Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439
  • Home
  • Ekbis
  • Harga Cabe Kembali Membuat Warga Pekanbaru Menjerit, Capai Rp70 Ribu Sekilo

Harga Cabe Kembali Membuat Warga Pekanbaru Menjerit, Capai Rp70 Ribu Sekilo

Oleh: Rina
Selasa, 10 Jan 2017 14:38
view: 631
Ilustrasi

 

PEKANBARU, DATARIAU.COM - Setelah ayam potong naik, kini giliran harga cabe juga ikut membuat warga Kota Pekanbaru menjerit. Terpantau harga di pasaran harga cabe merah Rp50 ribu hingga Rp70 ribu perkilo.
 
"Sesuai informasi yang diterima, memang ada kenaikan harga cabai merah. Ada yang menjual di satu pasar itu Rp50 ribu perkilo, ada juga Rp70 ribu perkilo," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman, Selasa (10/1/2017).
 
Ibra mengakui bahwa harga di pasaran masih bervariasi. Menurut Irba, kenaikan cabe merah yang tidak merata ini disebabkan terjadinya penurunan stok pada centra-centra penghasil cabe.
 
"Kita sudah cek ke centra-nya, memang ada terjadi penurunan stok. Bahkan ada kecendrungan, jika cabe dilempar di daerah lain selain Pekanbaru yang penawarannya lebih tinggi," ungkapnya.
 
Irba juga menghimbau kepada para pelaku usaha cabe, untuk melaporkan ke Disperindag jika mereka kesulitan membeli cabai merah di centra penghasil.
 
"Agar kita bisa menjembatani mereka. Jangan seperti selama ini, dimana pelaku usaha tidak mau melibatkan kita. Jadi saat cabai mahal dan sulit didapat baru ribut," jelasnya.
 
Lebih jauh dikatakan Irba, jika pelaku usaha melibatkan Disperindag, maka pihaknya akan meminta kepada rekan yang ada daerah centra seperti Kabupaten Tanah Datar untuk menjembatani juga. Sehingga pelaku usaha tidak akan kesulitan mendapatkan stok cabai.
 
"Kedepannya, kita juga ada keinginan  menjembatani pelaku usaha untuk menjalin kerjasama antar pelaku usaha yang ada di centra penghasil cabai. Hal ini juga mendapat dukungan dari Plt Wali Kota. Saat ini UPTD pasar juga sedang mendata semua pelaku usaha cabai. Diperkirakan dalam minggu ini semua data sudah terkumpul," tutupnya.
 
Dari pantauan datariau.com di Pasar Cikpuan, kenaikan harga cabe merah ini sudah terjadi sejak dua hari yang lalu. Sebelumnya harga cabe di kios ini kisaran Rp40 ribu sampai Rp60 ribu per kilogramnya. Namun saat ini sudah meroket naik mencapai Rp70 ribu perkilo.
 
Begitu pula dengan harga cabe rawit yang masih tinggi yakni sebesar Rp70 ribu perkilogramnya. Sedangkan untuk komuditi cabe hijau terpantau di harga normal, yaitu kisaran harga Rp35 ribu sampai Rp40 ribu perkilogramnya.
 
Sementara untuk bawang merah dalam kondisi normal di harga Rp26 ribu per kilogramnya. Sempat naik dari harga Rp35 ribu perkilogramnya dari seminggu belakangan. Untuk komoditi bawang putih saat ini masih di harga standar Rp35 ribu per kilogramnya. Begitu pula untuk harga kentang berkisar Rp10 ribu sampai Rp12 ribu perkilogram. Dan tomat di harga Rp8 ribu perkilogramnya.
Editor: Adi

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Ekbis Terbaru
  • Ribuan Rumah Subsidi Tidak Dihuni, BTN Berikan Penjelasan
  • Launching Riau Creative Center, Siapa Saja Bisa Promosi Melalui Website Secara Gratis
  • Daftar Secara Online BPJS Ketenagakerjaan, Begini Caranya..
  • Harga Gas Elpiji Kg di Tarai Kampar Rp28 Ribu, Menumpuk di Bengkel Motor, Pangkalan Kosong
  • Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru Minggu Depan
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • Kabupaten Siak Genjot Upaya Produksi Tanaman Pangan Dengan Program Peningkatan

    SIAK, datariau.com - Usaha peningkatan produksi tanaman pangan di Kabupaten Siak terus diupayakan, melalui program-programpeningkatan produksi tanaman pangan dan Hor
  • Di Kalimantan, Cabe Dijual Perbuah Rp500

    KOTAWARINGIN BARAT, datariau.com - Pedasnya cabai tidak hanya dirasakan di mulut. Bumbu dapur yang satu ini kian 'pedas' saat dibeli di sejumlah pasa

  • DPRD Desak Disperindag Tinjau ke Pasaran, Jangan Hanya Menunggu Laporan

    PEKANBARU, datariau.com - Adanya informasi beredar bahwa cabe berformalin telah masuk dan diperjualbelikan di pasaran di Kota Pekanbaru, mendapat tanggapan s

  • Waspada, Cabe Berformalin Beredar di Kota Pekanbaru

    PEKANBARU, datariau.com - Diduga bagian dari modus pedagang tak bertangung jawab mengeruk untung besar, terjadi praktek pencampuran cabe dengan formaln. Tuju

  • Harga Cabe Kembali Membuat Warga Pekanbaru Menjerit, Capai Rp70 Ribu Sekilo

     

    PEKANBARU, DATARIAU.COM - Setelah ayam potong naik, kini giliran harga cabe juga ikut membuat warga Kota Pekanbaru menjerit. Terpantau ha
  • Harga Sembako di Kota Pekanbaru Belum Stabil

    PEKANBARU, datariau.com - Memasuki akhir tahun 2016, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru mencatat harga sembako di pasaran belum

  • Harga Cabe dan Sayur di Pasar Air Molek Semakin Mahal, Disperindagpas Diminta Bertindak

    RENGAT, datariau.com - Harga cabe dan sayur di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Inhu semakin tak terkendali, bahkan pada hari Senin (14/11/2016) cabe

  • KOMENTAR