Senin, 27 Mar 2017 / 28 Jamadil Akhir 1438
  • Home
  • Dakwah
  • Doa Melunasi Utang Dibaca Sebelum Tidur

Doa Melunasi Utang Dibaca Sebelum Tidur

Selasa, 10 Jan 2017 15:30
view: 168
Ilustrasi

DATARIAU.COM - Doa ini adalah di antara doa yang bisa diamalkan untuk melunasi utang dan dibaca sebelum tidur. Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata, "Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan,

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Artinya:

“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)

Imam Nawawi rahimahullah menyatakan bahwa maksud utang dalam hadits tersebut adalah kewajiban pada Allah Ta’ala dan kewajiban terhadap hamba seluruhnya, intinya mencakup segala macam kewajiban.” (Syarh Shahih Muslim, 17: 33).

Juga dalam hadits di atas diajarkan adab sebelum tidur yaitu berbaring pada sisi kanan.

Semoga bisa diamalkan dan Allah memudahkan segala urusan kita dan mengangkat kesulitan yang ada.

Iklan Promo Data Riau
Sumber: Sobat Muslim

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Munajat Kami Kepada-Mu

    ◾ Munajat Kami Kepada-Mu ◾

    Ya Allah...
    tidak ada satupun yang

  • Rahasia di Balik Bacaan Taawudz Sebelum Membaca Al Qur'an

    DATARIAU.COM - Bacaan ta'awudz memiliki tujuan agar setan m

  • Apakah Lafadz Do'a "rahimahullah" Hanya Ditujukan Kepada yang Sudah Wafat?

    DATARIAU.COM - Kata seorang rekan ucapan doa "rahimahullah" (semoga Allah merahmati-nya) hanya dapat

  • Do'a Ini Jangan Pernah Lupa Dibaca Ketika Akan Memakan Makanan

    DATARIAU.COM - Apabila salah seorang di antara kamu akan memakan makanan maka uc

  • Jangan Pernah Lupa Membaca Do'a Untuk Istri Tercinta, Berikut Lafaznya..

    DATARIAU.COM - Ya Allah ampunilah dosa istriku baik yang telah

  • Bolehkah Membaca Do'a dari Al Qur'an saat Sujud Shalat?

     

    DATARIAU.COM - Bolehkah kita membaca doa-doa dari ayat Al Quran seperti doa sapu

  • Dzikir & Do'a yang Disunnahkan Dibaca Pada Hari Jumat

    DATARIAU.COM - Sesungguhnya seutam

  • KOMENTAR
    PERMASI
    Radio Hidayah FM