Selasa, 22 Agu 2017 / 29 Zulkaedah 1438
  • Home
  • Dakwah
  • Seringlah "Mengukur" dalam Hidup Agar Tidak Berlebihan

Seringlah "Mengukur" dalam Hidup Agar Tidak Berlebihan

Selasa, 10 Jan 2017 15:40
view: 139
Ilustrasi

DATARIAU.COM - Saat kita mau membeli baju atau sepatu, hal penting yang perlu diperhatikan adalah mencari “ukuran yang pas”. Jika terlalu kecil mungkin tidak sesuai, begitu juga jika sebaliknya. 

Begitu pula dalam hidup ini, kita perlu mencari ukuran yang pas baik dalam perbuatan, perkataan, sikap dan lainya. Bahkan juga dalam masalah ibadah dan muammalah (berinteraksi dengan orang lain) perlu ukuran yang sesuai. Tidak boleh berlebihan tidak boleh menyepelekan.

Contoh sederhana dalam masalah harta, tidak boleh kita terlalu boros dan tidak boleh juga terlalu kikir. Harus sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. 

Allah berfirman, “Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu (kikir) dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya (boros) karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal” (QS. Al Isra’) 

Kadang kala dalam melihat sebuah permasalahan tidak cukup mengetahui “benar” atau “salah”. Kita harus bisa mengukur “seberapa benar” dan “seberapa salah”. Begitu pula saat melihat baik atau buruk, kita harus berusaha mengukur tingkat kebaikan dan keburukannya. Apalagi dalam hal manfaat dan kemudharatan, kita harus bisa menimbang dan mengukur diantara keduanya. 

● *Apa itu “ukuran yang pas”?*

Ini penting untuk difahami, kadang kala seseorang mengukur sesuatu dengan “alat ukur” yang salah atau “cara mengukur” yang salah. UKURAN YANG PAS ATAS SESUATU TERGANTUNG DARI APA YANG DIUKUR. 

Contoh sederhana dalam masalah MEMILIH SEPATU ATAU BAJU diatas. Ukuran yang pas bukan yang paling ektrem (paling kecil atau yang paling besar), mungkin juga bukan yang pertengahan, bahkan mungkin juga bukan yang sesuai selera kita. Lalu mana yang paling pas? Tentu yang sesuai dengan UKURAN KAKI ATAU BADAN kita.

Contoh dalam MEMBELANJAKAN HARTA, apa ukuran yang pas? Ukuran yang pas tentu bukan sebatas banyak atau sedikit apa yang kita belanjakan tetapi tergantung KEBUTUHAN dan KEMAMPUAN. 

Begitu pula dalam masalah IBADAH ATAU MASALAH AGAMA secara umum. Ukuran yang pas adalah yang SESUAI DENGAN DALIL. Bukan sesuai dengan hawa nafsu kita. 

Allahu A’lam. Semoga bermanfaat.

Editor: Ummu SH

Sumber: Sobat Muslim

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Meneladani Akhlak Mulia Salafus Shalih, Mudah Bergaul dan Mengingatkan Teman Untuk Kebaikan

    DATARIAU.COM - Tauhid dan keimanan yang benar pasti akan membuahkan amal nyata. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    

  • Pahala yang Sangat Besar Bagi yang Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lain

    DATARIAU.com - Salah satu sifat agung yang hendaknya dimiliki seorang muslim yang

  • Masya Allah, Wanita Shalihah Itu Mengalahkan Bidadari di Syurga

    DATARIAU.COM - Mana yang lebih cantik, bidadari surga atau wanita salihah?

  • Seringlah "Mengukur" dalam Hidup Agar Tidak Berlebihan

    DATARIAU.COM - Saat kita mau membeli baju atau sepatu, hal penting yang perlu diperhatikan adalah mencari “ukuran yang pas”. Jika terlalu kecil m

  • Suami Hebat Itu Berwibawa di Luar Rumah, Akrab dan Kocak Saat Bersama Keluarga

    DATARIAU.COM - Aku belum pernah melihat seorang yang demikian berwibawa saat duduk bersama kawan-kawan namun demikian akrab dan kocak saat berada di rumah me

  • Mengingkari Kemungkaran Tidak Mesti Dengan Keonaran

    DATARIAU.COM - Amar ma’ruf adalah mengajak pada kebaikan, sedangkan nahi mungkar adalah melarang dari kemungkaran. Dua sifat ini telah dipuji dalam fir

  • Makan dengan Tangan Kiri Itu Haram?

    Hukum Makan dengan Tangan Kiri

    Tanya tadz, apa hukum makan dengan tangan kiri? Apakah sampai haram? Terima kasih

    KOMENTAR