Senin, 11 Des 2017 / 22 Rabiul Awal 1439

China Diguncang Gempa, 4 Orang Tewas

Rabu, 09 Agu 2017 06:01
view: 1.220
Ilustrasi

CHINA, datariau.com - Gempa berkekuatan 6,5 magnitudo, mengguncang Provinsi Sichuan, China. Laporan terkini menyebutkan 4 orang tewas dalam bencana alam tersebut.

Dilansir Reuters, Selasa (8/8), US Geological Survey (USGS) mengatakan, selain menewaskan 4 orang, gempa ini juga merusak sejumlah gedung yang ada di tempat peristirahatan turis.

USGS melaporkan, gempa melanda wilayah jarang penduduk, sekitar 200 kilometer sebelah barat laut kota Guangyuan pada kedalaman 10 kilometer. Sebelumnya juga terjadi gempa berkekuatan 6,6 magnitudo di kedalaman 32 kilometer.

Pihak berwenang di Sichuan mengatakan, pusat gempa tepatnya berada di perfektur Ngawa, yang sebagian besar dihuni oleh etnis Tibet, yang bekerja sebagai penggembala nomaden, namun lokasi ini juga berdekatan dengan cagar alam Jiuzhaigou, yang juga menjadi tujuan wisata populer.

Televisi lokal Sichuan juga melaporkan 30 orang mengalami luka akibat gempa di kota Zhangzha. Hingga saat ini gempa susulan masih terus terjadi.

Foto yang diunggah di media sosial Chian menunjukkan kerusakan di Jiuzhaigou, di mana sejumlah bangunan dilaporkan runtuh, dan masyarakat yang berkumpul di luar ruangan. Namun televisi lokal mengatakan tak ada bangunan yang roboh, namun memang masyarakat memang merasakan guncangan yang kuat.

Kepolisian setempat kepada televisi lokal mengakui bahwa telah terjadi kepanikan antara para wisatawan yang tengah berlibur, saat gempa tiba. Agensi berita resmi Xinhua yang mengutip pihak berwenang dari dinas pariwisata Jiuzhaigou mengatakan, memang ada beberapa bangunan yang roboh dan retak, dan saat ini petugas sedang melakukan evakuasi.

Pemerintah Provinsi Sichuan mengatakan salah satu situs media sosial menerima laporan bahwa tak ada wisatawan yang terluka akibat gempa ini. Namun guncangan ikut terasa di pusat kota Provinsi Chengdu, yang berjarak cukup jauh dari Xian, yang mana di sana berada situs bersejarah pasukan Terracota (Terracota Warrior).

Provinsi Sichuan sendiri sebelumnya pernah dilanda gempa pada tahun 2008, yang menewaskan hampir 70 ribu orang.

loading...
Editor: Riki

Sumber: Kumparan.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Pernyataan Resmi Kerajaan Arab Saudi Terkait Pengakuan Sepihak AS Tentang Status Kota Jerusalem

    SAUDI ARABIA, datariau.com - Arab Saudi mengungkapkan keprihatinan yang mendalam terkait keputusan pemerintah Amerika Serikat yang menyatakan Jerusalem sebag

  • Ini Alasan Mengapa Yerusalem Bukan Milik Israel

    DATARIAU.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump baru saja melemparkan bensin ke dalam api unggun konflik Israel-Palestina. Ia menyerukan pemindahan Kedu

  • Bencana Hingga Israel, Berikut 4 Ramalan Nostradamus Pada Tahun 2018

    JAKARTA, datariau.com - Tahun 2018 tinggal sebentar lagi. Selama tahun 2017, dunia bertubi-tubi dihebohkan dengan serangkaian peristiwa unik, kejadian mengerikan, kr
  • Trump Mengalami Gejala Kelu Lidah, Kesehatan Mentalnya Dipertanyakan..

    WASHINGTON, datariau.com - Pada Rabu (6/12/2017) Presiden Trump mengumumkan bahwa A.S. akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, dan proses bertahap untuk mem
  • 28 Negara Uni Eropa Peringatkan Trump Tak Pindah Kedutaan AS ke Jerusalem

    JAKARTA, datariau.com - Seluruh menteri luar negeri dari 28 negara anggota Uni Eropa telah memperingatkan Trump melalui wakil diplomatnya, Rex Tillerson, unt

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg