Rabu, 29 Mar 2017 / 1 Rejab 1438
  • Home
  • Citizen
  • Siap-siap, Buzzer Penyebar Fitnah di Media Sosial Bisa Dipenjara

Siap-siap, Buzzer Penyebar Fitnah di Media Sosial Bisa Dipenjara

Sabtu, 18 Feb 2017 09:04
view: 1144
Ilustrasi

JAKARTA, datariau.com - Kepolisian dinilai bisa mempidanakan buzzer yang kerap menyebar fitnah dan berita bohong (hoax) di media sosial (medsos).

Buzzer adalah sekelompok orang yang eksis di medsos yang digunakan untuk membeikan kesan tertentu terhadap sesuatu hal.

"Jelas dapat diproses hukum pidana oleh kepolisian," kata mantan Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Hamidah Abdurrachman, Jumat (17/2/2017).

Hamidah mengatakan, para buzzer yang kerap menyebarkan fitnah dan berita bohong melalui internet bisa dijerat dengan Undang-Undang Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Pengajar di Fakultas Hukum Universitas Pancasakti, Tegal, Jawa Tengah ini mengakui maraknya penyebaran berita bohong, fitnah, hingga kampanye hitam pada pilkada serentak sudah menghawatirkan.

Melalui Unit Cyber yang dimiliki Mabes Polri, kata Hamidah, para buzzer penyebar berita bohong ini bisa diringkus.

"Sekarang Mabes Polri sudah memiliki Unit Cyber. Kita harapkan dapat mengungkap siapa pelaku dan segera proses hukumnya," ucapnya.

Iklan Promo Data Riau
Editor: Adi

Sumber: Okezone.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Cara Menangkal Fitnah Syubhat dan Syahwat

    Cara Menangkal Fitnah Syubhat dan Syahwat

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa

  • Bupati Wardan Himbau Warga Inhil Tidak Terprovokasi Berita Hoax

    TEMBILAHAN, datariau.com - Setelah sebelumnya para guru bantu di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terprovokasi dengan berita hoax (bohong) tentang penolakan

  • Siap-siap, Buzzer Penyebar Fitnah di Media Sosial Bisa Dipenjara

    JAKARTA, datariau.com - Kepolisian dinilai bisa mempidanakan buzzer yang kerap menyebar fitnah dan berita bohong (hoax) di media sosial (medsos).

  • Kapolres Kampar Ingatkan Masyarakat Hati-hati Gunakan Media Sosial

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Menjalani minggu tenang yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kampar yang dimulai sejak tanggal

  • MUI Gandeng Jurnalis Muslim Bangun Counter Media untuk Hadapi Gerakan Informasi yang Menyesatkan

    JAKARTA, datariau.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengundang sekitar 75 jurnalis muslim se Jabotabek ditambah utusan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, Kam

  • Khutbah Jumat: Lima Sikap Menghadapi Fitnah Media

    DATARIAU.COM - Fitnah media begitu kejam sekali saat ini, apalagi kalau sudah gosipkan orang-orang baik, jujur dan shalih.

  • Ini Berita-berita Hoax Terkait Penangkapan Patrialis Akbar, Jangan Dipercaya

    JAKARTA, datariau.com - Penangkapan yang dilakukan oleh KPK terhadap Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar pada Rabu (25/1/2017) malam membuat heboh

  • KOMENTAR
    PERMASI