Jumat, 15 Des 2017 / 26 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Ekbis
  • Harga Sapi Kurban di Pekanbaru Berkisar Rp15 Juta

Harga Sapi Kurban di Pekanbaru Berkisar Rp15 Juta

Minggu, 13 Agu 2017 05:57
view: 1.574
doc.

PEKANBARU, datariau.com - Jelang Idul Adha 1438 H, umat muslim mulai mencari sapi kurban. Beberapa penjual hewan kurban pun mulai marak di pinggir-pinggir jalan Kota Pekanbaru. Lokasi peternakan sapi juga menjadi incaran.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru El Syabrina, saat ini harga ternak sapi untuk kurban paling murah berkisar Rp14 juta per ekor. Sedangkan harga tertinggi, berdasarkan pantauan pihaknya, mencapai Rp15 juta per ekor.

"Harga tersebut tergantung dari ukuran dan berat ternak sapi itu sendiri. Kebanyakan ternak sapi yang diperdagangkan adalah jenis sapi lokal dan jenis sapi bali," ujar wanita yang akrab disapa El itu, Jumat (11/8/2017).

Untuk ternak sapi dengan ukuran kecil dengan tinggi sekitar satu meter dan bobot sekitar 150-200 kilogram, harga di pasaran saat ini berkisar Rp14 juta per ekor. Sedangkan ternak sapi yang masuk kategori sedang dengan tinggi sekitar 1,25 meter dan bobot sekitar 250-300 kilogram berkisar Rp15 juta per ekor.

"Tapi, khusus untuk sapi Brahman Cross berukuran sedang dengan berat sekitar 800 kilogram harganya berkisar Rp30 juta per ekor," kata El lagi.

Diakuinya, harga jual ternak sapi menjelang Idul Adha memang cenderung lebih mahal dibandingkan hari-hari biasa. Karena permintaan yang meningkat.

Ia memperkirakan, untuk Idl Adha tahun ini, kepeluan hewan kurban sapi berkisar 6.000 ekor.

Untuk memenuhi keperluan sapi tersebut, pihaknya mendatangkan sapi dari wilayah Provinsi Riau, Lampung dan Sumatera Barat. Di Kota Pekanbaru, penjualan ternak sapi masih berpusat di beberapa tempat. Yakni di Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir, Tampan, Tenayanraya, Limapuluh, Payung Sekaki, Marpoyan Damai, dan Bukit Raya.

Pantauan di lapangan, menjelang Idul Adha 1438 H, pasar ternak kurban makin ramai. Bahkan di beberapa tempat hadir pusat-pusat penjualan ternak sapi kurban.

Seperti di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Marpoyan Damai. Di tempat itu harga sapi kurban dijual dengan kisaran harga Rp 14-18 juta per ekor.

Seorang petugas ternak David menjelaskan, saat ini permintaan ternak sapi masih normal, yang mana transaksi ternak masih belum melonjak. "Kalau sapi bobot sekitar 150 kilogram berkisar Rp14,5 juta. Kalau sapi ukuran sedang bobot 300 berkisar Rp18 juta," ungkapnya.

loading...
Sumber: Riaupos.co

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Telah Dibuka Tempat Nongkrong Free Wifi di Croco Kopitiam Desa Pasar Lala Inhu

    RENGAT, datariau.com - Mencari tempat nongkrong asik dan cocok untuk anak muda maupun untuk keluarga selama ini agak sulit dikarenakan tempat kurang nyaman untuk nongkr
  • HSP Pelalawan Gelar Rangkaian Seni, Sampena Peringatan Hari Anti Korupsi

    PANGKALANKERINCI, datariau.com - Sampena Peringatan Hari Anti Korupsi, Himpunan Seni Pelalawan (HSP) menggelar serangkaian

  • Ternyata Ini Penyebab Elpiji 3 Kg Langka di Desa Tarai Bangun Kampar

    TAMBANG, datariau.com - Kelangkaan gas elpiji subsidi di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang sekian lama terjadi membuat pemerintah des

  • Bertahun-tahun Tinggal di Gubuk, Ternyata Pemuda di Perawang Siak ini Banyak Menyimpan Karya Seni

    SIAK, datariau.com - Feri Fadly (24) salah seorang pemuda Kampung Perawang Barat yang tinggal di sebuah gubuk di pinggiran perumahan BTN Kopkar PT IKPP kilometer 9 Keca
  • Tampil Memukau, Lagu Sanggar Bathin Galang Bikin Hanyut Penonton di Bono Jazz Festival 2017

    PEKANBARU, datariau.com - Sanggar Bathin Galang sukses ikut andil memeriahkan acara musik Bono Jazz Fest

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg