Sabtu, 20 Jan 2018 / 3 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Hukrim
  • Ditipu Travel Umroh, Segera Lapor Polisi, Begini Caranya..

Ditipu Travel Umroh, Segera Lapor Polisi, Begini Caranya..

Oleh: Heri
Kamis, 11 Jan 2018 23:22
view: 636
Foto: Internet
ILUSTRASI.

RENGAT, datariau.com - Kapolres Indragiri Hulu AKBP Arif Bastari Sik MH mengimbau kepada semua lapisan masyarakat sebagai korban penipuan travel penyelenggara umroh untuk melapor. Hal ini dalam rangka untuk memudahkan proses penyidikan yang saat ini telah dilakukan oleh Polda Riau.

Selain itu juga, sebagai langkah antisipasi bagi masyarakat lainnya yang ingin melaksanakan ibadah umroh agar tetap waspada dan cermat memilih travel penyelenggara umroh.

“Jangan malu melapor dan melapor ke Polres tidak dipungut biaya,” ujar Kapolres Inhu AKBP Arif Bastari Sik MH yang disampaikan oleh Paur Humas Polres Inhu Ipda Juraidi, Kamis (11/1/2017).

Menurutnya, imbauan ini disampaikan agar masyarakat yang mengalami penipuan dan merasa dirugikan dapat terbantu dalam penanganan proses hukumnya. Karena setiap proses penyidikan yang dilakukan Polisi membutuhkan katerangan sejumlah pihak sebagai saksi terutama dari korban.

Dengan harapan, melalui keterangan yang disampaikan masyarakat sebagai korban penipuan tersebut dapat menjadikan proses penyidikan lebih terang benderang.

“Korban penipuan yang dilakukan salah satu travel penyelenggaran umroh itu diduga tersebar disejumlah wilayah, dikhawatirkan juga terdapat di Kabupaten Inhu,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Inhu Drs H Abdul Karim menyambut baik atas langkah yang dilakukan Polres Inhu.

“Dengan harapan melalui imbauan yang dilakukan Polres Inhu, masyarakat merasa terbantu khususnya bagi korban penipuan travel penyelenggara umroh,” ujarnya.

Memang sebutnya, sejauh ini belum ada terpantau oleh pihaknya warga Kabupaten Inhu yang menjadi korban penipuan travel penyelenggara umroh. Namun demikian, pihaknya dalam waktu dekat ini tetap akan memindak lanjuti dengan menyampaikan surat kepada masing-masing Kantor Urusan Agama (KUA) terkait hal tersebut dan imbauan untuk berhati-hati memilih travel umroh.

Karena bagi warga yang ingin menyelenggarakan ibadah umroh, saat ini sudah ada travel penyelenggara umroh resmi yang terdaftar di Kantor Kanwil Kemenag.

“Hendaknya warga tidak terpangaruh oleh iming-iming dan bonus dari travel penyelenggaran umroh tetapi lebih memperhatikan keabsahan dan legalitas travel penyelenggara umroh tersebut,” harapnya.

Editor: Angga

Sumber: Datariau.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • 3 Pria Dan 1 Wanita Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kembali Diringkus Polisi Inhil

    TEMBILAHAN, Datariau.com - Polres Inhil Berhasil Amankan 4 orang pria terduga pelaku narkotika jenis sabu - sabu, Jumat (19/1/18).

    Keempat oran
  • Terlibat Pungli, Kadis PUPR Pekanbaru Dituntut 1,5 Tahun Penjara

    PEKANBARU, datariau.com - Mantan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pekanbaru, Zulkifli Harun, dituntut hukuman penjara selama 1

  • Dua Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kembali Diringkus Satres Narkoba Polres Siak

    SIAK, datariau.com - Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak kembali berhasil meringkus dua orang terduga pelaku penyalahgunaan Narkotika jenis sabu-sabu, Selasa (16/01/2
  • Bermaskud Bantu Istri Cuci Pakaian, Pria karyawan PT. STI Tewas tersengat arus listrik

    TEMBILAHAN, datariau.com - Bermaksud membantu istri mencuci pakaian, Darlin (46) seorang karyawan PT STI, warga Perumahan PT STI Parit XII Desa Air Tawar Kec

  • Sidang GBD Inhu, Penggugat Mendapat Angin Segar

    PEKANBARU, datariau.com - Perkara gugatan Guru Bantu Daerah (GBD) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang sedang proses sidang di Pengadialan Tata Usaha Nega

  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto