Jumat, 15 Des 2017 / 26 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Kesehatan
  • Dinas Kasehatan Kampar Gencar Sosialisasikan Bahaya Penyakit Kaki Gajah

Dinas Kasehatan Kampar Gencar Sosialisasikan Bahaya Penyakit Kaki Gajah

Oleh: Mirdas Aditya
Kamis, 27 Jul 2017 14:05
view: 565
Foto : Mirdas Aditya
Petugas Dinkes Kampar Foto Bersama Dengan Masyarakat.
KAMPAR KIRI TENGAH, datariau.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar melalui Sekretaris Dedi Sambudi MKes mengunjungi Puskesmas Desa Hidup Baru Kecamatan Kampar Kiri Tengah, dalam rangka penanggulangan penyakit kaki gajah (Filariasis). Kepala Puskesmas, Kepala Desa Hidup Baru beserta staf dan tokoh masyarakat juga turut hadir dalam acara ini, Rabu (26/7/2017).
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dr M Haris  melalui Sekretaris Dedi Sambudi mengatakan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar telah melasanakan kegiatan pengobatan massal filariasis (kaki gajah) yang dimulai sejak tahun 2012 sampai dengan tahun 2017.
 
"Kegiatan ini dilaksanakan dengan pemberian obat makan secara massal bagi seluruh masyarakat, kecuali bayi dan ibu hamil," terang Dedi.
 
"Kegiatan ini dibiayai bersama Pemerintah Kabupaten Kampar dan Pemerintah pusat, hal ini adalah tahun terakhir pelaksanaan program kaki gajah (filariasis)," tambahnya lagi.
 
Dengan di laksanakan nya pemberian obat kepada masyarakat, Dinas Kesehatan Kampar juga  berharap penyakit kaki gajah tidak ada lagi di kabupaten Kampar.
 
"Malam ini kita melakukan pengambilan sampel darah masyarakat yang di mulai jam 22.00 Wib sampai jam 03.00 Wib dinihari,  dan pemeriksaan darah tersebut di laboratorium, untuk memastikan keberhasilan program (filariasis) yang kita fokuskan pada Desa Pulau lawas kecamatan Bangkinang dan Desa Hidup Baru sebagai sampel," tambah Dedi.
 
"Dalam pemeriksaan ini Dinkes Kampar didampingi oleh tim Kemenkes Yang memantau pengambilan sampel darah. Dan hasilnya akan disampaikan satu bulan kedepan. Jika pada pemeriksaan nanti ditemukan angka kejadian dibawah 1 persen maka kita telah berhasil mengeliminasi penyakit kaki gajah tersebut," pungkasnya.
loading...
Editor: Mirdas Aditya

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Mengejutkan, Ini Zat Berbahaya di Balik Wadah Plastik yang Penting Anda Ketahui

    JAKARTA, datariau.com - Wadah-wadah plastik memiliki harga yang murah dan cukup ringan untuk dibawa. Tak heran kalau produk ini jadi favorit banyak orang unt

  • Mengatasi Insomnia dengan Cara Tak Terduga Ini

    JAKARTA, datariau.com - Insomnia atau sulit tidur di malam hari sering dikeluhkan orang-orang modern. Gangguan tidur ini bisa menjadi serius, apalagi jika ke

  • Waspada Wabah Difteri, Begini Cara Mencegahnya..

    JAKARTA, datariau.com - Data Kementerian Kesehatan hingga November menunjukkan terdapat 95 Kabupaten atau kota dari 20 provinsi yang melaporkan kasus difteri

  • Difteri Mewabah di Indonesia, Kemenkes Tuding Penolakan Vaksin Sebagai Pemicu

    JAKARTA, datariau.com - Difteri mewabah di sejumlah daerah di Indonesia. Kementerian Kesehatan menyebut hingga November 2017, sebanyak 95 Kabupaten/kota dari

  • Ada Operasi Katarak Gratis di RS Dr Pratomo Bagansiapiapi, Sudah 270 Pasien Mendaftar

    ROHIL, datariau.com - Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH menghadiri acara Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Sabtu (2/12/2017) sekira pukul

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg