Senin, 18 Des 2017 / 29 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Dakwah
  • Seringlah "Mengukur" dalam Hidup Agar Tidak Berlebihan

Seringlah "Mengukur" dalam Hidup Agar Tidak Berlebihan

Selasa, 10 Jan 2017 15:40
view: 172
Ilustrasi

DATARIAU.COM - Saat kita mau membeli baju atau sepatu, hal penting yang perlu diperhatikan adalah mencari “ukuran yang pas”. Jika terlalu kecil mungkin tidak sesuai, begitu juga jika sebaliknya. 

Begitu pula dalam hidup ini, kita perlu mencari ukuran yang pas baik dalam perbuatan, perkataan, sikap dan lainya. Bahkan juga dalam masalah ibadah dan muammalah (berinteraksi dengan orang lain) perlu ukuran yang sesuai. Tidak boleh berlebihan tidak boleh menyepelekan.

Contoh sederhana dalam masalah harta, tidak boleh kita terlalu boros dan tidak boleh juga terlalu kikir. Harus sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. 

Allah berfirman, “Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu (kikir) dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya (boros) karena itu kamu menjadi tercela dan menyesal” (QS. Al Isra’) 

Kadang kala dalam melihat sebuah permasalahan tidak cukup mengetahui “benar” atau “salah”. Kita harus bisa mengukur “seberapa benar” dan “seberapa salah”. Begitu pula saat melihat baik atau buruk, kita harus berusaha mengukur tingkat kebaikan dan keburukannya. Apalagi dalam hal manfaat dan kemudharatan, kita harus bisa menimbang dan mengukur diantara keduanya. 

● *Apa itu “ukuran yang pas”?*

Ini penting untuk difahami, kadang kala seseorang mengukur sesuatu dengan “alat ukur” yang salah atau “cara mengukur” yang salah. UKURAN YANG PAS ATAS SESUATU TERGANTUNG DARI APA YANG DIUKUR. 

Contoh sederhana dalam masalah MEMILIH SEPATU ATAU BAJU diatas. Ukuran yang pas bukan yang paling ektrem (paling kecil atau yang paling besar), mungkin juga bukan yang pertengahan, bahkan mungkin juga bukan yang sesuai selera kita. Lalu mana yang paling pas? Tentu yang sesuai dengan UKURAN KAKI ATAU BADAN kita.

Contoh dalam MEMBELANJAKAN HARTA, apa ukuran yang pas? Ukuran yang pas tentu bukan sebatas banyak atau sedikit apa yang kita belanjakan tetapi tergantung KEBUTUHAN dan KEMAMPUAN. 

Begitu pula dalam masalah IBADAH ATAU MASALAH AGAMA secara umum. Ukuran yang pas adalah yang SESUAI DENGAN DALIL. Bukan sesuai dengan hawa nafsu kita. 

Allahu A’lam. Semoga bermanfaat.

Editor: Ummu SH

Sumber: Sobat Muslim

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • DATARIAU.COM - Di antara keutamaan mengenal dan mengetahui nama-nama Allah Ta’ala adalah besarnya pahala bagi siapa saja yang menghitung nama-nama Alla

  • Saat Anda Dipuji, Itulah Ujian yang Harus Diwaspadai

    DATARIAU.COM - Hakikat pujian adalah ujian, karena fitnah (ujian) itu bisa berupa ujian kebaikan maupun keburukan.

    Allah berfirman,

  • Islam Melarang Keras Aksi Terorisme

    DATARIAU.COM - Ingatlah bahwa Islam tidak mengajarkan terorisme, silakan mengkaji dalam Al Qur'an dan hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Bahk

  • Bahaya Fanatik Kepada Satu Ustadz, Saat Salah Tetap Dianggap Benar

    DATARIAU.COM - Tidak dibenarkan seorang yang fanatik terhadap satu ustadz, kemudian menganggap apa yang dikatakan ustadz tersebut pasti benar bahkan yang sal

  • Saat Celana Pendek Mencela Celana Cingkrang

    DATARIAU.COM - Islam merupakan agama yang sempurna, bukan hanya mengajarkan soal ibadah, bahkan tata cara berpakaian pun diajarkan secara detail di Islam. Se

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg