Rabu, 18 Okt 2017 / 27 Muharram 1439
  • Home
  • Kesehatan
  • Bahaya Pil PCC Disosialisasikan ke Pelajar di Meranti

Bahaya Pil PCC Disosialisasikan ke Pelajar di Meranti

Oleh: Rahmad
Jumat, 06 Okt 2017 15:15
view: 658
Ilustrasi

SELATPANJANG, datariau.com - Informasi peredaran obat ilegal PCC semakin luas di khalayak masyarakat. Terutama pada remaja-remaja yang dominan siswa sekolah menengah atas.

Secara harfiah, tablet PCC (paracetamol, carisoprodol, caffein) yang memiliki kandungan serupa Somadril, yakni Carisoprodol yang berfungsi untuk melemaskan otot demi menghambat rasa sakit ke saraf dan otak. Karenanya, obat ini ketika dikonsumsi berlebih akan menyerang sistem keseimbangan saraf.

Obatan ini menimbulkan efek seperti kantuk dan halusinasi seperti efek penggunaan narkotika. Jika efek jangka panjang penggunaan pil ini secara terus-menerus akan menimbulkan kerusakan organ tubuh seperti jantung dan ginjal.

Kamis (5/10/2017) kemarin, Diskes Kepulauan Meranti turun memberikan sosialisasi kepada siswa SMKN 1 Tebingtinggi tentang bahayanya obatan ini. Walaupun secara keseluruhan PCC tidak ditemukan di Meranti, namun hal ini untuk mengantisipasi agar remaja tidak berpengaruh terhadap berbahaya obatan ilegal ini.

"Ini sosialisasi pertama yang kita lakukan di SMKN 1. Rencana akan dilanjutkan di sekolah lain, dan akan menyertakan pihak Polres Meranti untuk ikut mengisi materi," kata Kasi Farmamin dan Askes, Refiadi SFarm Apt usai sosialisasi kepada wartawan.

Sosialisasi yang juga menyertakan para Apoteker dengan usungan tema "Kami Apoteker Indonesia' menolak penyalahgunaan obat dan peredaran ilegal". Dua pihak ini bekerjasama untuk mencegah beredarnya obat ilegal ini.

"Sasaran kita ke masyarakat dan remaja. Namun kita mulai dulu dari sekolah, sebab isu ini rentan masuk ke mereka," ungkap Refiadi.

Menurutnya, sudah ada beberapa di daerah di Indonesia yang diketahui telah beredarnya obatan ini. Tablet ini dijual dengan harga murah dan mudah didapat.

Oleh karena itu, Diskes, kata dia sudah memanggil pihak Apoteker agar mereka menginventarisir obat yang dijual. "Jika ada ditemukan tolong diamankan," tegasnya.

Sejak tahun 2013, PCC telah ditarik dari peredaran dan dilarang karena obat keras. Namun ada beberapa jenis obat yang kandungannya sama seperti PCC juga telah tidak diizinkan lagi beredar.

"Belum ada ditemukan beredarnya obat mencurigakan di apotek, toko obat, dan tempat lain yang menjual obat-obatan. Kalau ada yang beredar itu ilegal," pungkasnya.

loading...
Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Kesehatan Terbaru
  • Senam Kebugaran, Zumba Lovers Community Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Siak ke-XVIII
  • Bahaya Pil PCC Disosialisasikan ke Pelajar di Meranti
  • Ngeri! Mata Pria Ini Terkena Sakit Aneh Karena Main Hp Jelang Tidur
  • Penting Diketahui, 9 Penyakit Ini Sering Menyerang Kaki
  • Makan Malam Tidak Sehat, Ini Penjelasannya..
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • Bahaya Pil PCC Disosialisasikan ke Pelajar di Meranti

    SELATPANJANG, datariau.com - Informasi peredaran obat ilegal PCC semakin luas di khalayak masyarakat. Terutama pada remaja-remaja yang dominan siswa sekolah

  • Gawat, PIL PCC Sudah Masuk Kampar, Disita Dari Sepasang Remaja di Teluk Kenidai

    TAMBANG, datariau.com - Unit Reskrim Polsek Tambang di-back-up Satres Narkoba Polres Kampar mengungkap pelaku penyalahgunaan narkotika jenis Shabu dan obat terlarang
  • Selain Gunakan Shabu, Polisi Juga Temukan 30 Pil PCC Pada 2 Sijoli

    KAMPAR Datariau.com - Unit Reskrim Polsek Tambang di Backup Satres Narkoba Polres Kampar ungkap pelaku penyalahgunaan narkotika jenis Shabu dan obat terlarang jenis
  • Kasat Narkoba Polres Aceh Timur Pimpin Razia Apotik

    ACEH TIMUR, datariau.com - Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Timur bersama Dinas Kesehatan Daerah itu, melakukan razia terhadap sejumlah apotik dan depot obat untuk
  • Tim Gabungan Razia Obat di Sejumlah Apotik Pangkalan Kerinci

    PANGKALAN KERINCI, datariau.com - Tim gabungan Polres Pelalawan dan Satpol PP dibantu Dinas Kesehatan dan BNN kabupaten Pelalawan melakukan razia di sejumlah apotik
  • Polsek Simpang Kanan Rohil Datangi Pelajar dan Sosialisasikan Bahaya Pil PCC

    SIMPANGKANAN, datariau.com - Kapolsek Simpangkanan melalui personil Polsek, Selasa (26/9/2017) pukul 10.00 WIB kemarin memberikan penyuluhan kepada pelajar di Kecama
  • Terkait Bahaya Pil PCC, Polres Kampar Sampaikan Himbauan Lewat Radio

    BANGKINANG, datariau.com - Senin 25 September 2017 pukul 13.30 wib, Paur Humas Polres Kampar Iptu Deni Yusra melakukan sosialisasi tentang antisipasi peredar

  • KOMENTAR