Jumat, 15 Des 2017 / 26 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Kesehatan
  • Diantar Orangtuanya, Indah Salah Satu Anak di Kampung Tualang Dibawa Berobat ke Posko

Diantar Orangtuanya, Indah Salah Satu Anak di Kampung Tualang Dibawa Berobat ke Posko

Oleh: Hermansyah
Minggu, 18 Jun 2017 04:25
view: 985
Ist
Indah (12) saat diperiksa diposko penampungan sementara, Jum'at (16/6/2017) malam. Didampingi orangtua dan disaksikan Bupati Siak dan Penghulu Tualang Juprianto.
TUALANG, datariau.com - Tampak wajah gadis belia itu pucat karena demam, Jum'at (16/6/2017). Setelah mendapat pelayanan dengan baik dan diberi obat diposko penanggulangan bencana banjir di Kampung Tualang Kecamatan Tualang, Indah (12) pun pulang bersama orangtuanya.
 
Petugas kesehatan yang berjaga, terkadang tak mengenal waktu. Hingga tengah malam mereka tetap memberikan layanan dengan maksimal. "Posko Kesehatan ini sudah ada sejak hari kamis kemarin dan ini bantuan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak," kata Dokter Yuliarti, Jum'at (16/6/2017) malam.
 
Diakuinya, pasca banjir merendam sejumlah rumah di Kampung Tualang, dikhawatirkan berdampak pada kesehatan warga. "Karena lingkungan terendam banjir, besar kemungkinan akan menimbulkan penyakit. Seperti penyakit mata, sakit perut, penyakit kulit, dan diare,"  ujarnya.
 
Ditambahkanya, warga yang datang berobat kebanyakan dari kaum ibu-ibu. Namun, tidak sedikit juga yang datang dari anak-anak.
 
Ternyata malam itu, Bupati Syamsuar datang bersama rombongan meninjau tiga titik lokasi terjadinya banjir. Mantan Staf Ahli Gubernur Riau itupun langsung menyapa warga yang ada, dan disambut keluh kesah dari masyarakat. Dimana saat itu, Bupati Siak tinjau lokasi dimulai dari RT 06/07 RW 01 Kelurahan Perawang, hingga kelokasi yang terparah di Kampung Tualang.
 
Bupati yang didampingi Kadis Kesehatan, Camat Tualang dan Lurah Perawang meninjau posko penampungan sementara dan posko kesehatan.
 
Dihadapan warganya, Syamsuar bilang bahwa ia telah instruksikan Kadis PU untuk membantu penanganan banjir. "Segera di cek wilayah mana yg perlu digali atau ditutup, lakukan koordinasi dengan pihak IKPP jika masuk wilayah perusahaan tsrsebut," sebutnya.
 
Menanggapi hal itu, Kadis PU Tarukim Irving Kahar mengatakan, ia meminta pihak IKPP untuk mengatur pintu airnya. Agar diatur Out Flownya, jadi jika hujan lebat, banjir tidak terjadi lagi.
 
Menurut Irving, fungsikan kembali sungai perawang tersebut, sehingga air permukaan yang mengalir ke resapan air di sungai Perawang bisa di gerus. Untuk mencegah pendangkalan dan memangkas pertumbuhan Enceng Gondok (Kiambang).
 
Makanya dirinya kemarin meminta, dari muara sungai di normalisasi oleh pihak perusahaan dengan Ampibi. "Hal tersebut belum tuntas, masih ada 2 kilometer lagi," jelasnya.
loading...
Editor: Hermansyah

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Mengejutkan, Ini Zat Berbahaya di Balik Wadah Plastik yang Penting Anda Ketahui

    JAKARTA, datariau.com - Wadah-wadah plastik memiliki harga yang murah dan cukup ringan untuk dibawa. Tak heran kalau produk ini jadi favorit banyak orang unt

  • Mengatasi Insomnia dengan Cara Tak Terduga Ini

    JAKARTA, datariau.com - Insomnia atau sulit tidur di malam hari sering dikeluhkan orang-orang modern. Gangguan tidur ini bisa menjadi serius, apalagi jika ke

  • Waspada Wabah Difteri, Begini Cara Mencegahnya..

    JAKARTA, datariau.com - Data Kementerian Kesehatan hingga November menunjukkan terdapat 95 Kabupaten atau kota dari 20 provinsi yang melaporkan kasus difteri

  • Difteri Mewabah di Indonesia, Kemenkes Tuding Penolakan Vaksin Sebagai Pemicu

    JAKARTA, datariau.com - Difteri mewabah di sejumlah daerah di Indonesia. Kementerian Kesehatan menyebut hingga November 2017, sebanyak 95 Kabupaten/kota dari

  • Ada Operasi Katarak Gratis di RS Dr Pratomo Bagansiapiapi, Sudah 270 Pasien Mendaftar

    ROHIL, datariau.com - Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH menghadiri acara Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Sabtu (2/12/2017) sekira pukul

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg