Senin, 18 Des 2017 / 29 Rabiul Awal 1439

Ditemukan Pulau Misterius Diduga Lokasi Uji Tembak Rudal Korut

Jumat, 05 Mei 2017 10:05
view: 989
Sindonews.com

WASHINGTON, datariau.com - Strategical Sentinel, sebuah firma di Washington yang menyediakan analisis geospasial dan intelijen merilis citra satelit pulau-pulau misterius di Korea Utara (Korut). Pulau-pulau itu dicurigai sebagai lokasi uji tembak rudal-rudal balistik selama ini.

Gambar satelit yang dirilis menunjukkan bahwa salah satu pulau terdapat situs beraspal berbentuk empat persegi panjang. Menurut Strategical Sentinel, situs itu kemungkinan menjadi rumah bagi rudal balistik dan pengakut peluncur rudal.

Gambar satelit diambil pada bulan Desember 2016. Meskipun demikian, foto-foto satelit itu tidak memberikan bukti infrastruktur pendukung yang diperlukan untuk penyebaran rudal Korut.

”Beberapa pulau terlihat seperti situs penyebaran aset ofensif, yaitu amunisi peluncuran rudal balistik,” bunyi laporan penelitian Sentinel. ”Gambar yang dianalisis menunjukkan bahwa situs rudal anti-udara akan menjadi pilihan yang lebih strategis.”

Korut selama ini diyakini menggunakan fasilitas di dekat fasilitas militer Sohae, sebagai lokasi uji coba rudal yang sangat penting, termasuk peluncuran satelit Kwangmyongsong tahun 2012 dan 2016.

“Secara total, Korea Utara telah membangun setidaknya lima fasilitas militer di pulau-pulau di dekat Sohae,” lanjut laporan Sentinel, seperti dikutip dari majalah Diplomat, Jumat (5/5/2017).

Menurut firma yang berbasis di Washington itu, pulau-pulau yang disorot satelit bisa juga sebagai situs palsu untuk menyesatkan musuh-musuh rezim Korut pimpinan Kim Jong-un. Penulis laporan Sentinel tidak mengecualikan bahwa fasilitas di pulau itu untuk tujuan pertanian atau keperluan sipil lainnya, sebagai bagian dari proyek reklamasi lahan.

Laporan tentang keberadaan pulau misterius di Korut muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Pyongyang, yang mendorong pemerintah China untuk meminta semua pihak terkait menahan diri dan berhenti membuat jengkel satu sama lain.

AS baru-baru ini meningkatkan aktivitasnya di Semenanjung Korea dengan menerbangkan pesawat pembom supersonik B-1 Lancer. Pesawat berbahaya ini terlibat latihan militer gabungan dengan Korea Selatan dan Jepang pada hari Senin lalu.

loading...
Editor: Adi

Sumber: Sindonews.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Wikipedia dan Google Maps Dihujat Karena Akui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel

    CALIFORNIA, datariau.com - Wikipedia mencantumkan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, Google Maps juga melakukan hal yang sama. Alhasil aplikasi penunjuk arah

  • Pernyataan Resmi Kerajaan Arab Saudi Terkait Pengakuan Sepihak AS Tentang Status Kota Jerusalem

    SAUDI ARABIA, datariau.com - Arab Saudi mengungkapkan keprihatinan yang mendalam terkait keputusan pemerintah Amerika Serikat yang menyatakan Jerusalem sebag

  • Ini Alasan Mengapa Yerusalem Bukan Milik Israel

    DATARIAU.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump baru saja melemparkan bensin ke dalam api unggun konflik Israel-Palestina. Ia menyerukan pemindahan Kedu

  • Bencana Hingga Israel, Berikut 4 Ramalan Nostradamus Pada Tahun 2018

    JAKARTA, datariau.com - Tahun 2018 tinggal sebentar lagi. Selama tahun 2017, dunia bertubi-tubi dihebohkan dengan serangkaian peristiwa unik, kejadian mengerikan, kr
  • Trump Mengalami Gejala Kelu Lidah, Kesehatan Mentalnya Dipertanyakan..

    WASHINGTON, datariau.com - Pada Rabu (6/12/2017) Presiden Trump mengumumkan bahwa A.S. akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, dan proses bertahap untuk mem
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg