Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439

Polantas yang Dipukul Oknum TNI Dapat Penghargaan

Jumat, 11 Agu 2017 18:25
view: 40818

PEKANBARU, datariau.com - Bripda Yoga Vernando, anggota Polisi Lalu Lintas Polresta Pekanbaru dipukul anggota TNI Angkatan Darat Sersan Dua Wira Sinaga di Jalan Jenderal Sudirman. Keduanya sempat saling lirik karena anggota TNI tersebut tidak menggunakan helm di jalan protokol tersebut.

Saat cekcok hingga terjadi pemukulan di bagian kepala, Bripda Yoga hanya diam di sepeda motor dan tegak tanpa melakukan perlawanan. Sedangkan Serda Wira, melontarkan sejumlah kalimat dan memukul helm yang digunakan Yoga.

Peristiwa itu‎ terjadi Kamis (10/8) sore di depan Ramayana Pekanbaru dan menjadi tontonan masyarakat. Karena berlangsung agak lama, beberapa warga sekitar merekam aksi prajurit TNI AD dari Korem 031 Wirabima Pekanbaru itu.

Setelah itu, Serda Wira langsung dijemput Detasemen Polisi Militer Angatan Darat dan langsung dimasukkan ke dalam sel isolasi dengan tangan diborgol dan kaki di rantai. Sementara itu, Bripda Yoga akan mendapat penghargaan dari atasannya Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto karena berjiwa besar dan sabar dalam menjalankan tugas.

"Ya nanti siang setelah selesai salat Jumat, Bripda Yoga akan diberikan penghargaan karena sabar dalam menjalankan tugas di lapangan. Bukan karena apa-apa, tapi itu bisa menjadi contoh bagi polisi lainnya, agar bersabar dalam bertugas," kata Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi Priadinata dikutip merdeka.com, Jumat (11/8/2017).

Dalam bertugas, polisi dilindungi aturan perundang-undangan dan bagi siapa saja yang melanggarnya, akan diberikan sanksi hukum. Namun Edy menuturkan untuk peristiwa yang dialami Bripda Yoga, diserahkan sepenuhnya kepada Denpom Pekanbaru.

"Yang bersangkutan (Serda Wira) sudah diproses kesatuannya," kata Edy.

Menurut Edy, anggota polisi memilik hak untuk membuat laporan jika dirinya diperlakukan seperti itu. Baik oleh masyarakat maupun kesatuan lain seperti militer. Namun, masing-masing kesatuan memiliki kewenangan dalam menindak anggotanya.

"Jika masyarakat juga berbuat demikian kepada polisi, maka ada undang-undang yang mengaturnya. Polisi juga sipil, memiliki hak untuk membuat laporan, tapi itu semua kita serahkan kepada yang bersangkutan. Apakah menggunakan haknya atau tidak," kata Edy.

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Berita TNI-Polri Terbaru
  • Naik Pangkat, Babinsa Koramil 02 Rambah Dilantik Dandim 0313/Kpr
  • Aiptu M Safi'i Sang Pembuat Kaki Palsu Peroleh Penghargaan Kapolri
  • Polres Siak Gelar Suling Season II di Kecamatan Dayun
  • Calon Kepala Kampung Sei Berbari Siak Sampaikan Visi Misi
  • Anggota Polsek Kerinci Kanan Ini Dapat Penghargaan Dari Kapolri
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • Terungkap, Ini Identitas Pemuda yang Adu Jotos dengan Perwira TNI di Jalan Raya

    JAKARTA, datariau.com - Identitas pemuda yang adu jotos dengan perwira TNI AL Lettu Satria terungkap. Pemuda yang buang sampah sembarangan itu warga Cempaka

  • Aiptu M Safi'i Sang Pembuat Kaki Palsu Peroleh Penghargaan Kapolri

    LANGSA, datariau.com - Personil Polisi Aiptu M Safi'i sang pembuat kaki palsu menerima penghargaan dan panggilan langsung dari Kapolri segera datang ke M

  • Mengharukan, Anggota Polantas di Inhu Ini Bantu Orang Lupa Ingatan, Diberi Makan dan Pakaian

    RENGAT, datariau.com - Mengharukan, seorang Anggota Polantas di Inhu bernama Brigadir Doni Malindo SE yang merupakan Anggota Polantas Polsek Lirik membantu s

  • 29 Personel Polres Inhu Terima Satya Lancana dari Presiden

    RENGAT, datariau.com - Sebanyak 29 orang personel Polres Inhu, baik Bintara maupun Perwira mendapatkan pengharagaan langsung dari Presiden RI Joko widodo b
  • Pekanbaru Raih Penghargaan Kota Terbaik

    PEKANBARU, datariau.com - Kota Pekanbaru kembali meraih penghargaan bergengsi, yang dinobatkan oleh Tempo Grup sebagai salah satu Kota Terbaik di Indonesia dengan na
  • Polisi Tembak TNI Pakai Air Softgun, Kasus Sudah Dimediasi Damai

    JAKARTA, datariau.com - Seorang anggota TNI ditembak oleh polisi di sekitar taman pintu depan Istana Negara, Jakarta Pusat. Peristiwa tersebut terjadi Jumat, 08.50 WIB.
    <
  • Polres Inhu Gelar Off Road Kelas SCS Ekstrim, Ini Data Pemenangnya..

    RENGAT, datariau.com - Tim Off Road kelas SCS Ekstrim asal Bukit Tinggi dengan nomor urut peserta 016 berhasil raih juara satu setelah berjuang selama 3 hari

  • KOMENTAR