Rabu, 29 Mar 2017 / 1 Rejab 1438
Minggu, 25 Sep 2016 06:40

Kepala SMK Farmasi Ikasari Kukuhkan Pengurus OSIS 2016-2017

Pelaksanaan kegiatan api unggun.

PEKANBARU, datariau.com - Kepala SMK Farmasi (SMKF) Ikasari Pekanbaru Syahrullah Jadid MPd, mengukuhkan pengurus OSIS periode 2016-2017, Sabtu (24/9/2016) di lapangan upacara. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) tersebut berlangsung selama dua hari, yakni 24-25 September 2016.

Acara itu juga disaksikan oleh majelis guru dan staff tata usaha serta seluruh siswa/i SMKF Ikasari.

Kepala SMKF Ikasari Syahrullah Jadid mengatakan, bahwa pelantikan atau pengukuhan ini bukanlah sebuah acara seremonial belaka, akan tetapi dijadikan sebuah balutan sumpah yang menjadikan diri para siswa sebagai pengurus OSIS yang bertanggung jawab. Sebab, dalam menjalankan organisasi tidaklah mudah.

"Sebagai pengurus OSIS yang baru, kalian harus tekun belajar dan proaktif dalam berbagai kegiatan, bekerjalah sebagai pengurus OSIS yang kuat dan mencintai ilmu, berkoordinasi dengan baik," kata Syahrul.

Menurut Syahrul, pengurus OSIS periode 2016-2017 ini diminta untuk merencanakan dan membuat program kerja selama 1 tahun kedepan. Sehingga dengan adanya rencana dan program yang dibuat dari awal bisa berjalan dengan semestinya.

"Yang penting jelas rincian dan tujuannya serta bermanfaat untuk semua terutama demi kemajuan sekolah," ungkapnya.

Sementara, pembina OSIS SMKF Ikasari, Sumetri Elona SPd mengatakan, proses pembentukan OSIS yang baru ini diawali dengan pemilihan Ketua MPK secara demokrasi.

"Setelah terbentuk Ketua MPK dan pengurus MPK, mulai menjaring kandidat bakal calon Ketua OSIS dan pengurusnya melalui info ke kelas-kelas. Setelah usulan kandidat dilaksanakan, dapatlah calon Ketua OSIS lengkap dengan timnya," ujar Elon.

Elon menambahkan, kegiatan diawali dengan pemberian materi berupa materi tentang leadership (kepemimpinan), sejarah SMKF Ikasari dan peraturan sekolah. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan pada malam hari, seperti latihan mental dan api unggun.

"Menjadi pengurus OSIS, merupakan salah satu pembelajaran mental, melatih diri untuk menjadi sosok pemimpin yang bertanggung jawab. Menanamkan jiwa sosial, karena kelak dikemudian hari para pelajar akan membutuhkan hal tersebut," tambahnya.

Lebih jauh Elon menjelaskan, dalam pengurusan OSIS yang baru ini, terpilih sebagai Ketua Feri Fernando, Wakil Ketua I Duta Nugraha, Wakil Ketua II Febrianto, Sekretaris I Yurizka Putri, Sekretaris II Annisa Rahmadilla, Bendahara I Nurvani, Bendahara II Amienah Humaira.

Ketua OSIS SMKF Ikasari, Feri Fernando menyampaikan, meskipun masih baru, namun saat ini OSIS sudah melaksanakan beberapa kegiatan. Diantaranya, peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriyah yang dilaksanakan Sabtu (8/10/2016) lalu di Mushalla SMKF Ikasari.

"Pada peringatan tahun baru Islam kemarin, kita (OSIS) mengadakan tiga macam perlombaan. Seperti, lomba pidato, shalawat dan hafis Al-Quran. Selain itu, kita juga melakukan kegiatan pengumpulan dana bagi warga sekolah khususnya yang mendapat musibah," ujar Feri.

Narasi & Foto: Ade Lestari

  •  
    Kegiatan makan bersama.
  •  
    Kegiatan Anggota OSIS SMKF Ikasari.
  •  
    Foto bersama di malam pegukuhan di depan api unggun.
  •  
    Malam pengukuhan dengan dibarengi dengan api unggun.
  •  
    Kegiatan memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah.
  • PERMASI