Jumat, 15 Des 2017 / 26 Rabiul Awal 1439

Mengatasi Insomnia dengan Cara Tak Terduga Ini

Selasa, 05 Des 2017 09:26
view: 818

JAKARTA, datariau.com - Insomnia atau sulit tidur di malam hari sering dikeluhkan orang-orang modern. Gangguan tidur ini bisa menjadi serius, apalagi jika keesokan harinya kita memiliki pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga, maka tidur nyenyak di malam hari adalah hal yang tak bisa ditawar.

Orang yang insomnia pasti sering mengalami rasa gelisah di tempat tidur karena mata belum juga mengantuk walau jarum jam sudah melewati tengah malam. Menurut para ahli, ternyata berada di tempat tidur saat rasa kantuk belum datang adalah hal yang keliru.

Menurut riset terbaru dari University of Pennsylvania School of Medicine, kebiasaan itu justru bisa menimbulkan insomnia kronis.

Setelah memantau kebiasaan tidur 416 peserta selama satu tahun, para periset menemukan bahwa mereka yang baru naik ke tempat tidur saat sudah mengantuk cenderung akan tidur lebih nyenyak dibandingkan dengan mereka yang tetap berada di atas tempat tidur saat susah tidur.

Temuan awal, yang dipresentasikan pada konferensi SLEEP 2016 ini mengungkapkan bahwa menghindari tempat tidur saat mata tidak mampu terpejam, dapat mencegah sampai 80 persen kasus insomnia kronis.

Meskipun nasehat ini nampaknya berlawanan dengan intuisi, hal ini masuk akal untuk menemukan apa penyebab Anda tidak bisa tertidur.

"Orang-orang dengan insomnia biasanya memperpanjang kesempatan tidur mereka. Mereka yang sulit tidur di malam hari biasanya tidur malam lebih awal, bangun dari tempat tidur telat, dan tidur siang," kata Michael Perlis, Ph.D., direktur Penn Behavioral Sleep Medicine Programme.

Menurut Perlis kebiasaan tersebut akan menciptakan ketidakcocokan antara kemampuan tidur dan waktu tidur.

Menurut dia, jika kita masih juga mengantuk, sebaiknya bangkit dari tempat tidur dan coba membaca atau menulis.

"Cara ini tidak hanya membuat Anda tertidur dalam waktu satu jam. Tapi, juga membuat Anda tidur lebih cepat dan lebih nyenyak daripada hanya berdiam diri di tempat tidur," paparnya.

loading...
Sumber: Kompas.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Mengejutkan, Ini Zat Berbahaya di Balik Wadah Plastik yang Penting Anda Ketahui

    JAKARTA, datariau.com - Wadah-wadah plastik memiliki harga yang murah dan cukup ringan untuk dibawa. Tak heran kalau produk ini jadi favorit banyak orang unt

  • Mengatasi Insomnia dengan Cara Tak Terduga Ini

    JAKARTA, datariau.com - Insomnia atau sulit tidur di malam hari sering dikeluhkan orang-orang modern. Gangguan tidur ini bisa menjadi serius, apalagi jika ke

  • Waspada Wabah Difteri, Begini Cara Mencegahnya..

    JAKARTA, datariau.com - Data Kementerian Kesehatan hingga November menunjukkan terdapat 95 Kabupaten atau kota dari 20 provinsi yang melaporkan kasus difteri

  • Difteri Mewabah di Indonesia, Kemenkes Tuding Penolakan Vaksin Sebagai Pemicu

    JAKARTA, datariau.com - Difteri mewabah di sejumlah daerah di Indonesia. Kementerian Kesehatan menyebut hingga November 2017, sebanyak 95 Kabupaten/kota dari

  • Ada Operasi Katarak Gratis di RS Dr Pratomo Bagansiapiapi, Sudah 270 Pasien Mendaftar

    ROHIL, datariau.com - Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH menghadiri acara Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Sabtu (2/12/2017) sekira pukul

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg