Kamis, 24 Agu 2017 / 1 Zulhijjah 1438
  • Home
  • Ekbis
  • Harga Sapi Kurban di Pekanbaru Berkisar Rp15 Juta

Harga Sapi Kurban di Pekanbaru Berkisar Rp15 Juta

Minggu, 13 Agu 2017 05:57
view: 1233
doc.

PEKANBARU, datariau.com - Jelang Idul Adha 1438 H, umat muslim mulai mencari sapi kurban. Beberapa penjual hewan kurban pun mulai marak di pinggir-pinggir jalan Kota Pekanbaru. Lokasi peternakan sapi juga menjadi incaran.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru El Syabrina, saat ini harga ternak sapi untuk kurban paling murah berkisar Rp14 juta per ekor. Sedangkan harga tertinggi, berdasarkan pantauan pihaknya, mencapai Rp15 juta per ekor.

"Harga tersebut tergantung dari ukuran dan berat ternak sapi itu sendiri. Kebanyakan ternak sapi yang diperdagangkan adalah jenis sapi lokal dan jenis sapi bali," ujar wanita yang akrab disapa El itu, Jumat (11/8/2017).

Untuk ternak sapi dengan ukuran kecil dengan tinggi sekitar satu meter dan bobot sekitar 150-200 kilogram, harga di pasaran saat ini berkisar Rp14 juta per ekor. Sedangkan ternak sapi yang masuk kategori sedang dengan tinggi sekitar 1,25 meter dan bobot sekitar 250-300 kilogram berkisar Rp15 juta per ekor.

"Tapi, khusus untuk sapi Brahman Cross berukuran sedang dengan berat sekitar 800 kilogram harganya berkisar Rp30 juta per ekor," kata El lagi.

Diakuinya, harga jual ternak sapi menjelang Idul Adha memang cenderung lebih mahal dibandingkan hari-hari biasa. Karena permintaan yang meningkat.

Ia memperkirakan, untuk Idl Adha tahun ini, kepeluan hewan kurban sapi berkisar 6.000 ekor.

Untuk memenuhi keperluan sapi tersebut, pihaknya mendatangkan sapi dari wilayah Provinsi Riau, Lampung dan Sumatera Barat. Di Kota Pekanbaru, penjualan ternak sapi masih berpusat di beberapa tempat. Yakni di Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir, Tampan, Tenayanraya, Limapuluh, Payung Sekaki, Marpoyan Damai, dan Bukit Raya.

Pantauan di lapangan, menjelang Idul Adha 1438 H, pasar ternak kurban makin ramai. Bahkan di beberapa tempat hadir pusat-pusat penjualan ternak sapi kurban.

Seperti di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Marpoyan Damai. Di tempat itu harga sapi kurban dijual dengan kisaran harga Rp 14-18 juta per ekor.

Seorang petugas ternak David menjelaskan, saat ini permintaan ternak sapi masih normal, yang mana transaksi ternak masih belum melonjak. "Kalau sapi bobot sekitar 150 kilogram berkisar Rp14,5 juta. Kalau sapi ukuran sedang bobot 300 berkisar Rp18 juta," ungkapnya.

Sumber: Riaupos.co

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Khutbah Jumat: Qurban yang Tidak Diterima

    DATARIAU.com - Hati-hati beramal qurban, namun cuma asal-asalan akhirnya tidak diterima.

    Khutbah Pertama

    إِ

  • Harga Sapi Kurban di Pekanbaru Berkisar Rp15 Juta

    PEKANBARU, datariau.com - Jelang Idul Adha 1438 H, umat muslim mulai mencari sapi kurban. Beberapa penjual hewan kurban pun mulai marak di pinggir-pinggir ja

  • DPRD Pekanbaru Minta Pemko Pastikan Seluruh Hewan Kurban yang Dijual Bebas Virus

    PEKANBARU, datariau.com - Beberapa waktu lalu, virus jembrana sempat menyerang sapi-sapi di Riau termasuk di Kota Pekanbaru.

    Untuk memastika

  • Program Pemerintah Sukses, Sapi di Meranti Kini Bisa Cepat Bunting dan Beranak, Begini Caranya..

    SELATPANJANG, datariau.com - Program Inseminasi Buatan (IB) atau proses kawin suntik pada sapi Peranakan Ongole (PO) dalam program Upaya Khusus Percepatan Po

  • Enam Pencuri Ternak Sapi Diringkus Polres Bengkalis, Ini Datanya..

    BENGKALIS, datariau.com - Telah berhasil ditangkap enam orang tersangka diduga melakukan pencurian ternak inisial SO (48), AA (33), RD (41), MA (31), RI (26)

  • Jelang Ramadhan, Harga Daging di Banda Aceh Relatif Stabil

    BANDA ACEH, datariau.com - Kamis (24/5/2017), bertepatan dengan hari Meugang pertama menjelang Ramadan 1438 H, Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Dja

  • Spesialis Pencuri Hewan Ternak Diringkus Polisi di Bagansinembah Rohil

    BAGANSINEMBAH, datariau.com - Mapolsek Bagansinembah telah berhasil melakukan penagkapan terhadap tiga tersangka pencurian ternak sapi. Ketiga pelaku yakni i

  • KOMENTAR
    Karirpad