Senin, 11 Des 2017 / 22 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Ekbis
  • Tak Hanya Ada di Istana Kepresidenan Saja, Kota Siak Juga Memiliki Taman Rusa

Tak Hanya Ada di Istana Kepresidenan Saja, Kota Siak Juga Memiliki Taman Rusa

Oleh: Hermansyah
Minggu, 13 Agu 2017 02:55
view: 1.042
Ist
Bupati Siak selepas shalat Jum'at berjemaah saat itu memberikan makanan Rusa.
SIAK, datariau.com - Hutan kota di Jalan Panglima Jimbam Kabupaten Siak Provinsi Riau, tidak hanya menawarkan kesejukan, namun juga membuat mata terpana dan sekilas teringat akan Istana Kepresidenan. Pasalnya, bagian dari hutan dalam kota itu ada Taman Rusa.
 
Di Taman Rusa ini para pengunjung diperbolehkan memberi makan kepada hewan bertanduk seperti akar di atas kepalanya ini, namun terlebih dahulu harus mendapat "restu" dari penjaganya. Sebab, bisa saja rusa merajuk ataupun makanan yang diberikan bukan makanan hewan yang dilindungi Negara itu.
 
Para pengunjungpun tak payah-payahlah membawa makanan untuk rusa karena di sana sang penjaga sudah menyediakannya, namun untuk mendapat moment memberi rusa makan pada jam-jam tertentu. Biasanya pagi, siang dan sore hari. Makanannya, daun ubi atau dedaunan ubi jalar alias keledik.
 
Di atas lahan empat haktare yang dikelilingi pagar besi itu, tidak hanya ada Rusa namun pada sore hari para pengunjung juga bisa bercanda gurau dengan Monyet atau Kera. Biasanya Kera baru turun dari pohon pada sore hari.
 
Seusai Shalat, Jum'at (11/8/2017), berjemaah, Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi, menyempatkan diri memberi makan rusa-rusa tersebut. "Sudah lama sayo tak memberi makan pada rusa-rusa ini," kata Syamsuar.
 
Sebelumnya, rusa-rusa itu berada di hutan dalam kediaman rumah dinas Bupati Siak dan berpagar. Namun, sekitar tiga bulan belakangan ini rusa tersebut dipindahkan ke Taman Rusa agar bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat.
 
Ketika Syamsuar di dampingi Wakil Bupati Siak Alfedri, memberi makan kepada rusa, hewan ini nampak mundur beberapa langkah. Pasalnya, sejumlah kepala dinas juga masuk beramai-ramai. "Mungkin rusanya takut," kata penjaga Taman Rusa yang biasa disapa Pak De.
 
Begitu hanya tinggal Syamsuar dan Alfedri di dalam pagar, rusa tersebut merapat dan begitu lahap memakan sayur-sayuran yang disodorkan Syamsuar.
 
Kadis Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Siak Ir Irving Kahar, menyebutkan bahwa sebelumnya ada 15 ekor rusa di Taman Rusa ini. Namun, karena sakit dua rusa lainnya mati.
 
Dengan adanya Taman Rusa ini, kata Syamsuar menimpali, menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong baik domestik maupun Manca Negara untuk datang ke Siak. Apalagi saat ini rusa sudah susah ditemukan jika tidak ke kebun binatang, itupun jumlahnya sedikit hanya dua atau tiga ekor rusa saja.
 
"Kalau di Siak kita tinggal datang ke Taman Rusa ini, rusanya pun besar-besar dan bertanduk. Ya, seperti rusa di Istana Kepresidenan lah," ucap Syamsuar.
 
Konon, Rusa bagi orang Melayu punya simbol tersendiri. Di sebut-sebut pada bagian haluan Lancang Kuning ada tanduk Rusa Emas. Terlepas dari itu semua, yang jelas Syamsuar berharap kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan Taman Rusa dan Taman Tengku Agung. Sehingga pelancong yang datang ke Siak merasa nyaman dan ingin kembali datang ke Negeri Istana itu.
 
Sebelum memberi makan kepada Rusa, di Taman Tengku Agung yang hanya berbatasan parit dengan Taman Rusa, Syamsuar menabur 2.500 bibit ikan nila di kolam teratai.
 
Harapan Syamsuar, ikan nila ini nantinya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong. Namun jangan dikail alias dipancing.
loading...
Editor: Hermansyah

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • HSP Pelalawan Gelar Rangkaian Seni, Sampena Peringatan Hari Anti Korupsi

    PANGKALANKERINCI, datariau.com - Sampena Peringatan Hari Anti Korupsi, Himpunan Seni Pelalawan (HSP) menggelar serangkaian

  • Ternyata Ini Penyebab Elpiji 3 Kg Langka di Desa Tarai Bangun Kampar

    TAMBANG, datariau.com - Kelangkaan gas elpiji subsidi di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang sekian lama terjadi membuat pemerintah des

  • Bertahun-tahun Tinggal di Gubuk, Ternyata Pemuda di Perawang Siak ini Banyak Menyimpan Karya Seni

    SIAK, datariau.com - Feri Fadly (24) salah seorang pemuda Kampung Perawang Barat yang tinggal di sebuah gubuk di pinggiran perumahan BTN Kopkar PT IKPP kilometer 9 Keca
  • Tampil Memukau, Lagu Sanggar Bathin Galang Bikin Hanyut Penonton di Bono Jazz Festival 2017

    PEKANBARU, datariau.com - Sanggar Bathin Galang sukses ikut andil memeriahkan acara musik Bono Jazz Fest

  • Jalin Silahturahmi, Dosker UIR dan Team Sepak Bolanya Kunjungi Mapolres Siak

    SIAK, datariau.com - Polres Siak kembali mendapatkan kunjungan dari Dosen Karyawan (Dosker) Univesitas Islam Riau (UIR), serta Team Sepak Bola Dosker UIR. Kunjungan
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg