Selasa, 17 Okt 2017 / 26 Muharram 1439
  • Home
  • Kesehatan
  • Diantar Orangtuanya, Indah Salah Satu Anak di Kampung Tualang Dibawa Berobat ke Posko

Diantar Orangtuanya, Indah Salah Satu Anak di Kampung Tualang Dibawa Berobat ke Posko

Oleh: Hermansyah
Minggu, 18 Jun 2017 04:25
view: 965
Ist
Indah (12) saat diperiksa diposko penampungan sementara, Jum'at (16/6/2017) malam. Didampingi orangtua dan disaksikan Bupati Siak dan Penghulu Tualang Juprianto.
TUALANG, datariau.com - Tampak wajah gadis belia itu pucat karena demam, Jum'at (16/6/2017). Setelah mendapat pelayanan dengan baik dan diberi obat diposko penanggulangan bencana banjir di Kampung Tualang Kecamatan Tualang, Indah (12) pun pulang bersama orangtuanya.
 
Petugas kesehatan yang berjaga, terkadang tak mengenal waktu. Hingga tengah malam mereka tetap memberikan layanan dengan maksimal. "Posko Kesehatan ini sudah ada sejak hari kamis kemarin dan ini bantuan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak," kata Dokter Yuliarti, Jum'at (16/6/2017) malam.
 
Diakuinya, pasca banjir merendam sejumlah rumah di Kampung Tualang, dikhawatirkan berdampak pada kesehatan warga. "Karena lingkungan terendam banjir, besar kemungkinan akan menimbulkan penyakit. Seperti penyakit mata, sakit perut, penyakit kulit, dan diare,"  ujarnya.
 
Ditambahkanya, warga yang datang berobat kebanyakan dari kaum ibu-ibu. Namun, tidak sedikit juga yang datang dari anak-anak.
 
Ternyata malam itu, Bupati Syamsuar datang bersama rombongan meninjau tiga titik lokasi terjadinya banjir. Mantan Staf Ahli Gubernur Riau itupun langsung menyapa warga yang ada, dan disambut keluh kesah dari masyarakat. Dimana saat itu, Bupati Siak tinjau lokasi dimulai dari RT 06/07 RW 01 Kelurahan Perawang, hingga kelokasi yang terparah di Kampung Tualang.
 
Bupati yang didampingi Kadis Kesehatan, Camat Tualang dan Lurah Perawang meninjau posko penampungan sementara dan posko kesehatan.
 
Dihadapan warganya, Syamsuar bilang bahwa ia telah instruksikan Kadis PU untuk membantu penanganan banjir. "Segera di cek wilayah mana yg perlu digali atau ditutup, lakukan koordinasi dengan pihak IKPP jika masuk wilayah perusahaan tsrsebut," sebutnya.
 
Menanggapi hal itu, Kadis PU Tarukim Irving Kahar mengatakan, ia meminta pihak IKPP untuk mengatur pintu airnya. Agar diatur Out Flownya, jadi jika hujan lebat, banjir tidak terjadi lagi.
 
Menurut Irving, fungsikan kembali sungai perawang tersebut, sehingga air permukaan yang mengalir ke resapan air di sungai Perawang bisa di gerus. Untuk mencegah pendangkalan dan memangkas pertumbuhan Enceng Gondok (Kiambang).
 
Makanya dirinya kemarin meminta, dari muara sungai di normalisasi oleh pihak perusahaan dengan Ampibi. "Hal tersebut belum tuntas, masih ada 2 kilometer lagi," jelasnya.
Editor: Hermansyah

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
Kesehatan Terbaru
  • Senam Kebugaran, Zumba Lovers Community Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Siak ke-XVIII
  • Bahaya Pil PCC Disosialisasikan ke Pelajar di Meranti
  • Ngeri! Mata Pria Ini Terkena Sakit Aneh Karena Main Hp Jelang Tidur
  • Penting Diketahui, 9 Penyakit Ini Sering Menyerang Kaki
  • Makan Malam Tidak Sehat, Ini Penjelasannya..
  • IKLAN TUKANG ABU RAFI
    Data Foto
    BAGIKAN:

    BACA JUGA

  • Bupati Siak Syamsuar Buka Kompetisi Burung Berkicau Sapena Tahniah Kabupaten Siak ke-XVIII

    SIAK, datariau.com - Bupati Siak Syamsuar membuka kegiatan Pameran dan Lomba Burung Berkicau yang diselenggarakan oleh Komunitas Kicau di halaman samping gedung Lembaga
  • Paska Jalan PT SIR Tak Kunjung Diaspal, Syamsuar: Itu Karena Gubernur Tidak Meneken MoU

    SIAK, datariau.com - Paska jalan PT SIR Sungai Lukut yang tidak kunjung di aspal oleh Pemerintah Provinsi Riau, membuat Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi merasa geram.
  • Serahkan Gerobak Dorong, Syamsuar: Kalau Dapat Untung, Jangan Lupo Sedekah, Bio Berkah

    SIAK, datariau.com - Bupati Siak Drs H Syamsuar Msi menyerahkan bantuan Gerobak Dorong kepada masyarakat yang kurang mampu guna membangkitkan kembali perekonomian ma
  • Bupati Kampar: Walaupun Mereka Miskin, Pelayanan Harus Diperhatikan

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Dengan dimulainya peletakan batu atau tiang pancang pertama pembangunan gedung Instalasi Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umu

  • Terkendala Biaya, Hamzah Saputra Bocah Asal Rohul Meninggal Dunia di RSUD Arifin Ahmad

    PEKANBARU, datariau.com - Hamzah Syahputra (Putra) bocah kelas IV Sekolah Dasar asal Rokan Hulu (Rohul) menghembuskan nafas terakhir di RSUD Arifin Ahmad, Ahad (24/0
  • Syamsuar Sempatkan Diri Untuk Memanen 5 Ton Ikan Patin di Kecamatan Sabak Auh

    SIAK, datariau.com - Terlihat ceria wajah pria berusia 63 tahun itu, tampak jelas saat dirinya melakukan panen ikan patin yang diperkirakan mencapai 5 ton. Ditengah jad
  • Hanya Butuh 45 Menit, Begini Metode Atasi Saraf Kejepit Tanpa Sakit

    DATARIAU.COM - Kondisi saraf kejepit merupakan salah satu penyebab nyeri pinggang bawah. Gejalanya bisa berupa nyeri seperti di tusuk jarum pada bagian pinggang hingga kaki,
  • KOMENTAR