Selasa, 12 Des 2017 / 23 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Ekbis
  • Waspada dengan Buah yang Mengandung Formalin

Waspada dengan Buah yang Mengandung Formalin

Rabu, 07 Des 2016 09:40
view: 259
Ilustrasi

 

JAKARTA, datariau.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) melakukan uji lab buah untuk menjawab kekhawatiran masyarakat terhadap kesehatan komoditas buah lokal dan impor. Staf Penelitian YLKI, Eva Rosita menjelaskan, bahwa penelitian ini bersifat deskriptif dengan mengamati keberadaan buah lokal dan impor.
 
Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan untuk menghindari kerugian dan tetap menarik minat konsumen, pedagang buah eceran menggunakan berbagai cara agar buah terlihat segar. Salah satunya dengan menggunakan berbagai macam bahan kimia berbahaya.
 
"Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Badan Karantina Pertanian (2010), sebanyak 70% buah segar di pedagang eceran mengandung formalin. Ini dilakukan untuk membuat buah tahan lama dan tetap terlihat segar," papar Tulus Abadi, dilansir sindonews.com, Rabu (7/12/2016).
 
Sementara untuk jumlah konsumsi buah masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Data dari Kementerian Pertanian (Kementan) diketahui bahwa tingkat konsumsi buah masyarakat Indonesia hanya 34,55 kilo gram (kg) per kapita per tahun.
 
"Sedangkan rekomendasi dari Food and Agriculture Organization (FAO) seharusnya masyarakat Indinesia mengonsumsi buah sebesar 73 kg per kapita per tahun,” jelasnya.
 
Parahnya hal ini berbanding terbalik dengan jumlah konsumsi penyedap rasa. Di mana masyarakat Indonesia diketahui 77% lebih menyukai makanan siap saji, 53% makanan manis, 41% makanan berlemak dan 26% makanan asin. "Wajar kalau kemudian di Indonesia di dominasi oleh penyakit tidak menular," pungkasnya.
loading...
Editor: Riki

Sumber: Sindonews.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • HSP Pelalawan Gelar Rangkaian Seni, Sampena Peringatan Hari Anti Korupsi

    PANGKALANKERINCI, datariau.com - Sampena Peringatan Hari Anti Korupsi, Himpunan Seni Pelalawan (HSP) menggelar serangkaian

  • Ternyata Ini Penyebab Elpiji 3 Kg Langka di Desa Tarai Bangun Kampar

    TAMBANG, datariau.com - Kelangkaan gas elpiji subsidi di Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang sekian lama terjadi membuat pemerintah des

  • Bertahun-tahun Tinggal di Gubuk, Ternyata Pemuda di Perawang Siak ini Banyak Menyimpan Karya Seni

    SIAK, datariau.com - Feri Fadly (24) salah seorang pemuda Kampung Perawang Barat yang tinggal di sebuah gubuk di pinggiran perumahan BTN Kopkar PT IKPP kilometer 9 Keca
  • Tampil Memukau, Lagu Sanggar Bathin Galang Bikin Hanyut Penonton di Bono Jazz Festival 2017

    PEKANBARU, datariau.com - Sanggar Bathin Galang sukses ikut andil memeriahkan acara musik Bono Jazz Fest

  • Jalin Silahturahmi, Dosker UIR dan Team Sepak Bolanya Kunjungi Mapolres Siak

    SIAK, datariau.com - Polres Siak kembali mendapatkan kunjungan dari Dosen Karyawan (Dosker) Univesitas Islam Riau (UIR), serta Team Sepak Bola Dosker UIR. Kunjungan
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg