Jumat, 15 Des 2017 / 26 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Hukrim
  • Menghina Wanita Bercadar, Kepala Dinas Dipecat Walikota

Menghina Wanita Bercadar, Kepala Dinas Dipecat Walikota

Senin, 13 Nov 2017 22:57
view: 1.754
SULUT, datariau.com - Seorang pegawai di lingkungan Pemerintahan Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara, melaporkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Alex Saranaung ke polisi, karena menghina busana yang dikenakannya saat bekerja.
 
Pegawai tersebut bernama Yumi Antuala, dia terpaksa melaporkan Alex ke Polres Bolaang Mongondow, karena kecewa busana muslim yang dikenakannya disebut mirip makhluk halus.
 
"Atasan saya menghina pakaian muslim yang saya gunakan seperti kuntilanak," kata Yumi, Jumat, 10 November 2017.
 
Menurut Yumi, penghinaan itu dilontarkan Alex saat berlangsung pengecekan pegawai di apel pagi pada Rabu, 8 November 2017. Yumi mengaku ketika itu mengenakan hijab dan cadar.
 
"Nama saya dipangil, lalu saya mengangkat tangan, tapi tiba-tiba dihina. Saya menangis," katanya.
 
Sementara itu, terkait hal ini, Alex mengaku khilaf telah melontarkan kata-kata yang membuat Yumi terhina.
 
Selain itu, Alex meminta maaf kepada Yumi dan Umat Muslim. Atas apa yang telah dilakukannya ini, Alex mengaku akan mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Kotamobagu. "Saya minta maaf karena khilaf," kata Alex.
 
Dipecat
 
Walikota Kotamobagu Sulawesi Utara Tatong Bara akhirnya mencopot jabatan Alex Saranaung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup di instansinya atas ulahnya melakukan penghinaan terhadap pakaian muslim seorang stafnya.
 
"Dia melanggar etika kepegawaian. Jadi saya copot jabatannya buat menghadapi proses hukumnya," ujar Tatong, Jumat, 10 November 2017.
 
Penghinaan yang dilakukan Alex Saranaung sebelumnya terjadi pada Rabu, 8 November 2017, ketika ada apel pagi di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kotamobagu Sulawesi Utara.
 
Saat itu, Alex yang menjadi pembina upacara sedang melakukan pengecekan kepada seluruh stafnya yang hadir dalam apel.
 
Ia pun memanggil salah satu nama stafnya yang bernama Yumi Antuala. Ketika itu, Yumi yang berhijab sedang mengenakan cadar langsung mengangkat tangannya sebagai tanda kehadirannya.
 
Namun Alex yang melihat penampilan Yumi langsung mencercanya dengan sebutan bahwa tampilan Yumi seperti Kuntilanak dan sejumlah kata penghinaan lainnya.
 
Atas itulah, Yumi pun melaporkan Alex ke Polres Bolaang Mongondow. Meski kemudian belakangan Alex meminta maaf, namun proses hukum masih tetap berjalan.
 
 

loading...
Editor: Riki

Sumber: Viva.co.id

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Korupsi ADD, Mantan Kades di Rohil Divonis 4 Tahun Penjara

    PEKANBARU, datariau.com - Jumadi (49), mantan Penghulu (Kepala Desa-red) Labuhan Tangga Kecil Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), pasrah begitu d

  • Dalam Sehari, Polres Kampar Ciduk 5 Pelaku Narkoba, 2 Diantaranya Wanita

    KAMPAR, datariau.com - Tim Opsnal SatRes Narkoba Polres Kampar kembali membuat gebrakan dengan menangkap 5 tersangka Kasus Narkoba dalam satu hari pada Selasa (12/12
  • Terdakwa Kasus 40 Kg Sabu dan Ribuan Pil Ekstasi Divonis Hukuman Mati di PN Siak

    SIAK, datariau.com - Berakhir sudah nasib Zulfadli dan Aldino, terdakwa kasus 40 kilogram sabu dan ribuan butir pil ekstasi, hari ini diputus Pengadilan Negeri (PN) Sia
  • Sabu 10 Kg Diamankan Dari Dua Pria di Siak Kecil Bengkalis

    BENGKALIS, datariau.com - Pada hari ini Rabu tanggal 13 Desember 2017 sekira pukul 01.00 wib telah dilakukan penangkapan terhadap 2 orang diduga pelaku tindak pidana
  • Satu Lagi, Pengedar Narkoba Diringkus Polres Kampar

    BANGKINANG, datariau.com - Tim Opsnal SatRes Narkoba Polres Kampar kembali melakukan penangkapan terhadap seorang pengedar Narkotika jenis shabu di sebuah ru

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg