Rabu, 29 Mar 2017 / 1 Rejab 1438
Senin, 03 Okt 2016 12:43

SMK Farmasi Kukuhkan Penegak dan Penegak BANTARA

Anggota Pramuka SMKF Ikasari foto bersama kakak Pembina di sela-sela acara.

PEKANBARU, datariau.com - SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru Yayasan Universitas Riau mengadakan perkemahan dalam rangka pelantikan penegak BANTARA. Perkemahan ini diadakan pada tanggal 01-02 Oktober 2016 yang bertempat di Bumi Perkemahan di Desa Jaring, Teratak Buluh.

Pembina Pramuka SMKF Ikasari, Astri Dewi Putri menyampaikan, pada tanggal 01 Oktober 2016 seluruh anggota Pramuka sampai di Bumi Perkemahan Desa Jaring, Teratak Buluh. Sesampainya di Bumi Perkemahan seluruh anggota melakukan pembersihan, membangun tenda, dan lainnya.

"Setelah semua selesai kita langsung mengadakan Upacara Pembukaan, dan dilanjutkan dengan pembekalan materi bagi Calon Penegak dan calon Penegak BANTARA yang diberikan oleh kakak-kakak pelatih PRAMUKA dari luar dan kakak Pembina," ujar Astri.

Acara selanjutnya, lanjut Astri, ada praktek lapangan seperti Pasukan Baris Berbaris (PBB), Semaphore dan pionering. "Semua kegiatan tersebut kita lombakan. Pada malam harinya, diadakan upacara api unggun dan dilanjutkan dengan renungan dan upacara pelantikan," lanjutnya.

Lebih jauh Astri menambahkan, hari kedua pada tanggal 02 Oktober 2016, pagi harinya, seluruh anggota Pramuka usai sarapan pagi, anggota Pramuka melakukan senam pagi, kemudian dilanjutkan dengan upacara penutupan yang diikuti oleh seluruh anggota Pramuka.

"Setelah Upacara selesai, dilakukan pembongkaran tenda dan pembersihan area Bumi Perkemahan Desa Jaring, Teratak Buluh. Setelah melakukan persembahyangan bersama, seluruh anggota Pramuka kembali ke SMKF Ikasari," ungkap Astri.

Sementara Kepala SMKF IKasari Pekanbaru Syahrullah Jadid MPd mengatakan, melalui ekskul Pramuka ini siswa bisa bejalar bagaimana berorganisasi. "Kami dari sekolah memberikan dukungan dan arahan. Semoga Pramuka di SMK Farmasi Ikasari dapat berjalan dengan baik dan sukses," kata Syahrul.

Lebih jauh, Syahrul menyarankan agar anggota Pramuka dapat membuat rencana atau program berupa kegiatan-kegiatan positif. Seperti perlombaan dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

Di tempat yang sama Waka Kesiswaan SMKF Ikasari, Sumetri Elona SPd yang juga merupakan Ketua Pembina Harian Gugus Depan (KAMABIGUS) Gudep K.P.08045-08046, menambahkan, jika ekskul Pramuka sangat diminati oleh siswa perempuan.

"Dapat dilihat dari anggota Pramuka yang mengikuti Perkemahan Sabtu-Minggu (PERSAMI) kemarin, didominasi oleh siswa perempuan. Yaitu, satu orang anggota putra dan 13 orang anggota putrinya," jelas Elon panggilan akrab Sumetri Elona.

Tentu diharapkan, lanjutnya, dengan kegiatan ini, penegak dapat lebih mandiri untuk membina dirinya menjadi lebih dewasa untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan menumbuhkan rasa kebeersamaan.

"Memang suatu keharusan bagi seluruh anggota Pramuka, baik yang baru maupun yang lama untuk naik tingkat. Semoga, anggota Pramuka SMKF Ikasari dapat mengikuti event-event atau perlombaan yang diadakan oleh organisasi di luar sekolah," harapnya.

  •  
    Praktek PBB.
  •  
    Para anggota Pramuka SMKF Ikasari melakukan foto bersama saat jal istirahat.
  •  
    Para calon Penegak dan Penegak BANTARA saat melakukan kegiatan fisik.
  •  
    Proses upacara api unggun.
  •  
    Suasana makan malam bersama.
  • PERMASI