Senin, 18 Des 2017 / 29 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Kesehatan
  • Bahaya Pil PCC Disosialisasikan ke Pelajar di Meranti

Bahaya Pil PCC Disosialisasikan ke Pelajar di Meranti

Oleh: Rahmad
Jumat, 06 Okt 2017 15:15
view: 730
Ilustrasi

SELATPANJANG, datariau.com - Informasi peredaran obat ilegal PCC semakin luas di khalayak masyarakat. Terutama pada remaja-remaja yang dominan siswa sekolah menengah atas.

Secara harfiah, tablet PCC (paracetamol, carisoprodol, caffein) yang memiliki kandungan serupa Somadril, yakni Carisoprodol yang berfungsi untuk melemaskan otot demi menghambat rasa sakit ke saraf dan otak. Karenanya, obat ini ketika dikonsumsi berlebih akan menyerang sistem keseimbangan saraf.

Obatan ini menimbulkan efek seperti kantuk dan halusinasi seperti efek penggunaan narkotika. Jika efek jangka panjang penggunaan pil ini secara terus-menerus akan menimbulkan kerusakan organ tubuh seperti jantung dan ginjal.

Kamis (5/10/2017) kemarin, Diskes Kepulauan Meranti turun memberikan sosialisasi kepada siswa SMKN 1 Tebingtinggi tentang bahayanya obatan ini. Walaupun secara keseluruhan PCC tidak ditemukan di Meranti, namun hal ini untuk mengantisipasi agar remaja tidak berpengaruh terhadap berbahaya obatan ilegal ini.

"Ini sosialisasi pertama yang kita lakukan di SMKN 1. Rencana akan dilanjutkan di sekolah lain, dan akan menyertakan pihak Polres Meranti untuk ikut mengisi materi," kata Kasi Farmamin dan Askes, Refiadi SFarm Apt usai sosialisasi kepada wartawan.

Sosialisasi yang juga menyertakan para Apoteker dengan usungan tema "Kami Apoteker Indonesia' menolak penyalahgunaan obat dan peredaran ilegal". Dua pihak ini bekerjasama untuk mencegah beredarnya obat ilegal ini.

"Sasaran kita ke masyarakat dan remaja. Namun kita mulai dulu dari sekolah, sebab isu ini rentan masuk ke mereka," ungkap Refiadi.

Menurutnya, sudah ada beberapa di daerah di Indonesia yang diketahui telah beredarnya obatan ini. Tablet ini dijual dengan harga murah dan mudah didapat.

Oleh karena itu, Diskes, kata dia sudah memanggil pihak Apoteker agar mereka menginventarisir obat yang dijual. "Jika ada ditemukan tolong diamankan," tegasnya.

Sejak tahun 2013, PCC telah ditarik dari peredaran dan dilarang karena obat keras. Namun ada beberapa jenis obat yang kandungannya sama seperti PCC juga telah tidak diizinkan lagi beredar.

"Belum ada ditemukan beredarnya obat mencurigakan di apotek, toko obat, dan tempat lain yang menjual obat-obatan. Kalau ada yang beredar itu ilegal," pungkasnya.

loading...
Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Mengejutkan, Ini Zat Berbahaya di Balik Wadah Plastik yang Penting Anda Ketahui

    JAKARTA, datariau.com - Wadah-wadah plastik memiliki harga yang murah dan cukup ringan untuk dibawa. Tak heran kalau produk ini jadi favorit banyak orang unt

  • Mengatasi Insomnia dengan Cara Tak Terduga Ini

    JAKARTA, datariau.com - Insomnia atau sulit tidur di malam hari sering dikeluhkan orang-orang modern. Gangguan tidur ini bisa menjadi serius, apalagi jika ke

  • Waspada Wabah Difteri, Begini Cara Mencegahnya..

    JAKARTA, datariau.com - Data Kementerian Kesehatan hingga November menunjukkan terdapat 95 Kabupaten atau kota dari 20 provinsi yang melaporkan kasus difteri

  • Difteri Mewabah di Indonesia, Kemenkes Tuding Penolakan Vaksin Sebagai Pemicu

    JAKARTA, datariau.com - Difteri mewabah di sejumlah daerah di Indonesia. Kementerian Kesehatan menyebut hingga November 2017, sebanyak 95 Kabupaten/kota dari

  • Ada Operasi Katarak Gratis di RS Dr Pratomo Bagansiapiapi, Sudah 270 Pasien Mendaftar

    ROHIL, datariau.com - Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH menghadiri acara Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Sabtu (2/12/2017) sekira pukul

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg