Senin, 22 Jan 2018 / 5 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Hukrim
  • Empat Orang Membawa 12,9 Ton Premium Selundupan Ditangkap Polisi di Rohul

Empat Orang Membawa 12,9 Ton Premium Selundupan Ditangkap Polisi di Rohul

Kamis, 04 Jan 2018 15:40
view: 858
Tim Opsnal Polres Rohul berhasil menyita barang bukti BBM, terdiri 12,9 ton BBM jenis Premium subsidi, 150 liter BBM jenis Pertalite, serta 5 mobil pengangkut BBM terdiri 2 Colt Diesel dan 3 pick up L300. (foto: riauterkini.com)

PASIRPANGARAIAN, datariau.com - Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, dimanfaatkan segelintir orang untuk mencari keuntungan.

Modusnya, para pelaku membeli BBM subsidi dengan harga sesuai aturan pemerintah di Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) dan menjual lebih mahal di masyarakat.‎

Untuk mendapatkan keuntungan besar, para oknum bahkan menyeludupkan BBM subsidi ke daerah-daerah yang memang sulit mendapatkan BBM.

Belum lama ini, Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Rohul berhasil menggagalkan penyelundupan BBM subsidi dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ke Kecamatan Tambusai dan Tambusai Utara, Kabupaten Rohul.

Pada pengungkapan membutuhkan waktu lama tersebut, Tim Opsnal Satuan Reskrim Polres Rohul mengamankan sedikitnya 4 terduga pelaku penyelundup BBM dari Kabupaten Padang Lawas, Sumut, yaitu berinisial SLM, RG, EK, dan seorang perempuan berinisial NRL.

Selain menciduk 4 terduga pelaku, Tim Opsnal Polres Rohul berhasil menyita barang bukti BBM, terdiri 12,9 ton BBM jenis Premium subsidi, 150 liter BBM jenis Pertalite, serta 5 mobil pengangkut BBM terdiri 2 Colt Diesel dan 3 pick up L300.

Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH melalui Kasat Reskrim Polres Rohul AKP Harry Avianto SIK mengatakan, pengungkapan penyelundupan BBM subsisdi berawal informasi masyarakat tentang kelangkaan atau sulitnya mendapat BBM di hampir seluruh SPBU di Kabupaten Rohul, terutama di Kecamatan Tambusai dan Tambusai Utara.

Meski di dua Kecamatan ini ada dua SPBU, yakni SPBU Talikumain Kecamatan Tambusai dan SPBU Rantau Kasai Kecamatan Tambusai Utara, namun masyarakat sulit mendapatkan BBM subsidi.

Berdasarkan informasi masyarakat ke polisi, BBM subsidi di dua kecamatan tersebut hanya bisa didapat dari pengecer berasal dari luar Kabupaten Rohul, dengan harga berkisar Rp 8 ribu hingga Rp 9 ribu per liter.

Menerima keluhan masyarakat tersebut, Satuan Reskrim Polres Rohul langsung bergerak dan melakukan penyelidikan guna mengungkap siapa dalang yang memanfaatkan kelangkaan BBM subsidi untuk mencari keuntungan.

Saat penyelidikan, Tim Opsnal Polres Rohul mendapat informasi ada oknum dari Padang Lawas, Sumut, yang memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan, dan menjual BBM subsidi dengan harga di atas ketetapan pemerintah.

Beranjak dari keluhan masyarakat dan fakta di lapangan, pada Jumat (22/12/2017), Tim Opsnal Polres Rohul melakukan pengintaian di kawasan Kecamatan Tambusai yang menjadi lintasan para oknum mengangkut BBM‎.

Setelah dilakukan pengintaian sekira 10 jam, mobil pengangkut BBM dimaksud melintas dan langsung dicegat anggota Tim Opsnal Polres Rohul.

"Kita berhasil mengamankan empat tersangka. Kita juga sita BBM jenis Premium 12,9 ton, 150 liter Pertalite, serta lima unit mobil pengangkut BBM di antaranya dua Colt Diesel dan 3 pick up L300," jelas AKP Harry, Kamis (4/1/2018).

AKP Harry menerangkan dari pengakuan 4 pelaku, BBM didapat terduga pelaku dari salah satu SPBU di Kecamatan Ujungbatu Sosa, Padang Lawas, Sumut. Rencananya, BBM akan dijual ke kawasan Kecamatan Tambusai dan Tambusai Utara, Kabupaten Rohul, Riau.

Atas perbuatannya, tambah AKP Harry, 4 pelaku terancam dijerat Pasal 53 huruf (b) dan atau huruf (d) Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi atau Migas.

"Saat ini ke empat pelaku dan barang bukti sudah kita amankan di Mapolres Rokan Hulu guna proses lebih lanjut," tandas AKP Harry.

Editor: Angga

Sumber: Riauterkini.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Tujuh Sopir Taksi Online Ditangkap Polisi

    JAKARTA, datariau.com - Tujuh sopir taksi online ditangkap polisi. Mereka mencurangi order atau pemesanan pada sistem elektronik aplikasi Grab Car di Makassa

  • Dua Tahanan Kedapatan Nyabu dalam Sel PN Pekanbaru Saat Nunggu Sidang

    PEKANBARU, datariau.com - Dua orang tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru kedapatan mengonsumsi sabu-sabu dalam sel tahanan di Pengadilan Negeri (PN) P

  • Suami Istri Oknum Polisi di Pekanbaru Ini Terciduk Simpan Sabu dan Ekstasi di Rumahnya

    PEKANBARU, datariau.com - Institusi Polri di Pekanbaru lagi-lagi harus tercoreng akibat ulah salah satu oknum polisi berinisial DA yang terjerat tindak pidan

  • Diduga Edarkan Sabu, 3 Pemuda Inhil Diringkus Polisi Inhil DiKecamatan Enok

    TEMBILAHAN, Datariau.com - Tiga orang warga Desa Pengalihan Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir, diamankan Sat Res Narkoba Polres Indragi

  • Memiliki Narkotika Diringkus Polisi Inhil Dirumahnya Dikecamatan Reteh

    TEMBILAHAN, Datariau.com -  Warga Parit 1 Kelurahan Pulau Kijang Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir, diamankan Unit Opsnal Polsek Reteh, karena memiliki nar
  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto