Jumat, 20 Okt 2017 / 29 Muharram 1439
  • Home
  • Kesehatan
  • Meski Pakai BPJS, Pasien RSUD Dumai Ini Tetap Bayar Beli Obat

Meski Pakai BPJS, Pasien RSUD Dumai Ini Tetap Bayar Beli Obat

Oleh: Windy
Rabu, 09 Agu 2017 14:30
view: 991
Windy
Direktur RSUD Dumai sat memberi penjelasan.

DUMAI, datariau.com - Peserta pengguna kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan yang dirawat di RSUD Dumai Provinsi Riau mengeluh lantaran masih harus membayar untuk membeli obat.

Hal ini dikatakan Abdul Karim (45) warga Jalan Pertanian Sp Merpati Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai saat dirinya berobat untuk memeriksakan kondisi sakit Tipus di RSUD Kota Dumai, pada Sabtu lalu sekira pukul 22.40 WIB.

Peserta BPJS pasien yang juga seorang wartawan media mingguan itu mengatakan, dirinya harus menebus resep obat setelah selesai memeriksakan kesehatan Tipusnya.

"Saya datang ke RSUD Dumai untuk memeriksa kondisi penyakit di ruang UGD. Saya kan punya Kartu BPJS yang tiap bulannya terus melakukan pembayaran. Akan tetapi setelah melakukan perawatan kondisi saya, perawat yang berada di UGD RSUD Dumai mengatakan bahwa saya harus bayar berkisar dua ratus ribuan. Saya sudah menjelaskan sudah memiliki kartu BPJS mandiri," katanya.

Ia pun mempertanyakan kenapa warga yang sudah memiliki Kartu BPJS dan membayar iuran setiap bulannya tetap harus membayar dan menebus biaya obat dengan gejala Tipus ini.

"Saya dikasih 4 jenis obat yakni Parasetamol, Epexol, Ciprofloxacin 500 dan Lancoprazol. Pihak RSUD Dumai beralasan untuk penyakit saya hasil diagnosa kata pihak RSUD Dumai tidak termasuk pasien gawat darurat, oleh sebab itu perawatan secara rawat jalan. Dengan kejadian ini saya selaku Peserta BPJS merasa dirugikan, karena buat apa punya BPJS kalau tetap harus bayar," imbuh dia.

Terkait hal ini, Direktur RSUD Dumai dr Syaiful kepada Datariau.com, Rabu (9/8/2017) menjelaskan, prosedur untuk membayar tersebut bukan dari pihak RSUD Kota Dumai, melainkan itu yang punya aturannya adalah pihak BPJS.

"Kami hanya menjalankan, dimana yang dapat diklaim dan ditanggung biayanya oleh pihak BPJS ialah dengan kasus yang emergency dan darurat," kata dr Syaiful.

Dijelaskan juga, pihak RSUD Kota Dumai akan menerima layanan BPJS pada saat pasien dalam keadaan darurat dan emergency barulah pasien cukup melalui kartu BPJS, apabila dalam keadaan sebaliknya hanya dalam keadaan sakit yang wajar menurut medis, maka pasien diwajibkan membayar biaya perawatannya walapun pasien termasuk peserta BPJS.

Direktur RSUD Kota Dumai juga berharap BPJS dapat mengambil kebijakan terhadap peserta BPJS untuk pelayanan pembayaran iuran BPJS bukan hanya sekedar pada waktu ditanggung pada sewaktu pasien dalam keadaan darurat dan emergency saja melainkan sekedar berobat yang sifatnya belum darurat dan emergency.

loading...
Editor: Agusri

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Daftar Secara Online BPJS Ketenagakerjaan, Begini Caranya..

    JAKARTA, datariau.com - BPJS Ketenagakerjaan kini hadir lebih dekat dengan masyarakat pekerja melalui peluncuran BPU Web Mobile. Aplikasi ini ditujukan bagi para
  • Viral, Ibu Gendong Jenazah Bayi di Angkot Karena BPJS Tidak Sediakan Ambulan

    LAMPUNG, datariau.com - Foto seorang ibu sedang menggendong jenazah anaknya di dalam angkot mengundang simpati dari masyarakat. Ibu yang diketahui bernama De

  • KTP Warga Kampar Ini Ditahan Rumah Sakit Karena Belum Sanggup Lunasi Uang Berobat

    PeKANBARU, datariau.com - Musdianto, ayah dari bayi penderita kulit mengelupas harus menitipkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, l

  • Masyarakat Pekanbaru Masih Mengeluh, DPRD Minta BPJS Maksimalkan Pelayanan

    PEKANBARU, datariau.com - Hingga saat ini, warga Kota Pekanbaru masih saja mengeluhkan persoalan buruknya pelayanan bagi peserta BPJS di rumah sakit-rumah sa

  • Rion Akan Surati Ombudsman Terkait Pasien BPJS Tetap Bayar Beli Obat

    DUMAI, datariau.com - Terkait pasien BPJS atas nama Abdul Karim (45) warga Jalan Pertanian Simpang Merpati Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur Kota Du

  • Meski Pakai BPJS, Pasien RSUD Dumai Ini Tetap Bayar Beli Obat

    DUMAI, datariau.com - Peserta pengguna kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan yang dirawat di RSUD Dumai Provinsi Riau mengeluh lantara

  • DPRD Sayangkan Kebijakan RS Sansani Pekanbaru Terkait BPJS

    PEKANBARU, datariau.com - Kebijakan Rumah Sakit Sansani yang beralamat di Jl Soekarno-Hatta Pekanbaru disayangkan wakil rakyat di DPRD Kota Pekanbaru. Dimana

  • KOMENTAR