Senin, 18 Des 2017 / 29 Rabiul Awal 1439

Makan Malam Tidak Sehat, Ini Penjelasannya..

Selasa, 19 Sep 2017 17:50
view: 138
DATARIAU.COM - Para ilmuwan dari Universitas Texas di Dallas, AS, menganjurkan untuk menghentikan kebiasaan makan besar pada malam hari. Menurut studi terkini yang mereka lakukan, kebiasaan tersebut bisa mengacaukan metabolisme tubuh.

Tim periset menyoroti, tidak makan dalam jadwal waktu yang teratur adalah kesalahan umum yang sering dilakukan seseorang. Berat badan juga lebih mudah bertambah jika seseorang makan berat atau mengasup cemilan di malam hari.

Pasalnya, tubuh cenderung dalam kondisi kurang aktif di malam hari sehingga tidak banyak membakar kalori. Makan terlalu larut juga dapat memperlambat metabolisme tubuh seseorang, yang lazimnya diatur oleh jam biologis atau ritme sirkadian.

Studi menguji dampak tersebut pada sekelompok tikus nokturnal, di mana kalori terbukti berkurang asal mereka aktif di malam hari. Sementara, tikus yang diberi makan selama waktu istirahat ternyata gagal menurunkan berat badan dibandingkan kelompok yang aktif.

"Diterjemahkan ke dalam perilaku manusia, penelitian ini menyarankan bahwa diet hanya akan efektif jika kalori dikonsumsi pada siang hari saat seseorang bangun dan aktif," ungkap dr Joseph Takahashi, pakar neurosains dari Universitas Texas.

Takahashi dan tim menggagas riset dari penelitian terdahulu di Inggris yang menyebutkan makan larut malam kurang sehat bagi tubuh. Studi oleh Kings College London tersebut menganalisis efek nutrisi dari waktu makan tertentu, di mana makan terlalu larut dikaitkan dengan obesitas.

Namun, peneliti masih bertanya-tanya apakah asupan energi harus diperbesar saat sarapan atau merata sepanjang hari. Sementara, studi oleh ilmuwan Israel menyarankan waktu makan terbaik adalah empat jam setelah matahari terbit, dikutip dari laman Daily Star.
loading...
Editor: Riki

Sumber: Republika.co.id

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Mengejutkan, Ini Zat Berbahaya di Balik Wadah Plastik yang Penting Anda Ketahui

    JAKARTA, datariau.com - Wadah-wadah plastik memiliki harga yang murah dan cukup ringan untuk dibawa. Tak heran kalau produk ini jadi favorit banyak orang unt

  • Mengatasi Insomnia dengan Cara Tak Terduga Ini

    JAKARTA, datariau.com - Insomnia atau sulit tidur di malam hari sering dikeluhkan orang-orang modern. Gangguan tidur ini bisa menjadi serius, apalagi jika ke

  • Waspada Wabah Difteri, Begini Cara Mencegahnya..

    JAKARTA, datariau.com - Data Kementerian Kesehatan hingga November menunjukkan terdapat 95 Kabupaten atau kota dari 20 provinsi yang melaporkan kasus difteri

  • Difteri Mewabah di Indonesia, Kemenkes Tuding Penolakan Vaksin Sebagai Pemicu

    JAKARTA, datariau.com - Difteri mewabah di sejumlah daerah di Indonesia. Kementerian Kesehatan menyebut hingga November 2017, sebanyak 95 Kabupaten/kota dari

  • Ada Operasi Katarak Gratis di RS Dr Pratomo Bagansiapiapi, Sudah 270 Pasien Mendaftar

    ROHIL, datariau.com - Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH menghadiri acara Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Sabtu (2/12/2017) sekira pukul

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg