Jumat, 15 Des 2017 / 26 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Kesehatan
  • Mengejutkan, Ini Zat Berbahaya di Balik Wadah Plastik yang Penting Anda Ketahui

Mengejutkan, Ini Zat Berbahaya di Balik Wadah Plastik yang Penting Anda Ketahui

Selasa, 05 Des 2017 10:18
view: 1.083

JAKARTA, datariau.com - Wadah-wadah plastik memiliki harga yang murah dan cukup ringan untuk dibawa. Tak heran kalau produk ini jadi favorit banyak orang untuk menyimpan makanan serta minuman.

Dalam memilih wadah plastik yang akan digunakan,  memang harus lebih selektif.

Terutama jika memilih wadah makanan untuk anak-anak. Ternyata ada bahan-bahan plastik yang diketahui berbahaya bagi kesehatan dan sebenarnya tidak diperbolehkan untuk menyimpan makanan atau minuman.

Ada beberapa bahan plastik yang dicurigai bisa menimbulkan masalah hormon karena masuk ke dalam tubuh melalui partikel-partikel kecilnya. Partikel tersebut bisa terlepas saat terkena panas dari makanan atau minuman.

Bahan plastik yang dicurigai menyimpan bahaya antara lain polystyrene (styrofoam), polivinil klorida, dan plastik polikarbonat.

Untuk itu dalam memilih wadah plastik perhatikan kode-kode di bawah kemasannya. Hindari yang berlogo atau bertuliskan polistirena (# 6), polivinil klorida (# 3), dan polikarbonat (# 7) untuk menyimpan makanan. Kemungkinan besar wadah tersebut bisa melelehkan zat kimia berbahaya yang kemudian tercampur pada makanan atau minuman.

Lebih baik gunakan kertas untuk membungkus atau wadah keramik. Dalam memilih kemasan plastik untuk bayi dan anak-anak, cari yang tidak mengandung bisphenol A (BPA) atau sering tertulis BPA free. Pasalnya zat kimia tersebut dalam beberapa penelitian diketahui bisa memicu gangguan endokrin.

Dalam memilih kemasan untuk menyimpan air, lebih baik pilih botol berbahan logam. Botol-botol plastik yang biasanya mudah tergores, rusak dan membuat partikelnya mencemari air minum yang ada di dalamnya.

loading...
Sumber: Dream.co.id

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Mengejutkan, Ini Zat Berbahaya di Balik Wadah Plastik yang Penting Anda Ketahui

    JAKARTA, datariau.com - Wadah-wadah plastik memiliki harga yang murah dan cukup ringan untuk dibawa. Tak heran kalau produk ini jadi favorit banyak orang unt

  • Mengatasi Insomnia dengan Cara Tak Terduga Ini

    JAKARTA, datariau.com - Insomnia atau sulit tidur di malam hari sering dikeluhkan orang-orang modern. Gangguan tidur ini bisa menjadi serius, apalagi jika ke

  • Waspada Wabah Difteri, Begini Cara Mencegahnya..

    JAKARTA, datariau.com - Data Kementerian Kesehatan hingga November menunjukkan terdapat 95 Kabupaten atau kota dari 20 provinsi yang melaporkan kasus difteri

  • Difteri Mewabah di Indonesia, Kemenkes Tuding Penolakan Vaksin Sebagai Pemicu

    JAKARTA, datariau.com - Difteri mewabah di sejumlah daerah di Indonesia. Kementerian Kesehatan menyebut hingga November 2017, sebanyak 95 Kabupaten/kota dari

  • Ada Operasi Katarak Gratis di RS Dr Pratomo Bagansiapiapi, Sudah 270 Pasien Mendaftar

    ROHIL, datariau.com - Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH menghadiri acara Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Sabtu (2/12/2017) sekira pukul

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg