Senin, 18 Des 2017 / 29 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Banda Aceh
  • Wakil Wali Kota Banda Aceh Nobar G30S/PKI Bersama Warga

Wakil Wali Kota Banda Aceh Nobar G30S/PKI Bersama Warga

Oleh: Mahdi Andela
Minggu, 01 Okt 2017 23:32
view: 592
Mahdi Andela

BANDA ACEH, datariau.com - Wakil Wali Kota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin, mengikuti acara nonton bareng (Nobar) film Pengkhiatan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) di lapangan Indoor Jasdam Iskandar Muda Neusu, Sabtu malam (30/9/2017).

Nobar ini digelar oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS dalam rangka memperingati HUT Tentara Republik Indonesia (TNI) ke 72 dan untuk mengingat kembali sejarah kekejaman pemberontakan PKI. Selain itu juga untuk mengenang pahlawan-pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI tersebut.

Zainal Arifin mengapresiasi digelarnya Nobar ini. Ia mengatakan kegiatan seperti ini merupakan salah satu wadah bagi masyarakat Indonesia terutama bagi generasi muda, untuk dapat merasakan bagaimana mencekamnya pada masa itu. Hal ini juga dapat menjadi refleksi dan pembelajaran bagi generasi saat ini dan masa depan.

"Dengan digelarnya Nobar G30S/PKI ini, kita dapat mengetahui betapa beratnya perjuangan pahlawan-pahlawan kita dalam mempertahankan haluan bangsa yang berusaha diubah oleh PKI," imbuh Zainal.

Ia melanjutkan, pemutaran film G30S/PKI tersebut juga menjadi salah satu ajang untuk mengingatkan para generasi bangsa akan sejarah masa lalu dan mengetahui sejarah patriotik para pahlawan negara dalam mempertahankan kehormatan bangsa.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah. Bung Karno pernah berpesan kepada kita dengan kalimatnya yang terkenal itu, Jasmerah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Melupakan sejarah berarti telah mengabaikan perjuangan pahlawan bangsa kita," ujar Wakil Wali Kota Banda Aceh yang akrab dengan sapaan Keuchik Zainal.

Lebih lanjut, Zainal mengajak semua elemen masyarakat untuk sama-sama mempelajari kembali buku-buku sejarah tentang pengkhianatan PKI. Hal ini dinilai penting untuk membentengi generasi-generasi bangsa untuk tidak terpengaruh dengan ideologi sesat partai komunis tersebut.

"Derasnya arus informasi tak terbatas saat ini, memungkinkan masyarakat terpengaruh dengan faham-faham sesat yang bertentangan dengan dasar negara kita, oleh karena itu mari buka kembali buku-buku tentang pengkhiatan G30S/PKI," ajaknya.

Selain itu, Wakil Wali Kota menghimbau para orang tua, ulama, dan tokoh-tokoh masyakarat untuk berperan aktif dalam memantau dan mendidik putra-putri bangsa dari bahanya ideologi komunis yang telah menorehkan sejarah pahit pada bangsa ini. "Mari bentengi anak-anak kita dari ideologi komunis dan faham-faham sesat lainnya."

Masyakarat kota Banda Aceh terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan Nobar G30S/PKI tersebut. Hal ini terbukti dengan penuhnya lapangan Indoor Jasdam Iskandar Muda yang disesaki ratusan warga dari Banda Aceh dan sekitarnya. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Sekda Kota Ir Bahagia, DiplSE, para kepala SKPK dan pejabat lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh.

loading...
Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Amin-Zainal Terima Kedatangan Tim Penilai Calon Tuan Rumah MTQ

    BANDA ACEH, datariau.com - Tim penilai calon tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Aceh mulai melakukan verifikasi faktual, Jum’at (15/12/2017).

  • Pasar Murah Rusunawa Diserbu Warga

    BANDA ACEH, datariau.com - Pemko melalui Disperindag bekerjasama Bulog Divre Aceh menggelar pasar murah di Rusunawa, Gampong Keudah, Jum'at (15/12/2017).

  • 56 Kafilah MTQ Terima Bonus

    BANDA ACEH, datariau.com - Setelah penyerahan secara simbolis pada Senin (3/12) lalu, ke-56 Kafilah MTQ Banda Aceh yang ikut serta pada MTQ Aceh XXXIII di Id

  • Catat! Tanggal 13-16 Desember Ada Pasar Murah di Empat Lokasi Ini

    BANDA ACEH, datariau.com - Mulai hari ini Rabu (13/12/2017) hingga Sabtu (16/12) mendatang Disperindag Aceh bekerjasama dengan Bulog Divre Aceh menggelar pas

  • Turnamen Antar SKPD, Satpol PP dan PDAM ke Delapan Besar

    BANDA ACEH, datariau.com - Tim Satpol PP dan PDAM mencatat kemenangan pada turnamen sepakbola antar SKPD Pemko Banda Aceh setelah mengalahkan lawan-lawannya

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg