Jumat, 20 Okt 2017 / 29 Muharram 1439

China Diguncang Gempa, 4 Orang Tewas

Rabu, 09 Agu 2017 06:01
view: 1195
Ilustrasi

CHINA, datariau.com - Gempa berkekuatan 6,5 magnitudo, mengguncang Provinsi Sichuan, China. Laporan terkini menyebutkan 4 orang tewas dalam bencana alam tersebut.

Dilansir Reuters, Selasa (8/8), US Geological Survey (USGS) mengatakan, selain menewaskan 4 orang, gempa ini juga merusak sejumlah gedung yang ada di tempat peristirahatan turis.

USGS melaporkan, gempa melanda wilayah jarang penduduk, sekitar 200 kilometer sebelah barat laut kota Guangyuan pada kedalaman 10 kilometer. Sebelumnya juga terjadi gempa berkekuatan 6,6 magnitudo di kedalaman 32 kilometer.

Pihak berwenang di Sichuan mengatakan, pusat gempa tepatnya berada di perfektur Ngawa, yang sebagian besar dihuni oleh etnis Tibet, yang bekerja sebagai penggembala nomaden, namun lokasi ini juga berdekatan dengan cagar alam Jiuzhaigou, yang juga menjadi tujuan wisata populer.

Televisi lokal Sichuan juga melaporkan 30 orang mengalami luka akibat gempa di kota Zhangzha. Hingga saat ini gempa susulan masih terus terjadi.

Foto yang diunggah di media sosial Chian menunjukkan kerusakan di Jiuzhaigou, di mana sejumlah bangunan dilaporkan runtuh, dan masyarakat yang berkumpul di luar ruangan. Namun televisi lokal mengatakan tak ada bangunan yang roboh, namun memang masyarakat memang merasakan guncangan yang kuat.

Kepolisian setempat kepada televisi lokal mengakui bahwa telah terjadi kepanikan antara para wisatawan yang tengah berlibur, saat gempa tiba. Agensi berita resmi Xinhua yang mengutip pihak berwenang dari dinas pariwisata Jiuzhaigou mengatakan, memang ada beberapa bangunan yang roboh dan retak, dan saat ini petugas sedang melakukan evakuasi.

Pemerintah Provinsi Sichuan mengatakan salah satu situs media sosial menerima laporan bahwa tak ada wisatawan yang terluka akibat gempa ini. Namun guncangan ikut terasa di pusat kota Provinsi Chengdu, yang berjarak cukup jauh dari Xian, yang mana di sana berada situs bersejarah pasukan Terracota (Terracota Warrior).

Provinsi Sichuan sendiri sebelumnya pernah dilanda gempa pada tahun 2008, yang menewaskan hampir 70 ribu orang.

loading...
Editor: Riki

Sumber: Kumparan.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Shabu 30 Kg dalam Teh Cina Ditangkap Bea Cukai di Perairan Aceh

    LANGSA, datariau.com - Kapal Patroli Bea Cukai Belawan Nomor 3001 berhasil  menangkap satu unit kapal boad bodi kayu milik nelayan Aceh Dua Saudara GT.

  • Situasi Memanas, China Latihan Tembak Jatuh Rudal di Dekat Korut

    BEIJING, datariau.com - Militer China menembak jatuh peluru kendali (rudal) dekat perbatasan Korea Utara (Korut) dalam sebuah latihan tembak. Beijing pamer kekuatan setelah
  • Sering Masturbasi, Banyak Pemuda China Gagal Jadi Tentara

    BEIJING, datariau.com - Kebiasaan sering masturbasi dan kegemaran menenggak minuman ringan telah menyebabkan para pemuda calon tentara gagal menjadi anggota

  • Maluku Tenggara Barat Diguncang Gempa 5,0 SR

    JAKARTA, datariau.com - Gempa berkekuatan 5,0 skala richter (SR) guncang Maluku Tenggara Barat. Gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

    Dil

  • China Diguncang Gempa, 4 Orang Tewas

    CHINA, datariau.com - Gempa berkekuatan 6,5 magnitudo, mengguncang Provinsi Sichuan, China. Laporan terkini menyebutkan 4 orang tewas dalam bencana alam ters

  • Turis Asal China Diciduk Polisi Karena Beri Salam Nazi

    JERMAN, datariau.com - Kepolisian Jerman menangkap dua orang turis asal China pada Sabtu (5/8). Dua turis tersebu

  • Tidak Hanya Beraksi di Indonesia, Pemeras Siber Asal China Ini Juga Meresahkan di Fiji

    JAKARTA, datariau.com - Sindikat pemerasan dan penipuan siber asal China ternyata tidak hanya beroperasi di Indon

  • KOMENTAR