Jumat, 19 Jan 2018 / 2 Jamadil Awal 1439
  • Home
  • Internasional
  • Anak Raja Salman, Seorang Astronot Muslim Pertama dan Menhan Termuda di Arab Saudi

Anak Raja Salman, Seorang Astronot Muslim Pertama dan Menhan Termuda di Arab Saudi

Rabu, 01 Mar 2017 17:35
view: 1.843
Detik.com

RIYADH, datariau.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz diketahui memiliki 13 anak dari tiga istrinya. Dari 13 anak itu, Raja Salman hanya memiliki satu putri yang bernama Putri Hussa. Sisanya merupakan para pangeran yang menduduki posisi-posisi penting dalam pemerintahan Saudi.

Istri pertamanya bernama Sultana binti Turki Al Sudairi, yang merupakan saudara sepupunya sendiri. Dengan Sultana, Raja Salman memiliki enam anak -- lima laki-laki dan satu perempuan -- yakni Pangeran Fahd, Pangeran Ahmed, Pangeran Sultan, Pangeran Abdulaziz, Pangeran Faisal, dan Putri Hussa.

Pangeran Fahd dan Pangeran Ahmed telah meninggal dunia pada tahun 2001 dan 2002 lalu.
 

Pangeran Sultan bin Salman
Pangeran Sultan bin Salman Foto: arabnews.com

Seperti dikutip dari situs Arab News dan arabroyalfamily.com, Rabu (1/3/2017), Pangeran Sultan bin Salman yang lahir tahun 1956, kini menjabat sebagai Ketua Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional Saudi (SCTH). Dia juga co-founder dan pemimpin direksi King Salman Center for Disability Research (KSCDR).

Pangeran Sultan tercatat sebagai anggota keluarga Kerajaan Saudi pertama, juga warga Arab dan warga muslim pertama yang terbang ke luar angkasa. Dia terbang ke luar angkasa dengan Space Shuttle Discovery pada Juni 1985 lalu. Mantan pilot Angkatan Udara Saudi tersebut merupakan anggota keluarga kerajaan pertama yang menjadi astronot.
 

Pangeran Faisal bin Salman
Pangeran Faisal bin Salman Foto: SPA/arabnews.com

Pangeran Abdulaziz bin Salman yang lahir tahun 1960, diketahui menjabat Wakil Menteri Urusan Perminyakan Saudi sejak tahun 1995. Kemudian Pangeran Faisal bin Salman yang lahir tahun 1970 kini menjabat Gubernur Provinsi Madinah. Pangeran Faisal memiliki gelar doktor Hubungan Internasional dari kampus bergengsi Oxford di Inggris.

Sementara Putri Hussa binti Salman yang lahir tahun 1974, diketahui banyak terlibat proyek-proyek amal di Saudi. Dia juga dikenal aktif memperjuangkan peningkatan peran kaum perempuan Saudi di berbagai bidang.

Istri kedua Raja Salman bernama Sarah binti Faisal Al-Subai'ai. Dari pernikahannya dengan istri keduanya, Raja Salman hanya memiliki satu putra bernama Pangeran Saud. Tidak banyak hal yang diketahui tentang Pangeran Saud bin Salman. Namun berbagai informasi menyebut Pangeran Saud bin Salman banyak berkiprah dalam berbagai aktivitas amal. Dia diketahui telah menikah dan memiliki satu anak laki-laki.
 

Pangeran Mohammed bin Salman
Pangeran Mohammed bin Salman Foto: SPA/arabnews.com

Dengan istri ketiganya yang bernama Fahda binti Falah bin Sultan Al Hithalayn, Raja Salman juga memiliki enam anak yang semuanya laki-laki. Keenam anaknya itu antara lain Pangeran Mohammed, Pangeran Turki, Pangeran Khalid, Pangeran Nayif, Pangeran Bandar, dan Pangeran Rakan.

Pangeran Mohammed bin Salman yang lahir tahun 1985 menjadi sosok yang cukup menonjol. Dia terpilih menjadi Wakil Putra Mahkota Saudi dan juga menjabat sebagai Wakil Kedua Perdana Menteri Saudi. Pangeran Mohammed juga mencetak sejarah sebagai Menteri Pertahanan termuda di dunia.
 

Pangeran Turki bin Salman
Pangeran Turki bin Salman (duduk) Foto: arabnews.com

Adiknya, Pangeran Turki bin Salman yang lahir tahun 1987, menjabat Pemimpin Dewan Direksi Saudi Research and Marketing Group selama setahun, sebelum mengundurkan diri tahun 2014 lalu. Dia juga dikenal sebagai pengusaha.

Pangeran Khalid bin Salman, menurut Business Insider, merupakan seorang pilot jet tempur F-15 yang ikut serta dalam koalisi melawan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Suriah pada September 2014 lalu. Sementara untuk ketiga putra bungsu Raja Salman, yakni Pangeran Nayif, Pangeran Bandar dan Pangeran Rakan, tidak banyak informasi yang bisa diketahui.
 

Pangeran Khalid bin Salman
Pangeran Khalid bin Salman

 

Editor: Adi

Sumber: Detik.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Nama Dr Zakir Naik Masuk Buku Pelajaran di India Sebagai Pahlawan Muslim Terkenal

    JAKARTA, datariau.com - Seorang penceramah Muslim asal India, Zakir Naik, disebut sebagai pahlawan dalam sebuah buku sekolah di India. Ia juga disebutkan seb

  • Amerika Diserang Badai Arktik, Cuaca Dingin Luar Biasa

    NEW YORK, datariau.com - Badai Arktik membuat sebagian besar wilayah Timur Laut dan Midwest Amerika Serikat membeku yang mencapai rekor di beberapa titik,
  • Korea Utara Ancam Tembak Jatuh Pesawat AS

    KORUT, datariau.com - Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un menyebut Amerika Serikat (AS) tengah menabur benih peperangan. Ini menyusul tes rudal jarak ja

  • Wikipedia dan Google Maps Dihujat Karena Akui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel

    CALIFORNIA, datariau.com - Wikipedia mencantumkan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, Google Maps juga melakukan hal yang sama. Alhasil aplikasi penunjuk arah

  • Pernyataan Resmi Kerajaan Arab Saudi Terkait Pengakuan Sepihak AS Tentang Status Kota Jerusalem

    SAUDI ARABIA, datariau.com - Arab Saudi mengungkapkan keprihatinan yang mendalam terkait keputusan pemerintah Amerika Serikat yang menyatakan Jerusalem sebag

  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto