Kamis, 18 Jan 2018 / 1 Jamadil Awal 1439

Panglima TNI: Kita Ingin Pilkada Aman dan Damai

Kamis, 11 Jan 2018 01:48
view: 203
DATARIAU.COM - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ingin Pilkada Serentak 2018 berjalan aman dan damai. TNI dipastikan membantu Polri untuk mengamankan pilkada.
 
"Kita semua menginginkan pesta demokrasi pemilukada suasananya aman, damai, serta teduh. Itu harapan kita semua. Untuk itu, langkah-langkah antisipasi yang kita siapkan bekerja sama dengan Kepolisian RI," ujar Hadi dalam program 'Mata Najwa' yang ditayangkan di Trans7, Rabu (10/1/2018).
 
Marsekal Hadi mengatakan, sesuai UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, TNI bisa memberikan bantuan keamanan yang dilakukan Polri. Seluruh kekuatan di wilayah dipastikan Hadi siaga mengamankan pilkada.
 
"Bukan untuk menakuti, (tapi) agar memberi rasa aman, teduh, dan damai. Itu yang kami sampaikan kepada prajurit saya," sambungnya.
 
Sementara itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan sinergi Polri dan TNI sangat penting. Tito bersyukur Panglima sepenuh hati mendukung Polri mengamankan gelaran perhelatan politik tersebut. 
 
"Parpol sudah memanaskan mesin dan untuk berjalan dia pasti akan memanas. Tapi yang kita jaga, jangan sampai panas berlebih, perlu ada sistem pendingin. Ini yang harus kita aktifkan," tutur Tito.
 
Selain itu, menurut Tito, perlu peran para tokoh agama, pemuda, dan tokoh masyarakat untuk menjaga suasana pilkada tetap tenang dan damai.
 
"Kita yakin banyak sekali tokoh elemen masyarakat menginginkan pilkada damai. Kita ingin bisa bangkit atau kita ajak bersama-sama Polri dan TNI untuk menciptakan, mengkampanyekan, situasi pilkada aman dan damai, kebersamaan, dan persatuan. Dinamika politik tetap terjadi, tapi tidak overheated," tutur Tito.
Editor: Arizki Fil Bahri

Sumber: Detik.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Polres Siak Gelar Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di SMAN 1 Dayun Siak

    SIAK, datariau.com - Kepolisian Resort (Polres) Siak terus melakukan kegiatan tentang Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba bagi tingkat pelajar di Kabupaten Siak. K
  • Kapolres Kampar Hadiri Acara Pisah Sambut Kapolsek Bangkinang Barat

    KUOK, datariau.com - Rabu (17/1/2018) pukul 10.00 wib, di Mapolsek Bangkinang Barat dilaksanakan acara Kenal Pamit dan Pisah Sambut Kapolsek Bangkinang Barat dari Iptu
  • 11 Personil Polres Kampar Dapat Reward, Ini Datanya..

    BANGKINANG, datariau.com - Rabu (17/1/2018) pukul 08.00 wib, di Lapangan Upacara Mapolres Kampar dilaksanakan Upacara Bendera Bulanan sekaligus pemberian Reward kepada
  • Polres Rohil Berikan Reward Kepada Personil Berprestasi

    UJUNGTANJUNG, datariau.com - Polres Rohil melaksanakan upacara bendera bulanan dan pemberian reward pada personil Polres Rohil yang berprestasi, Rabu (17/1/2

  • Pleton Dalmas dan Raimas Polresta Pekanbaru Gelar Latihan Terbuka Jelang Pilkada 2018

    PEKANBARU, datariau.com - Guna mempersiapkan kesiapsiagaan menjelang Ops Mantap Praja Muara Takus 2018, Anggota Sat Sabhara Polresta Pekanbaru yang tergabung

  • KOMENTAR
    Polling

    Pilih Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2019-2024 Idola Anda
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto