Selasa, 27 Jun 2017 / 2 Syawal 1438
  • Home
  • Kesehatan
  • BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Pelayanan Kesehatan bagi Peserta Mudik

BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Pelayanan Kesehatan bagi Peserta Mudik

Oleh: Dika CP
Kamis, 15 Jun 2017 15:10
view: 482
Dika CP
Suasana konferensi pers BPJS Kesehatan Cabang Kota Dumai.

DUMAI, datariau.com - Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan, menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017 BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya.

Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana, oleh karenanya, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik dihimbau untuk selalu membawa Kartu JKN-KIS (Kartu Indonesia Sehat/KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Jakarta Sehat/KJS, dan Kartu Jamkesmas).

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsunge berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” kata Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik, dan Kepatuhan Atmi Mesra dalam konferensi pers bertema Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, Kamis (15/6/2017) di BPJS Kesehatan Kantor Cabang Dumai.

Menurut Atmi, kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan status Kepesertaan aktif Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif. Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu cek luran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400,” jelasnya.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di download secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasilokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Di samping itu, selama libur lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJs Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi. serta mengetahui perhitungan denda pelayanan. Layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 hadir 7 x 24 jam, sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh pada Senin Jumat pukul 07.00-20.00 Wib.

Atmi menegaskan bahwa selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta.

Sementara itu, BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di 8 (delapan) titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gerbang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya,Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten.

Posko mudik BPJS sehatan yang digelar pada 21-24 Juni 2017 tersebut menyedikan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik.

Editor: Adi

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email redaksi.datariau@gmail.com SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Arus Lalulintas Padat di Pasar Air Molek, Warga Sesalkan Mobil Roda Enam Dibolehkan Lewat

    RENGAT, datariau.com - Dua pekan sebelum masuk lebaran Hari Raya Idul Fitri 1348 H tahun 2017, arus lalu lintas di Jalan Sudirman Kecamatan Pasir Penyu sudah

  • Gubernur dan Kapolda Riau Turun Langsung Cek Arus Mudik di Kampar

    XIII KOTO KAMPAR datariau.com - Memasuki H-2 Hari raya Iedul Fitri 1438 H /2017 M Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman dan Kapolda Riau Irjen Pol. Zulkarnain melaku
  • Ketua PKS Riau Resmikan Posko Mudik di Perbatasan Pekanbaru-Kampar

    PEKANBARU, datariau.com - Ketua DPW PKS Provinsi Riau, Hendry Munief, didampingi Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi dan Ketua DPD PKS Pekanbaru Sofyan Siroj, seca
  • Alfedri Pantau Jalur Mudik, Serta Lepas Keberangkatan Mudik Gratis Dari PT Pelindo di Kecamatan Kandis

    KANDIS, datariau.com - Wakil Bupti Siak H Alfedri berkesempatan untuk meninjau secara langsung arus mudik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah, di Jalan Raya Minas-Kandis
  • 5 Unit Bus Berangkatkan Warga Perawang Program Mudik Gratis

    PERAWANG, datariau.com - Raut wajah Pak hendro dan empat orang anggota keluarganya tampak begitu senang. Betapa tidak, program mudik bareng yang ditaja Perintah Siak
  • Kapolres Rohil Cek Personil Kesiapan Menjelang Idul Fitri 2017

    ROHIL, datariau.com - Kapolres Rohil melakukan pengecekan kesiapan personil dan sarana serta  prasarana dalam pelaksanaan tugas di Pos Yan depan Plaza
  • Kabupaten Kampar Menjadi Jalur Mudik yang Padat, Ini Pesan Bupati Kepada Penjaga Pos Pengamanan

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM menyampaikan, untuk memberikan kenyamanan dan ketertiban dalam berlalu lintas, terutama bagi penggu
  • KOMENTAR