Senin, 18 Des 2017 / 29 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Ekbis
  • Harga Cabe Kembali Membuat Warga Pekanbaru Menjerit, Capai Rp70 Ribu Sekilo

Harga Cabe Kembali Membuat Warga Pekanbaru Menjerit, Capai Rp70 Ribu Sekilo

Oleh: Rina
Selasa, 10 Jan 2017 14:38
view: 648
Ilustrasi

 

PEKANBARU, DATARIAU.COM - Setelah ayam potong naik, kini giliran harga cabe juga ikut membuat warga Kota Pekanbaru menjerit. Terpantau harga di pasaran harga cabe merah Rp50 ribu hingga Rp70 ribu perkilo.
 
"Sesuai informasi yang diterima, memang ada kenaikan harga cabai merah. Ada yang menjual di satu pasar itu Rp50 ribu perkilo, ada juga Rp70 ribu perkilo," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman, Selasa (10/1/2017).
 
Ibra mengakui bahwa harga di pasaran masih bervariasi. Menurut Irba, kenaikan cabe merah yang tidak merata ini disebabkan terjadinya penurunan stok pada centra-centra penghasil cabe.
 
"Kita sudah cek ke centra-nya, memang ada terjadi penurunan stok. Bahkan ada kecendrungan, jika cabe dilempar di daerah lain selain Pekanbaru yang penawarannya lebih tinggi," ungkapnya.
 
Irba juga menghimbau kepada para pelaku usaha cabe, untuk melaporkan ke Disperindag jika mereka kesulitan membeli cabai merah di centra penghasil.
 
"Agar kita bisa menjembatani mereka. Jangan seperti selama ini, dimana pelaku usaha tidak mau melibatkan kita. Jadi saat cabai mahal dan sulit didapat baru ribut," jelasnya.
 
Lebih jauh dikatakan Irba, jika pelaku usaha melibatkan Disperindag, maka pihaknya akan meminta kepada rekan yang ada daerah centra seperti Kabupaten Tanah Datar untuk menjembatani juga. Sehingga pelaku usaha tidak akan kesulitan mendapatkan stok cabai.
 
"Kedepannya, kita juga ada keinginan  menjembatani pelaku usaha untuk menjalin kerjasama antar pelaku usaha yang ada di centra penghasil cabai. Hal ini juga mendapat dukungan dari Plt Wali Kota. Saat ini UPTD pasar juga sedang mendata semua pelaku usaha cabai. Diperkirakan dalam minggu ini semua data sudah terkumpul," tutupnya.
 
Dari pantauan datariau.com di Pasar Cikpuan, kenaikan harga cabe merah ini sudah terjadi sejak dua hari yang lalu. Sebelumnya harga cabe di kios ini kisaran Rp40 ribu sampai Rp60 ribu per kilogramnya. Namun saat ini sudah meroket naik mencapai Rp70 ribu perkilo.
 
Begitu pula dengan harga cabe rawit yang masih tinggi yakni sebesar Rp70 ribu perkilogramnya. Sedangkan untuk komuditi cabe hijau terpantau di harga normal, yaitu kisaran harga Rp35 ribu sampai Rp40 ribu perkilogramnya.
 
Sementara untuk bawang merah dalam kondisi normal di harga Rp26 ribu per kilogramnya. Sempat naik dari harga Rp35 ribu perkilogramnya dari seminggu belakangan. Untuk komoditi bawang putih saat ini masih di harga standar Rp35 ribu per kilogramnya. Begitu pula untuk harga kentang berkisar Rp10 ribu sampai Rp12 ribu perkilogram. Dan tomat di harga Rp8 ribu perkilogramnya.
loading...
Editor: Adi

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Bazar Transmart Pekanbaru Memberi Manfaat Positif Bagi Pelaku UMKM

    PEKANBARU, datariau.com - Bazar UMKM Transmart Pekanbaru mulai dibuka dari tanggal 10 sampai 17 Desember 2017. Gerai bazar UMKM terletak di lantai dasar Tran

  • Beberapa Nasabah BRI Baganbatu Lahir Bulan Desember Dapat Kado Spesial

    BAGANBATU, datariau.com - Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir menggelar berbagai kegiatan seperti senam seha

  • HUT BRI Ke-122 di Rohul, Digelar Fun Bike dan Jalan Santai Bertabur Hadiah

    ROHUL, datariau.com - Pada puncak peringatan Family Day Hari Ulang Tahun (HUT) Bank Rakyat Indonesia ke-122 dipusatkan di Taman Kota Pasir Pangaraian, Ahad (

  • TPID Kota Padang Gelar Pasar Murah

    PADANG, datariau.com - Gor Haji Agussalim Padang setiap pagi pada hari libur selalu ramai dikunjungi masyarakat. Mereka melakukan aktivitas berolahraga seper

  • Ajang Silahturahmi, Tiga Camat ini Adakan Pertandingan Persahabatan di Lubuk Dalam Siak

    SIAK, datariau.com - Meski dituntut beban kerja yang berat dan selalu siaga setiap saat, ternyata tidak semuanya menghabisk

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg