Senin, 22 Jan 2018 / 5 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Dakwah
  • Wanita Ingin Bekerja, Penuhi Syarat Berikut Ini..

Wanita Ingin Bekerja, Penuhi Syarat Berikut Ini..

Jumat, 28 Apr 2017 23:45
view: 1.045
Ilustrasi

Apakah syarat bagi seorang wanita yang ingin bekerja?

(1). Hukum asalnya wanita shalihah itu tugasnya di rumah untuk mengurus rumah tangga dan anak-anaknya. Tetapi jika darurat yang mana mungkin suami tidak bisa memberikan nafkah atau karena sakit, maka usahakanlah semaksimal mungkin pekerjaannya tidak mengganggu kewajiban utamanya dalam urusan dalam rumah, karena mengurus rumah adalah pekerjaan wajibnya, sedang pekerjaan luarnya bukan kewajiban baginya dan sesuatu yang wajib tidak boleh dikalahkan oleh sesuatu yang tidak wajib.

(2). Harus dengan izin suaminya, karena istri wajib mentaati suaminya.

(3). Menerapkan adab-adab Islami, seperti : menjaga pandangan, memakai hijab syar’i, tidak memakai wewangian, tidak melembutkan suaranya kepada pria yang bukan mahram dll.

(4). Pekerjaannya sesuai dengan tabi’at wanita, seperti: mengajar, dokter, perawat, penulis artikel, buku dll.

(5). Tidak ada ikhtilat (bercampur baur dengan pria) di lingkungan kerjanya. Hendaklah ia mencari lingkungan kerja yang khusus wanita, misalnya : sekolah wanita, perkumpulan wanita, kursus wanita, dll.

(6). Hendaklah mencari dulu pekerjaan yang bisa dikerjakan di dalam rumah. Jika tidak ada, baru mencari pekerjaan di luar rumah yang khusus di kalangan wanita. Jika tidak ada, maka ia tidak boleh mencari pekerjaan di luar rumah yang bercampur antara pria dan wanita, kecuali jika keadaannya darurat atau keadaan sangat mendesak sekali, misalnya suami tidak mampu menafkahi kehidupan keluarganya atau suaminya sakit, dll.

Editor: Yan

Sumber: Telegram Sobat Muslim

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Darurat Hadis Palsu di Media Sosial

    DATARIAU.COM - Satu tombol bisa memiliki sejuta fungsi, bisa menjadi sumber kebaikan, dan sekaligus menjadi sumber kejahatan. Itulah media sosial. Betapa mud

  • Perintahkan Keluargamu Untuk Shalat

    DATARIAU.COM - Dari 'Abdullah bin 'Amr Radhiyallahu anhu , ia berkata, "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
  • Tak Seharusnya Umat Islam Ikut Tiup Terompet dan Ledakan Kembang Api di Tahun Baru

    DATARIAU.COM - Perayaan tahun baru termasuk hari raya non muslim. Dengan bukti, perayaan ini memiliki latar belakang ideologi. Sehingga bukan sebatas tradisi

  • Waspada, Ini Dalil yang Digunakan Ajaran Menyimpang Tentang Bolehnya Ucapan Selamat Natal

    DATARIAU.COM - Ada dua prinsip yang perlu kita perhatikan ketika berdalil, pertama, keabsahan dalil. Sebelum menggunakan dalil, kita perlu memastikan kesahih

  • Hukum Membeli Diskon Momen Natal dan Hari Raya Non-Muslim

    DATARIAU.COM - Perlu diketahui bahwa hukum asal muamalah dengan non-muslim adalah boleh. Sebagaimana dalam hadits bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa salla

  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto