Kamis, 27 Apr 2017 / 30 Rejab 1438
Senin, 17 Okt 2016 22:38

80 Anggota PMR SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru Dikukuhkan

Perjalanan menuju lokasi pengukuhan yakni di Kebun Binatang Kasang Kulim Jalan Kubang Raya Riau.

PEKANBARU, datariau.com - Sebanyak 80 anggota Palang Merah Remaja (PMR) SMK Farmasi (SMKF) Ikasari Pekanbaru, Sabtu dan Ahad (3-4/9/2016) telah dikukuhkan. Acara berlangsung di dua tempat, yakni pada hari Sabtu diadakan di sekolah dan Ahad diadakan di Kebun Binatang Kasang Kulim.

Pelatih dari PMI Kota Pekanbaru, Firman mengatakan, Palang Merah Remaja (PMR) adalah suatu organisasi kepemudaan binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dan lainnya).

"Dimana bertujuan memberitahukan pengetahuan dasar kepada siswa sekolah dalam bidang yang berhubungan dengan kegiatan kemanusiaan. Untuk mendirikan atau menjadi anggota palang merah remaja di sekolah, harus diadakan Pendidikan dan Pelatihan Diklat untuk lebih mengenal apa itu sebenarnya PMR dan sejarahnya," ujar Firman.

Menurut Firman, pada diklat ini para peserta juga mendapatkan sertifikat dari PMI. Dan baru dianggap resmi menjadi anggota palang merah apabila sudah mengikuti seluruh kegiatan yang diadakan oleh palang merah remaja di sekolah.

Pada kegiatan siang hari lanjutnya, lebih banyak diadakan kegiatan pemberian materi. Seperti, materi kepalangmerahan, pertolongan pertama, remaja sehat peduli sesama (RSPS), ayo siaga bencana (ASB), materi donor dara, materi kepemimpinan dan dinamika kelompok serta out bound.

"Sementara kegiatan malamnya ada acara inti pengukuhan, api unggun dan jurit malam. Alhamdulillah, Diklat SAR PMR di SMKF Ikasari merupakan kegiatan pertama yang kita buat di luar sekolah. Memang ada sedikit kendala di lapangan, namun secara keseluruhan berjalan sukses," tambahnya.

Sementara, Pembina PMR SMKF Ikasari, Susan Safitri SFarm Apt menjelaskan, minat siswa memang lebih banyak di PMR. Ini dikarenakan sekolah bergerak di bidang kesehatan.

"Selain itu, juga bersinergi di UKS, siswa kita juga banyak perempuan, dan kegiatan PMR bukan hanya ekskul tapi bisa diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari," ungkapnya.

Susan juga menambahkan, PMR SMKF Ikasari salah satu ekskul yang sudah banyak mengikuti perlombaan dan berhasil keluar sebagai juara. "Terakhir, lomba yang diselenggarakan oleh UIN SUSKA beberapa waktu lalu, PMR kita berhasil juara 2 pada kategori pertolongan pertama untuk tingkat SLTA sederajat dan SLTP sederajat Provinsi Riau," tambah Susan.

Susan berharap, PMR SMKF Ikasari kedepannya bisa lebih eksis dan berprestasi lebih baik lagi. "Kita berharap PMR kita tetap eksis dan mampu meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi. Baik di tingkat Provinsi maupun Nasional dan mampu menjadi tuan rumah pada ivent-ivent terkait," harapnya.

Narasi & Foto: Ade Lestari

  •  
    Upacara pembukaan bersama Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Pelatih, Pembina, dan Fasilitator.
  •  
    Pembukaan oleh Kepala Sekolah.
  •  
    Peserta pengukuhan Kelas X.
  •  
    Foto bersama dengan Anak Kelas XI.
  •  
    Kegiatan penutupan pada tanggal 4 September 2016.
  • PERMASI