Kamis, 18 Jan 2018 / 1 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Hukrim
  • PN Pekanbaru Vonis Hukum Mati 3 Pemilik 5 Kg Shabu dan Ribuan Pil Ekstasi

Empat Orang Lainnya Vonis Penjara

PN Pekanbaru Vonis Hukum Mati 3 Pemilik 5 Kg Shabu dan Ribuan Pil Ekstasi

Kamis, 02 Nov 2017 19:36
view: 1.533

PEKANBARU, datariau.com - Nasib tujuh orang anggota jaringan narkotika dan obat obat (Narkoba), lintas negara asal Malaysia yang sebelumnya dituntut hukuman mati dan seumur hidup oleh jaksa, akhirnya ditentukan majelis hakim.

Semula, hanya dua terdakwa yang dituntut hukuman mati. Namun saat pembacaan vonis, hakim menambah seorang lagi. Sedangkan empat terdakwa yang sebelumnya dituntut hukuman seumur hidup, divonis menjadi hukuman kurungan penjara.

Berdasarkan amar putusan majelis yang diketuai Sorta Ria Neva SH, Toni Irfan SH dan Abdul Aziz SH pada sidang di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Kamis (2/11/2017) sore tersebut, terdakwa Suripto alias Sukien dengan majelis hakim yang diketuai Sorta Ria Neva dijatuhi hukuman mati.

Sedangkan terdakwa Hariyanto alias Pau Pau dan terdakwa Ramli dengan majelis hakim yang diketuai Toni Irfan SH, juga menjatuhkan pidana vonis mati.

Ketiga terpidana mati ini terbukti secara sah melakukan perbuatan pemufakatan jahat sesuai Pasal 132 Undang Undang RI no 35 tahun 1999 tentang narkotika.

Sementara terdakwa Khaerudin, terdakwa Anton dan terdakwa Ariyanto dijatuhi hukuman pidana penjara selama 20 tahun denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan.

Sedangkan terdakwa Agung Wijaya dengan majelis hakim yang diketuai Abdul Aziz dijatuhi hukuman pidana penjara selama 15 tahun denda Rp 1 miliar subsider 3 bulan.

Perbuatan keempat terdakwa yang divonis hukuman kurungan penjara ini, terbukti melanggar Pasal 114 juncto Pasal 132 Undang Undang RI no 35 tahun 1999 tentang narkotika.

Atas putusan majelis hakim ini, tiga terpidana mati menyatakan pikir-pikir. Sedangkan empat terdakwa yang dihukum kurungan penjara, langsung menyatakan banding.

Sebelumnya, tujuh terdakwa yang ditangkap Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau, dengan barang bukti 5 kilogram sabu dan ribuan butir pil ekstasi dituntut jaksa dengan pidana hukuman mati dan seumur hidup.

Berdasarkan amar tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Wilsa Riani SH dan Pince SH, Terdakwa Hariyanto alias Pau Pau dan terdakwa Suripto alias Sukien yang disebut-sebut sebagai bandar narkoba, dijatuhi tuntutan hukuman mati.

Sedangkan lima terdakwa lainnya yakni Ramli, Agung Wijaya, Khairudin, Ariyanto dan Anton, dituntut dengan hukuman pidana penjara selama seumur hidup.

Menurut JPU, ketujuh terdakwa ini terbukti melanggar Pasal 114 juncto Pasal 132 Undang Undang RI no 35 tahun 1999 tentang narkotika.

Seperti diketahui, tujuh terdakwa ditangkap pada Juni 2017 lalu di dua tempat. Tersangka Hariyanto alias Pau Pau dan Sukien ditangkap dalam mobil Pajero di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak. Saat digerebek, ditemukan enam bungkus sabu seberat 5 kg dan 1.599 butir pil ekstasi. Pil ekstasi ini merupakan pabrikan dari Malaysia.

Sedangkan lima terdakwa lainnya yang diyakini sebagai kurir, ditangkap di Pekanbaru, saat menjemput barang haram itu kepada Hariyanto dan Sukien.

Sumber: Riauterkini.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Sidang GBD Inhu, Penggugat Mendapat Angin Segar

    PEKANBARU, datariau.com - Perkara gugatan Guru Bantu Daerah (GBD) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang sedang proses sidang di Pengadialan Tata Usaha Nega

  • Sidang Perdata Pemalsuan AJB di Pelalawan Temukan Bukti Tandatangan SKGR Diduga Palsu

    PELALAWAN, DATARIAU.COM - Kasus perkara pemalsuan akte jual beli (AJB) yang dilakukan oleh oknum Notaris tidak saja terjadi di Kabupaten Inhu, namun juga ter

  • Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Rohil Ringkus Pemilik Sabu

    BAGANBATU, datariau.com - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Rohil berhasil melakukan pengungkapan Narkotika jenis shabu-shabu di Jl Lintas Faqih Ibrahim Simpang

  • Mayat Pria Ditemukan di Atas Becak Bikin Heboh Warga Tembilahan Inhil

    TEMBILAHAN, Datariau.com - Warga Jalan Baharuddin Yusuf Tembilahan Dihebohkan Dengan Sesosok Mayat pria Lanjut Usia Meninggal Dunia Diatas becak, Selasa (16/1/18).
  • Akun Facebook Hatta Munir Diretas Untuk Minta Uang

    RENGAT, datariau.com - Akun Facebook milik Tokoh Masyarakat Inhu yang merupakan mantan Anggota DPRD Inhu, juga sebagai Ketua LSM Ber-Nas Kabupaten Inhu dan b

  • KOMENTAR
    Polling

    Pilih Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2019-2024 Idola Anda
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto