Sabtu, 20 Jan 2018 / 3 Jamadil Awal 1439

Kenapa Mudah Sakit Saat Musim Pancaroba

Kamis, 11 Jan 2018 14:33
view: 72
Internet

DATARIAU.COM-Tidak dimungkiri, penyakit memang kerap datang silih berganti di musim pancaroba. Dua penyakit yang paling sering dijumpai di saat seperti ini adalah infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran pencernaan.

Bukan kebetulan, musim pancaroba memang dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kejadian ini berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh manusia yang bervariasi dari musim-ke-musim.

Di berbagai daerah tropis, penelitian menemukan bahwa kekebalan tubuh anak memang menurun selama musim hujan. Sedangkan di negara dengan 4 musim, kekebalan tubuh orang dewasa- muda menurun pada musim dingin.

Sebenarnya, tak hanya itu. Perilaku hidup yang tidak bersih dan tidak sehat juga menjadi penyebabnya. Karenanya kebiasaan bersih itu sangat penting untuk diterapkan secara rutin, terutama pada musim pancaroba, karena maraknya penyebaran kuman penyebab masalah kesehatan.

Contohnya, kebiasaan baik untuk mencuci tangan dengan air dan sabun. Karena, tangan adalah gerbang utama masuknya kuman ke dalam tubuh. Maka dari itu, membiasakan diri untuk cuci tangan pada 5 saat penting sebelum makan pagi, sebelum makan siang, sebelum makan malam, setelah keluar dari toilet, dan setelah beraktivitas jangan sampai dilupakan.

Selain itu, membiasakan diri untuk mandi secara rutin dan teratur, beristirahat dengan cukup, menjaga diri agar tidak stres, dan mengonsumsi asupan bergizi seimbang juga harus dilakukan.

Nah, sekarang Anda sudah tahu penyebab gampang sakit saat musim pancaroba. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, terapkan pola hidup bersih dan sehat. Dengan begitu, penyakit tidak akan menghampiri, meski cuaca sedang tidak bersahabat.

Editor: Arizki Fil Bahri

Sumber: Klikdokter.com

Tegur kami jika termuat berita tidak sesuai fakta dengan menghubungi 085265651178 atau email: [email protected] Kami juga menerima artikel, opini, dan informasi lainnya. Sertakan data diri Anda.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Bersepeda Berdampak Negatif Terhadap Kesehatan Seks Pria?

    JAKARTA, datariau.com - Sebuah penelitian sebelumnya menyatakan bahwa bersepeda bisa berdampak negatif terhadap fungsi seks pria. Namun, penelitian terbaru m

  • Akifa Naila Penderita Jantung Bocor Sejak Lahir di Lubuk Dalam Siak Butuh Uluran Tangan Anda

    SIAK, datariau.com - Akifa Naila salah satu balita perempuan penderita (mengalami) Jantung bocor sejak lahir saat ini membutuhkan uluran tangan anda (saudara). Akifa Na
  • Kenapa Mudah Sakit Saat Musim Pancaroba

  • Tenaga Medis di RSUD Rohul Acam Mogok Tugas

    ROHUL, datariau.com - Saat ini telah beredar Surat Komite Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) kepada Direktur R

  • Cara alami untuk mencegah penyakit Jantung

    DATARIAU.COM - Daun dikenal berkhasiat memperlambat penuaan dan mempercepat regenerasi sel ini juga diyakini mampu mencegah serangan jantung. Sebagian masy
  • KOMENTAR
    Polling

    Pasangan Gubernur-Wagub Riau Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data Riau
    Drs H Syamsuar MSi - Edy Afrizal Natar Nasution
    DR H Firdaus MT - H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA - H Suyatno AMP
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi - Hardianto