Selasa, 12 Des 2017 / 23 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Ekbis
  • Waspada, Cabe Berformalin Beredar di Kota Pekanbaru

Waspada, Cabe Berformalin Beredar di Kota Pekanbaru

Selasa, 24 Jan 2017 14:08
view: 1.362
Ilustrasi

PEKANBARU, datariau.com - Diduga bagian dari modus pedagang tak bertangung jawab mengeruk untung besar, terjadi praktek pencampuran cabe dengan formaln. Tujuannya, agar komoditas bumbu dapur yang belakangan harganya sering melambung tersebut tahan lama dan bisa tetap dijual dengan harga tinggi.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Mas Irba Sulaiman mengaku, pihaknya memang sudah mendengar informasi tersebut, namun sejauh ini belum mendapatkan laporan resmi dari masyarakat. Meski demikian, ia berjanji akan melaporkan informasi tesebut pada atasannya untuk diambil langkah dan tindakan.

“Kami memang sudah pernah mendengar informasi tersebut, tapi laporan resmi belum ada. Meski demikian, kami berjanji akan menindaklanjuti informasi tersebut,” ujarnya, Selasa (24/1/2017).

Dikatakan Mas Ibra, sebenarnya yang paling berhak membuktikan kebenaran adanya cabe berformalin beredar di pasaran adalah Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), sebab yang diberi formalin adalah objeknya, yaitu pada cabe.

"Yang dikasih formlin objeknya, jadi ini tugas BPOM, tugas Disperindag terhadap ketersedian dan harga. Namun informasi ini kita terima, diteruskan ke pimpinan untuk melakukan pengawasan," ujarnya.

Irba menjelaskan, ciri-ciri cabe yang diberi formalin diantaranya tampak segar, mengkilat dan keras. Ia menghimbau masyarakat agar menjadi konsumen yang cerdas dan teliti ketika membeli.

"Bila masyarakat mememukan ciri cabe seperti itu, maka sebelum mengolahnya disirim menggunakan air panas. Kita imbau juga teliti dalam memberi barang, jangan tergiur karena harga," pungkasnya.

loading...
Editor: Adi

Sumber: Riauterkini.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • HSP Pelalawan Gelar Rangkaian Seni, Sampena Peringatan Hari Anti Korupsi

    PANGKALANKERINCI, datariau.com - Sampena Peringatan Hari Anti Korupsi, Himpunan Seni Pelalawan (HSP) menggelar serangkaian

  • Ternyata Ini Penyebab Elpiji 3 Kg Langka di Desa Tarai Bangun Kampar

    TAMBANG, datariau.com - Kelangkaan gas elpiji subsidi di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang sekian lama terjadi membuat pemerintah des

  • Bertahun-tahun Tinggal di Gubuk, Ternyata Pemuda di Perawang Siak ini Banyak Menyimpan Karya Seni

    SIAK, datariau.com - Feri Fadly (24) salah seorang pemuda Kampung Perawang Barat yang tinggal di sebuah gubuk di pinggiran perumahan BTN Kopkar PT IKPP kilometer 9 Keca
  • Tampil Memukau, Lagu Sanggar Bathin Galang Bikin Hanyut Penonton di Bono Jazz Festival 2017

    PEKANBARU, datariau.com - Sanggar Bathin Galang sukses ikut andil memeriahkan acara musik Bono Jazz Fest

  • Jalin Silahturahmi, Dosker UIR dan Team Sepak Bolanya Kunjungi Mapolres Siak

    SIAK, datariau.com - Polres Siak kembali mendapatkan kunjungan dari Dosen Karyawan (Dosker) Univesitas Islam Riau (UIR), serta Team Sepak Bola Dosker UIR. Kunjungan
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg