Rabu, 28 Jun 2017 / 3 Syawal 1438
  • Home
  • Hukrim
  • Terlibat Penambangan Emas Tanpa Izin, 3 Orang Diringkus Polres Inhu

Terlibat Penambangan Emas Tanpa Izin, 3 Orang Diringkus Polres Inhu

Oleh: Heri
Minggu, 28 Mei 2017 15:23
view: 1297
Heri
Barang bukti yang disita polisi.

RENGAT, datariau.com - Satuan Reserse Kriminal Polres Indragiri Hulu langsung turun ke lapangan meringkus 3 orang pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Kecamatan Kelayang.

Kapolres Inhu AKBP Arif Bastari SIk MH, dikonfirmasi datariau.com melalui Baur Humas Polres Inhu Brigadir Zulfahmi Hendra mengatakan, pada hari Kamis tanggal 25 Mei 2017 sekira pukul 20.00 Wib Tim Sat Reskrim Polres Inhu yang dipimpin oleh Kasat Reskrim AKP Andrie Setiawan SH SIK beserta anggota mengamankan 3 orang diduga pelaku Tindak Pidana Pemurnian Emas Illegal.

TKP pertama di salah satu warung yang terletak di Dusun Lebuh Pendek Kelurahan Simpang Kelayang Kecamatan Kelayang dan TKP kedua di Jl Jendral Sudirman Desa Kembang Harum Kecamatan Pasir Penyu.

Identitas terlapor di TKP Pertama atas nama DS (26) warga Dusun Lebuh Pendek Keluraan Simpang Kelayang, peran pelaku sebagai Penambang Emas Ilegal dan Pemurnian Emas Ilegal. Tersangka kedua di lokasi yang sama diamankan juga atas nama RO (21) warga Dusun Lebuh Pendek kelurahan Simpang Kelayang, peran pelaku pemurnian emas ilegal dan identitas terlapor.

Di TKP kedua diamankan pula IA alias Iil (20) warga Jl. Jendral Sudirman Kelurahan Kembang Harum Kecamatan Pasir Penyu.

"Untuk barang bukti di TKP pertama kita amankan 3 pentolan emas, 2 buah pompa, 1 buah tank, 1 buah penjepit, 1 buah mangkok besi, 1 unit kalkulator, 1 unit timbang digital, 1 buah pena, 1 buah mangkok yang berisi serbuk pija, 1 buah kotak kayu yang berisi, 60 buah cangkang yang terbuat dari tanah dan uang tunai sebesar Rp4.385.000," terang Brigadir Zulfahmi Hendra.

Untuk barang bukti di TKP kedua yakni 1 lembar ATM BNI, 1 buku tabungan BNI, 1 unit kalkulator, 1 unit timbangan digital, 3 bungkus serbuk pija berwarna putih, 1 buah kepala pompa, 1 buah buku nota, dan 41 pentolan emas.

Kronologis penangkapan bermula pada hari Kamis tanggal 25 Mei 2017 sekira pukul 18.00 wib pelapor bersama anggota Reskrim Polres Inhu lainnya yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Inhu AKP Andre Setiawan SH, mendapatkan informasi tentang adanya orang yang melakukan pemurnian emas tanpa izin di wilayah hukum Kecamatan Kelayang.

Kemudian pelapor bersama anggota Reskrim Polres Inhu lainnya yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Inhu AKP Andrie Setiawan mendatangi TKP yang berada di Dusun Lebuh Pendek Kelurahan Simpang Kelayang Kecamatan Kelayang dan melakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku yang bernama RO dan WW.



Dari tangan tersangka diamankan barang bukti. Kemudian berdasarkan hasil introgasi yang didapat dari tersangka WW baru saja melakukan penambangan illegal dengan menggunakan mesin dompeng milik DE. Kemudian tim bergerak menunju rumah DE tetapi tim tidak berhasil mengamankan DE, berdasarkan keterangan wawancara dan RO bahwasanya mereka memiliki bos (Pimpinan) yang juga sebagai pemberi modal yang bernama Si'il yang berada di Air Molek.

Kemudian tim melakukan pengembangan dan mengamankan 1  orang laki-laki yang bernama IA alias Iil di salah satu rumah yang berada di Air Molek dan dari tangan tersangka ini diamankan barang bukti, lalu ketiga orang itu dibawa Kapolres Inhu untuk pengusutan lebih lanjut.

"Kita sudah melakukan pemerikaaan terhadap saksi. Melakukan pemeriksaan terhadap tersangka. Mengamankan barang bukti. Melakukan penyitaan terhadap uang IA yang berada di rekening Bank BNI sebagai uang modal untuk jual beli pentolan emas hasil PETI, melakukan penimbangan barang bukti dan diserahkan ke kantor pengadaian Rengat untuk menentukan berat bersih. Menitipkan barang bukti hasil sitaan ke Kantor Rupbasan Rengat dan melakukan pemeriksaan terhadap ahli dari Dinas Energi dan Sumber Daya Alam Provinsi Riau juga menyiapkan administrasi penyidikan. Pasal yang diterapkan untuk tersangka yakni Pasal 161 Jo pasal 158 UU RI No 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara," pungkasnya.

Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Terlibat Penambangan Emas Tanpa Izin, 3 Orang Diringkus Polres Inhu

    RENGAT, datariau.com - Satuan Reserse Kriminal Polres Indragiri Hulu langsung turun ke lapangan meringkus 3 orang pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) d

  • Lagi, Polres Kuansing Tertibkan Tambang Emas Ilegal

    TALUK KUANTAN, datariau.com - Telah dilaksanakan kegiatan penertiban penambangan emas tanpa izin di wilayah hukum Polsek Singingi, di depan SMAN 1 Singingi s

  • Diduga Terlibat PETI di Kuansing, Seorang Pria Diamankan Polisi

    TELUK KUANTAN, datariau.com - Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Kuansing telah mengamankan seorang pria inisial MA (27) yang diduga melakukan tindak pidana menampung, me
  • Rumah Janda di Desa Sibabat Inhu Disambar Petir

    RENGAT, datariau.com - Hujan bersamaan dengan petir kemarin sore yang melanda Kabupaten Indragiri Hulu menghabiskan alat elektronik rumah seorang janda di De

  • Tiga Pelaku PETI di Kuangsing Diringkus Polisi

    TELUKKUANTAN, datariau.com - Masih maraknya aktifitas penambanan emas tanpa izin (PETI) di wilayah hukum Polres Kuansing, m

  • Diduga Terlibat Penambangan Ilegal, 4 Warga Peranap Inhu Diperiksa Polisi

    RENGAT, datariau.com - Tim Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Indragiri Hulu amankan 4 orang diduga pelaku pertambangan Tanpa Izin (PETI) di Des

  • Disambar Petir, Rumah Warga di Bengkalis Hangus Terbakar

    Satu unit rumah kontrakan milik warga berukuran 3x9 di Desa Kelapapati Darat RT01/RW02, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, terbakar diduga disambar petir, Sabtu (31/12

  • KOMENTAR
    PERMASI
    Iklan,FARMAOPTICAL