Jumat, 15 Des 2017 / 26 Rabiul Awal 1439

AS dan Korsel Latihan Tempur Udara Terbesar

Selasa, 05 Des 2017 09:23
view: 613

JAKARTA, datariau.com - Amerika Serikat dan Korea Selatan menggelar latihan tempur udara selama lima hari, dengan mengerahkan ratusan pesawat jet tempur dan puluhan ribu serdadu. Inilah manuver udara gabungan terbesar dan tercanggih yang pernah dilaksanakan di kawasan.

AS mengirim beberapa aset militer terpentingnya, termasuk enam jet tempur siluman F-22 dan 18 pesawat serbu jenis F-35. Seluruhnya ada lebih 230 pesawat tempur yang terlibat. AS juga mengerahkan 12.000 personel militer angkatan udara dan angkatan laut dalam latihan perang udara itu.

Media Korea Selatan melaporkan, dua pembom jarak jauh B-1B juga bergabung dalam latihan perang itu, meskipun juru bicara Angkatan Udara AS tidak mengkonfirmasi laporan tersebut.

Teknologi militer Korea Utara membaik

Korea Utara minggu lalu melakukan lagi ujicoba rudal balistik generasi terbaru. Menurut pengamat, rudal terbaru ini dapat mengudara selama 50 menit, sebelum jatuh ke Laut Jepang. Setelah tes tersebut, Pyongyang menyatakan bahwa mereka kini mampu menembakkan hulu ledak nuklir ke setiap lokasi di daratan AS pada setiap saat.

Pejabat militer AS meragukan klaim tersebut, namun mengakui bahwa tes terakhir menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam daya jangkau rudal. Namun disebutkan, tidak mudah bagi sebuah rudal yang membawa hulu ledak nuklir yang jauh lebih berat untuk menjangkau sasaran sejauh itu.

Senator dari partai Republik, Lindsey Graham, yang pengamat kebijakan luar negeri, memperingatkan pada hari Minggu, bahwa AS bisa bergerak mendekati "perang pre-emptive" dengan Pyongyang.

Graham mengatakan kepada stasiun penyiaran CBS, dia percaya inilah saatnya keluarga dari 28.500 tentara AS yang ditempatkan di Korea Selatan untuk pergi.

Pemerintah AS belum mengumumkan keputusan resmi untuk mengevakuasi warganya dari semenanjung Korea.

Saling ancam

Sejak mengambil alih kekuasaan tahun 2011, Kim Jong Un berhasil mendorong program nuklir Korea Utara sehingga mencapai kemajuan teknik signifikan. Sejak beberapa bulan lalu, pimpinan Korut dan AS, Kim Jong Un dan Donald Trump terlibat perang kata-kata, saling gertak dan saling ancam.

Terutama di Asia muncul kekhawatiran, perang Korea yang pernah pecah antara tahun 1950-53, kini akan terjadi lagi dan menghancur luluhkan semenanjung itu.

Para penasehat militer AS sendiri mengakui, sulit mencegah serangan artileri dari Korea Utara ke ibukota Korea Selatan, Seoul, yang hanya berjarak 50 kilometer dari perbatasan. Konflik terbuka antara kedua negara Korea dipredisksi bisa menewaskan jutaan orang dalam waktu singkat.

loading...
Sumber: dw.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Wikipedia dan Google Maps Dihujat Karena Akui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel

    CALIFORNIA, datariau.com - Wikipedia mencantumkan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, Google Maps juga melakukan hal yang sama. Alhasil aplikasi penunjuk arah

  • Pernyataan Resmi Kerajaan Arab Saudi Terkait Pengakuan Sepihak AS Tentang Status Kota Jerusalem

    SAUDI ARABIA, datariau.com - Arab Saudi mengungkapkan keprihatinan yang mendalam terkait keputusan pemerintah Amerika Serikat yang menyatakan Jerusalem sebag

  • Ini Alasan Mengapa Yerusalem Bukan Milik Israel

    DATARIAU.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump baru saja melemparkan bensin ke dalam api unggun konflik Israel-Palestina. Ia menyerukan pemindahan Kedu

  • Bencana Hingga Israel, Berikut 4 Ramalan Nostradamus Pada Tahun 2018

    JAKARTA, datariau.com - Tahun 2018 tinggal sebentar lagi. Selama tahun 2017, dunia bertubi-tubi dihebohkan dengan serangkaian peristiwa unik, kejadian mengerikan, kr
  • Trump Mengalami Gejala Kelu Lidah, Kesehatan Mentalnya Dipertanyakan..

    WASHINGTON, datariau.com - Pada Rabu (6/12/2017) Presiden Trump mengumumkan bahwa A.S. akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, dan proses bertahap untuk mem
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg