Senin, 21 Agu 2017 / 28 Zulkaedah 1438

Hukum Membunuh Lebah Untuk Pengobatan

Selasa, 10 Jan 2017 15:35
view: 188
Ilustrasi

DATARIAU.COM - Bagaimana hukum pengobatan sengat lebah, karena setelah menyengat, lebah itu akan mati. Dari Abdurrahman bin Utsman, ia berkata:

"Sesungguhnya seorang tabib (dokter) bertanya kepada Nabi tentang kodok yang akan ia jadikan sebagai obat. Maka Nabi melarang ia membunuh kodok" (HR. Abu Dawud 3871, an-Nasaa'i VII/210, Ahmad III/453, al-Hakim IV/411 dan al-Baihaqi IX/258).

Karena kodok dilarang dibunuh maka kita pun dilarang memakannya. Gimana kita memakan tanpa membunuhnya dahulu.

Disebutkan dalam kaidah: "Setiap hewan yang kita diperintah untuk membunuhnya atau dilarang membunuhnya hukumnya adalah haram dimakan"

Dan dalam perkara ini hukumnya sama dengan lebah.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata :

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنْ قَتْلِ أَرْبَعٍ مِنَ الدَّوَابِّ النَّمْلَةُ وَالنَّحْلَةُ وَالْهُدْهُدُ وَالصُّرَدُ.

"Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang membunuh empat hewan: semut, lebah, burung Hudhud dan burung Shurad" (HR. Abu Dawud no. 5267, Ibnu Majah no. 3224 dan Ahmad I/332, lihat Shahiihul Jaami' ash-Shaghiir no.6968)

Karena lebah termasuk hewan yang dilarang untuk dibunuh, maka ketika digunakan sebagai obat lalu menyebabkan ia akan terbunuh maka inipun termasuk "larangan" seperti hukum kodok di atas yang juga terlarang ketika ingin digunakan sebagai obat.

Tetapi jika suatu saat mungkin hewan kodok, lebah dan hewan lainnya mengganggu manusia, maka boleh saja mereka dibunuh.

Editor: Ummu SH

Sumber: Sobat Muslim

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Hukum Tidur dalam Keadaan Junub

    DATARIAU.COM - Ada yang berhubungan intim di malam hari dengan pasangannya sehingga ia pun junub, lalu tidur malam tanpa mandi wajib terlebih dahulu.

  • Usai Minum Obat dari Puskesmas Selatpanang, Pasien Kejang-kejang

    SELATPANJANG, datariau.com - Salah seorang pasien bernama Pepi Rahmadani (22) warga Jalan Karet, Kelurahan Alahair Timur, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten K

  • Perhatikan Baik-baik Liang Kubur Ini, Kita Akan Menangis

    DATARIAU.COM - Sebagaimana ikan salmon yang mengarungi Samudra Artik. Mereka selalu pulang ke teluk yang sama untuk berkembang biak dan mati hingga akhir mas

  • DPRD Minta Diskes Inhu Jangan Batasi Persediaan Obat di Puskesmas

    RENGAT, datariau.com - Komisi II DPRD Inhu yang bermitra dengan Dinas Kesehatan sangat menyesalkan dengan keterbatasan persediaan obat-obatan di puskesmas.

  • 5 Tanaman Tradisional Mengobati Asam Lambung

    DATARIAU.COM - Beberapa gejala khas kelebihan asam lambung yang paling sering ditemui adalah rasa mual, mulas, kembung, gas berlebih dan ketidaknyamanan perut setelah m
  • Obat Ampuh Asam Lambung Menggunakan Timun

    DATARIAU.COM - Asam lambung adalah penyakit yang terjadi karena masalah dalam sistem pencernaan, yaitu lambung. Penyakit ini bisa diatasi dengan berbagai cara, yakni
  • Diantar Orangtuanya, Indah Salah Satu Anak di Kampung Tualang Dibawa Berobat ke Posko

    TUALANG, datariau.com - Tampak wajah gadis belia itu pucat karena demam, Jum'at (16/6/2017). Setelah mendapat pelayanan dengan baik dan diberi obat diposko penan
  • KOMENTAR