Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439
  • Home
  • Ekbis
  • Harga Sapi Kurban di Pekanbaru Berkisar Rp15 Juta

Harga Sapi Kurban di Pekanbaru Berkisar Rp15 Juta

Minggu, 13 Agu 2017 05:57
view: 1422
doc.

PEKANBARU, datariau.com - Jelang Idul Adha 1438 H, umat muslim mulai mencari sapi kurban. Beberapa penjual hewan kurban pun mulai marak di pinggir-pinggir jalan Kota Pekanbaru. Lokasi peternakan sapi juga menjadi incaran.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru El Syabrina, saat ini harga ternak sapi untuk kurban paling murah berkisar Rp14 juta per ekor. Sedangkan harga tertinggi, berdasarkan pantauan pihaknya, mencapai Rp15 juta per ekor.

"Harga tersebut tergantung dari ukuran dan berat ternak sapi itu sendiri. Kebanyakan ternak sapi yang diperdagangkan adalah jenis sapi lokal dan jenis sapi bali," ujar wanita yang akrab disapa El itu, Jumat (11/8/2017).

Untuk ternak sapi dengan ukuran kecil dengan tinggi sekitar satu meter dan bobot sekitar 150-200 kilogram, harga di pasaran saat ini berkisar Rp14 juta per ekor. Sedangkan ternak sapi yang masuk kategori sedang dengan tinggi sekitar 1,25 meter dan bobot sekitar 250-300 kilogram berkisar Rp15 juta per ekor.

"Tapi, khusus untuk sapi Brahman Cross berukuran sedang dengan berat sekitar 800 kilogram harganya berkisar Rp30 juta per ekor," kata El lagi.

Diakuinya, harga jual ternak sapi menjelang Idul Adha memang cenderung lebih mahal dibandingkan hari-hari biasa. Karena permintaan yang meningkat.

Ia memperkirakan, untuk Idl Adha tahun ini, kepeluan hewan kurban sapi berkisar 6.000 ekor.

Untuk memenuhi keperluan sapi tersebut, pihaknya mendatangkan sapi dari wilayah Provinsi Riau, Lampung dan Sumatera Barat. Di Kota Pekanbaru, penjualan ternak sapi masih berpusat di beberapa tempat. Yakni di Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir, Tampan, Tenayanraya, Limapuluh, Payung Sekaki, Marpoyan Damai, dan Bukit Raya.

Pantauan di lapangan, menjelang Idul Adha 1438 H, pasar ternak kurban makin ramai. Bahkan di beberapa tempat hadir pusat-pusat penjualan ternak sapi kurban.

Seperti di Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Marpoyan Damai. Di tempat itu harga sapi kurban dijual dengan kisaran harga Rp 14-18 juta per ekor.

Seorang petugas ternak David menjelaskan, saat ini permintaan ternak sapi masih normal, yang mana transaksi ternak masih belum melonjak. "Kalau sapi bobot sekitar 150 kilogram berkisar Rp14,5 juta. Kalau sapi ukuran sedang bobot 300 berkisar Rp18 juta," ungkapnya.

Sumber: Riaupos.co

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Ekbis Terbaru
  • Ribuan Rumah Subsidi Tidak Dihuni, BTN Berikan Penjelasan
  • Launching Riau Creative Center, Siapa Saja Bisa Promosi Melalui Website Secara Gratis
  • Daftar Secara Online BPJS Ketenagakerjaan, Begini Caranya..
  • Harga Gas Elpiji Kg di Tarai Kampar Rp28 Ribu, Menumpuk di Bengkel Motor, Pangkalan Kosong
  • Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Tol Padang-Pekanbaru Minggu Depan
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • SMP Islam Plus JF Pekanbaru Antarkan Daging Kurban ke Rumah Warga

    PEKANBARU, datariau.com - Ada yang berbeda dengan sistem pendistribusian daging kurban di SMP Islam Plus Jannatul Firdaus Pekanbaru. Jika kebanyakan selama i

  • Sapi Kurban H Fatullah Seberat 1,35 Ton Disembelih Tarmizi Tohor

    PEKANBARU, datariau.com - Sapi terberat kedua di Indonesia dikurbankan oleh Anggota DPRD Kota Pekanbaru H Fatullah. Sapi ini seberat 1,35 ton. Sapi terberat

  • Kebanyakan Makan Daging, Segera Minum Jus Mangga

    DATARIAU.COM - Musim lebaran Idul Fitri, setiap rumah terdapat daging dan menu makanan pun rata-rata daging. Karena memang hari raya ini merupakan momen berb

  • Heboh, Kambing Lari ke Atap Rumah Warga Saat Akan Disembelih

    DATARIAU.COM - Seekor kambing kurban kabur saat akan disembelih dalam rangka perayaan Idul Adha.

    Kejadian itu terekam dalam video yang diung

  • Ternyata Ini Penyebab Sapi Kurban Mengamuk Sebelum Disembelih

    DATARIAU.COM - Penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1438 H ini diwarnai beragam insiden. Di berbagai daerah, hewan kurban yang hendak disembel

  • Bahaya, Ditemukan Cacing Hati di Hewan Kurban Kampar

    BANGKINANG, datariau.com - Puncak pemotongan hewan kurban di Kampar pada Perayaan Hari Raya Idul Adha, Sabtu (2/9/2017). Dinas Perkebunan, Peternakan dan Kes

  • Polresta Pekanbaru Sembelih Hewan Kurban di Mushalla Al Falah Asrama Polisi Pintu Angin

    PEKANBARU, datariau.com - Masih dalam suasana hari raya Idul Adha 1438 H tahun 2017, Polresta Pekanbaru melakukan kegiatan penyembelihan hewan kurban yang digelar di mu
  • KOMENTAR