Jumat, 22 Jun 2018 / 8 Syawal 1439

Galeri Foto Kegiatan DPRD Pekanbaru

Pansus DPRD Pekanbaru Rapat dengan Disnaker dan Tim Ahli

Senin, 05 Feb 2018 16:56
view: 1.171
Ketua Pansus Naker, H Herwan Nasri ST saat memimpin rapat.

PEKANBARU, datariau.com - Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Pekanbaru yang membahas penempatan Tenaga Kerja (Naker) dan Bantuan Hukum bagi masyarakat tidak mampu menggelar hearing dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru dan tim ahli, Senin (5/2/2018).

Pansus yang diketuai oleh Herwan Nasri itu melakukan pembahasan dari tindaklanjut DPRD melalui Kementerian di Jakarta.

Ketua Pansus Herwan Nasri mengatakan, adapun tujuan dari pembentukan Ranperda Tenaga Kerja Lokal yakni melindungi keberadaan tenaga kerja loKal dan hak-hak yang mereka dapat sehingga kedepan ada landasan serta payung hukum yang berlaku.

“Selama ini banyak kasus di kota Pekanbaru mengenai perusahaan-perusahaan skala nasional yang kurang memperkerjakan tenaga kerja lokal,” kata Herwan kepada wartawan usai rapat.
 
Selain itu, lanjutnya, tentang hak mereka, Ranperda penempatan Naker Lokal juga akan memprioritaskan tentang hak warga penyandang disabilitas sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016.

“Semua perusahaan wajib menampung minimal 1 persen pekerja disabilitas untuk karyawan mereka. Untuk produk hukum akan kita atur dahulu apabila perusahaan melanggar perda tersebut. Jika nantinya sudah disahkan, pemko dan DPRD bisa mengawal ini," terangnya.

Untuk ranperda bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu, kata Herwan, merupakan produk baru. Pihaknya berharap dengan adanya Ranperda ini, dapat mengakomodir masyarakat kalangan bawah terutama yang bersentuhan dengan persoalan hukum termasuk beban yang dianggarkan melalui APBD Pekanbaru.
 
“Biaya akan dibebankan ke pemerintah nantinya diatur di dalam perda. Kasus seperti apa dan maksimal angka bayarnya. Untuk bocoran salah satu syaratnya yakni memiliki surat keterangan miskin," pungkasnya.

  •  
    Tampat para rombongan Disnaker saat rapat bersama Pansus DPRD Kota Pekanbaru membahas Ranperda Naker Lokal dan Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin.
  •  
    Ketua Pansus Herwan Nasri memimpin rapat dengan Disnaker Pekanbaru dan tim ahli membahas Ranperda Naker Lokal dan Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin.
  •  
    Suasana rapat dengar pendapat Pansus DPRD Pekanbaru dengan Disnaker dan Tim Ahli membahas mengenai Ranperda Naker dan Bantuan Hukum masyarakat miskin.