifikasi faktual, Jum’at (15/12/2017).

  • Pasar Murah Rusunawa Diserbu Warga

    BANDA ACEH, datariau.com - Pemko melalui Disperindag bekerjasama Bulog Divre Aceh menggelar pasar murah di Rusunawa, Gampong Keudah, Jum'at (15/12/2017).

  • 56 Kafilah MTQ Terima Bonus

    BANDA ACEH, datariau.com - Setelah penyerahan secara simbolis pada Senin (3/12) lalu, ke-56 Kafilah MTQ Banda Aceh yang ikut serta pada MTQ Aceh XXXIII di Id

  • Catat! Tanggal 13-16 Desember Ada Pasar Murah di Empat Lokasi Ini

    BANDA ACEH, datariau.com - Mulai hari ini Rabu (13/12/2017) hingga Sabtu (16/12) mendatang Disperindag Aceh bekerjasama dengan Bulog Divre Aceh menggelar pas

  • Turnamen Antar SKPD, Satpol PP dan PDAM ke Delapan Besar

    BANDA ACEH, datariau.com - Tim Satpol PP dan PDAM mencatat kemenangan pada turnamen sepakbola antar SKPD Pemko Banda Aceh setelah mengalahkan lawan-lawannya

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg