Senin, 18 Des 2017 / 29 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Citizen
  • Ternyata Hoax, Foto Arnold Tidur di Bawah Patung Karena Ditolak Menginap di Hotel

Ternyata Hoax, Foto Arnold Tidur di Bawah Patung Karena Ditolak Menginap di Hotel

Sabtu, 26 Agu 2017 06:23
view: 923

DATARIAU.COM - Sejak Jumat (25/8) pagi muncul broadcast di berbagai WhatsApp Group yang berjudul "Semua Akan Kalah Oleh Waktu" atau "Jangan Percaya dengan Jabatanmu Sekarang". Broadcast itu menampilkan gambar aktor Arnold Schwarzenegger --yang biasa dipanggil Arnie-- sedang tidur di alam terbuka di depan patung masa mudanya yang gagah perkasa.

Foto itu dilengkapi teks panjang yang menyentuh dan penuh nasihat. Berikut naskah lengkapnya:

SEMUA AKAN KALAH OLEH WAKTU (versi lain berjudul Jangan Percaya dengan Jabatanmu Sekarang)

Aktor terkenal Arnold Schwarzenegger mengunggah fotonya sedang tidur di jalan di bawah patung perunggunya, dan menulis dengan sedih, "bagaimana waktu berubah".

Alasan  dia menuliskan kalimat tersebut bukan karena dia tua, tapi karena ketika dia jadi gubernur California meresmikan hotel tersebut dengan patung perunggu dirinya di depan hotel tersebut. Pihak hotel menyampaikan ke Arnold, "Setiap saat Anda boleh datang dan ada kamar untuk Anda".

Namun ketika Arnold sudah tidak menjabat lagi dan datang ke hotel tersebut, pihak hotel menolaknya dengan alasan bahwa hotel sudah penuh.

Dia membawa kantong tidur dan tidur di bawah patung dirinya dan berharap orang orang bisa membayangkan hal tersebut.

Dia ingin menyampaikan pesan bahwa ada saat mereka begitu menghargainya, dan saat sudah tidak menjabat lagi mereka lupa dan tidak berniat memenuhi janjinya.

Ya, waktu terus berubah.

Jangan percaya pada jabatan Anda, harta benda Anda, atau kekuasaan atau kecerdasaan Anda. Semua itu tidak ada yang abadi. Kecuali kehidupan setelah kematian.

Ketika ditelusuri pesan emosional yang beredar luas itu dan hasilnya foto dan caption foto Arnold yang hanya empat kata "How times have changed" adalah benar.  Namun tulisan di bawahnya adalah hoax.

Tidak benar bahwa Arnold ditolak menginap di hotel yang di depannya ada patungnya, karena di depan patungnya tersebut tidak ada hotel. Arnold memposting foto itu pun diduga kuat hanya untuk bergurau.

Foto Arnold sedang tidur di depan patung dirinya dimuat di Instagram pada 16 Januari 2016. Arnold menulis caption “How times have changed”.

Begitu foto dan caption itu muncul, langsung beredar tulisan dalam bahasa Inggris yang terjemahannya sama persis dengan tulisan yang tersebar di WA Group di Indonesia.

Saat tulisan panjang itu mencuat, netizen juga bertanya-tanya apakah kabar bahwa dia ditolak menginap di hotel adalah benar.

“OMG !! @schwarzenegger, Is this story going around Facebook a hoax or true?” tanya @vrchandrakanth sambil menautkan tulisan yang tersebar di Facebook.

Netizen lainnya @monsieur.shouvik kemudian menjawab,” “It’s a hoax, Arnie posted this as a joke” (Itu hoax, Arnie memposting ini sebagai lelucon).

Hal serupa diungkapkan netizen @prassy_iron_riff. “Itu lelucon. Tidak ada seorang pun yang menolaknya untuk mendapatkan sebuah kamar atau apa pun.”

Netizen lainnya @jairoclassic menjelaskan bahwa gedung tempat patung Arnold berdiri adalah gedung konvensi atau Convention Center di Columbus, Ohio. "Itu bukan hotel," tegasnya.

Aksi Arnold tidur di depan patungnya juga sempat jadi berita pada tahun 2016 dan disebut sebagai kegiatan bercanda.

"Bintang film dan mantan gubernur California Arnold Schwarzenegger bercanda sejenak di Columbus, Ohio. Dia (kami duga) berpura-pura tidur di samping patung perunggu  binaraga raksasanya yang berdiri di luar Greater Columbus Convention Center," tulis media gosip terkemuka eonline.com (E!) pada 16 Januari 2016.

Entah bagaimana kemudian merebak kabar bahwa dia tidur di luar ruangan karena ditolak menginap di hotel setelah tidak lagi menjabat sebagai gubernur California. Kabar hoax ini juga menyebar ke berbagai negara setahun belakangan ini, termasuk di Pakistan.

"Aktor Austria-Amerika dan mantan binaragawan profesional Arnold Schwarzenegger menjadi pusat media sosial akhir pekan ini ketika fotonya yang menunjukkan bahwa dia berbaring di bawah patungnya beredar di internet," tulis media Paksitan, dailypakistan.com.pk, edisi 21 Agustus 2017.

Media itu menegaskan bahwa kabar yang beredar bahwa Arnold ditolak menginap di hotel di depan patung itu adalah palsu karena di depan patung itu bukanlah hotel. Kedua, Arnold di Instagram hanya menulis empat kata saja: How times have changed. "Tidak ada kata lain selain empat kata itu yang dia ucapkan," tulis media itu.

"Kesimpulannya adalah bahwa segala sesuatu yang menyebar di media sosial adalah tidak terverifikasi. Kapan pun Anda menemukan cerita emosional, luangkan waktu beberapa menit ke Google untuk memastikan itu berita benar atau tidak," sarannya.

Patung binaraga Arnold diresmikan oleh Gubernur Ohio dan Wali Kota Columbus Michael B Coleman yang didedikasikan untuk Arnold pada Oktober 2014. Arnold adalah Gubernur California periode 2003-2011.

"Anda adalah teman kami," kata Wali Kota dalam peresmian patung yang juga dihadiri oleh Arnold.

"Kami ingin mengenang (Arnold) selamanya di depan gedung konvensi kami," tambah Coleman.

Di tempat itu juga pada tahun yang sama digelar Festival Olahraga Arnold. "Seperti yang saya katakan hari ini, patung ini bukan hanya tentang kekuatan fisik - ini adalah pengingat untuk selalu memiliki pikiran yang kuat, melakukan seperti yang dikatakan Apple dan Berpikir Berbeda. Dan aku bersungguh-sungguh pada ucapanku bahwa @ArnoldSports (Festival Olahraga Arnold-red) terus berlangsung di Columbus," tulis Arnold soal patung dirinya itu.

loading...
Sumber: Kumparan.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Mahasiswa ini Nilai Kelangkaan Elpiji 3 Kg di Politisi Akun FB Anggota DPRD Siak

    SIAK, datariau.com - Beberapa minggu belakangan ini, kelangkaan Gas Elpiji ukuran 3 kilogram melanda sebagian daerah di Provinsi Riau. Terkhusus bagi masyarakat di K
  • Petaka Brosur Pentas Seni Teater Matan Diduga Melecehkan dan Menghina, Netizen: Boikot

    SIAK, datariau.com - Kabar tak sedap, petaka brosur yang di cetak pihak penyelenggara Pentas Seni Teater Matan, yang diselenggarakan di Gedung Seni Idrus Tintin Purn
  • Teganya, Foto dan Video Hoax Korban Rohingya Beredar di Sosial Media

    JAKARTA, datariau.com - Rohingya tidak henti-hentinya hidup dalam pusaran konflik kekerasan. Penyerangan 30 pos polisi dan militer oleh Arakan Rohingya Salva

  • Mengejutkan, Anak Penjual Es Keliling Sering Tertidur di Jalan Itu Ternyata Bukan Orang Miskin, Berikut Faktanya..

    JAKARTA, datariau.com - Sejak beberapa hari terakhir, kabar mengenai seorang anak bernama Adit yang sehari-hari bekerja sebagai penjual es keliling dan kerap

  • Video dan Foto-foto Kecelakaan Maut di Malang Viral di Medsos

    JAKARTA, datariau.com - Video dan foto-foto tabrakan maut tronton di Karangploso, Malang, menjadi viral di media sosial. Video sepanjang 4,5 menit muncul men

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg