Senin, 11 Des 2017 / 22 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Kesehatan
  • Meski Pakai BPJS, Pasien RSUD Dumai Ini Tetap Bayar Beli Obat

Meski Pakai BPJS, Pasien RSUD Dumai Ini Tetap Bayar Beli Obat

Oleh: Windy
Rabu, 09 Agu 2017 14:30
view: 1.024
Windy
Direktur RSUD Dumai sat memberi penjelasan.

DUMAI, datariau.com - Peserta pengguna kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan yang dirawat di RSUD Dumai Provinsi Riau mengeluh lantaran masih harus membayar untuk membeli obat.

Hal ini dikatakan Abdul Karim (45) warga Jalan Pertanian Sp Merpati Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur Kota Dumai saat dirinya berobat untuk memeriksakan kondisi sakit Tipus di RSUD Kota Dumai, pada Sabtu lalu sekira pukul 22.40 WIB.

Peserta BPJS pasien yang juga seorang wartawan media mingguan itu mengatakan, dirinya harus menebus resep obat setelah selesai memeriksakan kesehatan Tipusnya.

"Saya datang ke RSUD Dumai untuk memeriksa kondisi penyakit di ruang UGD. Saya kan punya Kartu BPJS yang tiap bulannya terus melakukan pembayaran. Akan tetapi setelah melakukan perawatan kondisi saya, perawat yang berada di UGD RSUD Dumai mengatakan bahwa saya harus bayar berkisar dua ratus ribuan. Saya sudah menjelaskan sudah memiliki kartu BPJS mandiri," katanya.

Ia pun mempertanyakan kenapa warga yang sudah memiliki Kartu BPJS dan membayar iuran setiap bulannya tetap harus membayar dan menebus biaya obat dengan gejala Tipus ini.

"Saya dikasih 4 jenis obat yakni Parasetamol, Epexol, Ciprofloxacin 500 dan Lancoprazol. Pihak RSUD Dumai beralasan untuk penyakit saya hasil diagnosa kata pihak RSUD Dumai tidak termasuk pasien gawat darurat, oleh sebab itu perawatan secara rawat jalan. Dengan kejadian ini saya selaku Peserta BPJS merasa dirugikan, karena buat apa punya BPJS kalau tetap harus bayar," imbuh dia.

Terkait hal ini, Direktur RSUD Dumai dr Syaiful kepada Datariau.com, Rabu (9/8/2017) menjelaskan, prosedur untuk membayar tersebut bukan dari pihak RSUD Kota Dumai, melainkan itu yang punya aturannya adalah pihak BPJS.

"Kami hanya menjalankan, dimana yang dapat diklaim dan ditanggung biayanya oleh pihak BPJS ialah dengan kasus yang emergency dan darurat," kata dr Syaiful.

Dijelaskan juga, pihak RSUD Kota Dumai akan menerima layanan BPJS pada saat pasien dalam keadaan darurat dan emergency barulah pasien cukup melalui kartu BPJS, apabila dalam keadaan sebaliknya hanya dalam keadaan sakit yang wajar menurut medis, maka pasien diwajibkan membayar biaya perawatannya walapun pasien termasuk peserta BPJS.

Direktur RSUD Kota Dumai juga berharap BPJS dapat mengambil kebijakan terhadap peserta BPJS untuk pelayanan pembayaran iuran BPJS bukan hanya sekedar pada waktu ditanggung pada sewaktu pasien dalam keadaan darurat dan emergency saja melainkan sekedar berobat yang sifatnya belum darurat dan emergency.

loading...
Editor: Agusri

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Mengejutkan, Ini Zat Berbahaya di Balik Wadah Plastik yang Penting Anda Ketahui

    JAKARTA, datariau.com - Wadah-wadah plastik memiliki harga yang murah dan cukup ringan untuk dibawa. Tak heran kalau produk ini jadi favorit banyak orang unt

  • Mengatasi Insomnia dengan Cara Tak Terduga Ini

    JAKARTA, datariau.com - Insomnia atau sulit tidur di malam hari sering dikeluhkan orang-orang modern. Gangguan tidur ini bisa menjadi serius, apalagi jika ke

  • Waspada Wabah Difteri, Begini Cara Mencegahnya..

    JAKARTA, datariau.com - Data Kementerian Kesehatan hingga November menunjukkan terdapat 95 Kabupaten atau kota dari 20 provinsi yang melaporkan kasus difteri

  • Difteri Mewabah di Indonesia, Kemenkes Tuding Penolakan Vaksin Sebagai Pemicu

    JAKARTA, datariau.com - Difteri mewabah di sejumlah daerah di Indonesia. Kementerian Kesehatan menyebut hingga November 2017, sebanyak 95 Kabupaten/kota dari

  • Ada Operasi Katarak Gratis di RS Dr Pratomo Bagansiapiapi, Sudah 270 Pasien Mendaftar

    ROHIL, datariau.com - Kapolres Rokan Hilir AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH menghadiri acara Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis, Sabtu (2/12/2017) sekira pukul

  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg