Sabtu, 20 Jan 2018 / 3 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Hukrim
  • Penyelundupan 2 Kg Sabu Digagalkan Polres dan BC Dumai

Penyelundupan 2 Kg Sabu Digagalkan Polres dan BC Dumai

Oleh: Dika CP
Kamis, 11 Jan 2018 23:26
view: 838
Dika CP

DUMAI, datariau.com - Kepolisian Resort (Polres) Dumai bersama Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Dumai berhasil mengungkap penyelundupan diduga narkotika jenis sabu dengan berat 2 Kg Sabu pada Selasa (9/1/2018) sore di Pelabuhan Penumpang PT Pelindo I, Jalan Datuk Laksamana, Dumai.

Selain mengamankan barang haram tersebut, petugas juga berhasil mengamankan dua orang yang diduga sebagai kurir sabu dari Malaysia ke Indonesia. Dua terduga yakni berinisial CF (27) warga Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh dan SB (20) warga Aceh Timur.

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Dumai, Adhang Nugroho menjelaskan, kronologi pengungkapan bermula dari kecurigaan petugas terhadap salah seorang penumpang. Selanjutnya petugas melakukan pemeriksaan barang bawaannya menggunakan X-Ray milik Bea Cukai Dumai yang berada di Terminal kedatangan Pelabuhan Penumpang PT Pelindo I Dumai dan didapati barang mencurigakan.

“Selanjutnya tim melakukan pemeriksaan dan didapati Narkoba jenis Sabu di dalam sebuah tas ransel berwarna Grey yang disimpan dengan cara digulung menggunakan baju pelaku,” terang Adhang Dalam pers release Polres Dumai bersama Bea Cukai Dumai pada Kamis (11/1/2018) pagi di Mapolres Dumai.

Dari keterangan pelaku CF, dirinya membawa narkotika jenis sabu itu dari Johor, Malaysia menuju Kepulauan Meranti menggunakan kapal nelayan muatan garam lalu dibawa ke Dumai untuk dibawa ke Aceh.

Mendapatkan informasi itu, Bea Cukai Dumai langsung berkoordinasi dengan Polres Dumai guna melakukan pengembangan atas penyelundupan sabu tersebut yang diduga tidak dilakukan sendiri oleh pelaku CF.

Setelah dilakukan pengembangan, imbuh Kapolres Dumai AKBP Restika, pihaknya berhasil mengamankan pelaku kedua berinisial SB (20) warga Aceh Timur yang diamankan di kantor P.O Bus Makmur di Jalan Kelakap Tujuh.

“Menurut pengakuan pelaku SB, dirinya merupakan kurir yang bertugas menjemput barang haram tersebut untuk dibawa ke Provinsi Aceh,” ujar AKBP Restika.

Selain mengamankan sabu-sabu, petugas juga mengamankan 1 buah buku pasport atas nama pelaku CF, 1 buah tas baju warna grey, 1 buah Tiket ferry Dumai Line serta sejumlah uang.

Kedua tersangka dihukum dengan ancaman maksimal hukuman mati guna mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Editor: Angga

Sumber: Datariau.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • 3 Pria Dan 1 Wanita Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kembali Diringkus Polisi Inhil

    TEMBILAHAN, Datariau.com - Polres Inhil Berhasil Amankan 4 orang pria terduga pelaku narkotika jenis sabu - sabu, Jumat (19/1/18).

    Keempat oran
  • Terlibat Pungli, Kadis PUPR Pekanbaru Dituntut 1,5 Tahun Penjara

    PEKANBARU, datariau.com - Mantan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pekanbaru, Zulkifli Harun, dituntut hukuman penjara selama 1

  • Dua Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kembali Diringkus Satres Narkoba Polres Siak

    SIAK, datariau.com - Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Siak kembali berhasil meringkus dua orang terduga pelaku penyalahgunaan Narkotika jenis sabu-sabu, Selasa (16/01/2
  • Bermaskud Bantu Istri Cuci Pakaian, Pria karyawan PT. STI Tewas tersengat arus listrik

    TEMBILAHAN, datariau.com - Bermaksud membantu istri mencuci pakaian, Darlin (46) seorang karyawan PT STI, warga Perumahan PT STI Parit XII Desa Air Tawar Kec

  • Sidang GBD Inhu, Penggugat Mendapat Angin Segar

    PEKANBARU, datariau.com - Perkara gugatan Guru Bantu Daerah (GBD) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang sedang proses sidang di Pengadialan Tata Usaha Nega

  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto