Kamis, 24 Agu 2017 / 1 Zulhijjah 1438
  • Home
  • Hukrim
  • 130 Tahanan Sialang Bungkuk Pekanbaru Masih Berkeliaran, Kakanwil Angkat Tangan?

130 Tahanan Sialang Bungkuk Pekanbaru Masih Berkeliaran, Kakanwil Angkat Tangan?

Minggu, 13 Agu 2017 06:46
view: 1295

PEKANBARU, datariau.com - Ratusan warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sialang Bungkuk hingga kini masih berkeliaran di luar usai kabur secara bersama-sama, awal Mei 2017 silam, belum juga berhasil ditangkap seluruhnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Hukum dan HAM), Dewa Putu Gede, mengatakan, pihaknya masih akan terus mengupayakan pencarian tahanan yang kabur. Ia mengakui untuk menemukan keberadaan tahanan tersebut sulit karena waktu sudah terlalu lama.

"Hingga hari ini masih ada 130 warga binaan masih belum tertangkap. Ini waktunya memang sudah lama. Artinya muka (wajah) pasti sudah berubah ditambah tentunya kendala sudah keluar wilayah," kata Dewa Putu Gede, Kamis, 10 Agustus 2017, di kantornya.

Apalagi, tuturnya, Kemenkumham Riau memiliki keterbatasan-keterbatasan mereka sendiri belum bisa menanganinya. Seperti, kurangnya personil ditambah biaya tak sedikit mencari keberadaan mereka.

Untuk itu, kata Putu, koordinasi tepat dengan Kepolisian masih terus diupayakan. Dengan harapan, seluruh warga binaan yang masih berkeliaran kembali ke Rutan Sialang Bungkuk.

"Langkah bisa kami lakukan ialah tetap melakukan koordinasi. Kemarin Kapolri sudah memerintahkan jajarannya untuk koordinasikan hal ini. Diluar dari ini, paling pokok ialah mereka ini sudah berada di luar wilayah," katanya kecewa.

Sebelumnya, 473 warga binaan di Lapas ini berhasil kabur dari Rutan Sialang Bungkuk, Jumat, 5 Mei 2017. Aksi ini dipicu tindakan semena-mena dan buruknya pelayanan di rutan ini. Ditambah lagi pungli semakin merajalela.

Sumber: Riauonline.co.id

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Begini Cara Warga Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Meriahkan HUT RI Ke-72

    PEKANBARU, datariau.com - Sejumlah kegiatan dilakukan warga binaan di rumah tahanan (rutan) Kelas IIB Sialang Bungkuk, Pekanbaru untuk memeriahkan peringatan

  • 130 Tahanan Sialang Bungkuk Pekanbaru Masih Berkeliaran, Kakanwil Angkat Tangan?

    PEKANBARU, datariau.com - Ratusan warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sialang Bungkuk hingga kini masih berkeliaran di luar usai kabur sec

  • Delapan Oknum Polisi Kampar Diproses Propam, Terkait Tahanan Meninggal Dunia

    PEKANBARU, datariau.com - Seorang tahanan di Kepolisian Resor Kampar atas nama Andri Irawan (20) meninggal dan jasadnya diserahkan pihak kepolisian kepada ke

  • Begini Cerita Perjalanan Kaburnya Seorang Tahanan Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru yang Kembali Menyerahkan Diri

    PEKANBARU, datariau.com - Salah seorang tahanan Rutan Sialang Bungkuk Kota Pekanbaru yang kabur dalam insiden Jumat 5 Mei 2017 silam, kembali berhasil ditang

  • Tahanan Melawan, Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru Kembali Mencekam

    PEKANBARU, datariau.com - Insiden kerusuhan terjadi lagi di Rumah Tahanan Klas IIB Sialang Bungkuk, Kota Pekanbaru, akibat tahanan menolak untuk dipindahkan.

  • Seorang Wanita Ketahuan Antarkan Roti Berisi Shabu ke Rutan Kelas IIA Bengkalis

    BENGKALIS, datariau.com - Peredaran narkoba di dalam Rutan sepertinya tetap saja marak terjadi. Setelah terjadi di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru kemarin terungkap
  • Terbongkar, Shabu Dalam Roti Diselundupkan ke Dalam Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru

    PEKANBARU, datariau.com - Belum lagi hilang dari ingatan peristiwa kaburnya ratusan napi di Rutan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya pada Mei silam, nap

  • KOMENTAR