Senin, 11 Des 2017 / 22 Rabiul Awal 1439

Bahas Sampah di Pekanbaru, Komisi IV Panggil DLHK

Oleh: Myus
Rabu, 11 Jan 2017 13:22
view: 1.006
doc.
Kondisi sampah di Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu. Sampai saat ini masih terjadi tumpukan di beberapa ruas jalanan kota.

PEKANBARU, datariau.com - Persoalan tumpukan sampah menjadi masalah serius beberapa tahun belakangan di Kota Pekanbaru. Membahas masalah ini, Komisi IV memanggil Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Rabu (11/1/2017).

Kepala DLHK kota Pekanbaru, Zulfikri kepada Komisi IV beralasan bahwa terjadinya penumpukan sampah selama ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat.

"Disebabkan 2 hal saja, pertama kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah, kedua kurangnya anggaran dalam mempersiapkan peralatan dan SDM dalam pengangkutan sampah," kata Zulfikri.

Diterangkannya, bahwa DLHK memiliki 123 unit kendaraan pengangkutan sampah, tetapi yang berfungsi hanya 64 unit kendaraan. Dengan jumlah kendaraan yang minim ini menjadi alasan bagi DLHK tidak bisa maksimal dalam melakukan pengangkutan sampah.

"Apalagi kota Pekanbaru ini sangat luas wilayahnya. Belum lagi masalah kekurangan Tenaga Harian Lepas yang bertugas untuk pengangkutan sampah. Saat ini jumlah THL sampah kita 1223 orang, dan jumlah itu kita nilai juga kurang. Makanya kita meminta kepada Sekko Pekanbaru agar tidak mengurangi THL di DLHK, sebab kita ini juga kekurangan THL," ujar Zulfikri.

Sampai saat ini, lanjutnya, untuk solusi pengangkutan sampah sudah lakukan yakni dimulai dari Jalan Soekarno Hatta Ujung sampai ke Jalan Riau Ujung. Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat jangan membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Yakni mulai dari pukul 19.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB," ujar Zulfikri.

Ketua Komisi IV DPRD kota Pekanbaru Roni Amriel mengatakan, pihaknya telah mendengar keluhan yang disampaikan oleh DLHK tentang masalah sampah serta program kerja DLHK kota Pekanbaru pada tahun 2017 ini. Adapun anggaran sampah serta pembayaran THL dan program kerja DLHK sebanyak Rp34 miliar.

"Untuk masalah program sampah, memang DLHK kita nilai tidak ada masalah, cuma kalau anggaran tidak memungkinkan bagaimana kota Pekanbaru ini bersih. Jadi, DLHK kota Pekanbaru hanya perlu dukungan semua pihak, terutama masalah anggaran, seperti untuk pembayaran THL dan biaya sarana prasarana dalam pengangkutan sampah. Kalau anggaran THL dan kendaraan pengangkut sampah saja tidak mencukupi atau dipotong, saya kira kota Pekanbaru ini tidak pernah bersih," ujar Roni.

Untuk itu, Roni mengajak semua pihak mendukung kinerja dan program DLHK kota Pekanbaru kedepannya.

"Tadi, kita sudah memberikan masukan dan dukungan agar kedepan DLHK bisa bekerja secara maksimal, terutama masalah sampah di kota Pekanbaru ini. Namun yang penting itu adalah sosialisasi kepada masyarakat yakni sampai ke tingkat RT tentang aturan pembuangan sampah, kan dana sosialisasi sudah ada," pungkasnya.

loading...
Editor: Riki

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Aksi Begal Karena Kecanduan Narkoba, DPRD Minta Polisi Rutin Patroli di Malam Hari

    PEKANBARU, datariau.com - Maraknya aksi begal belakangan ini disinyalir karena semakin banyaknya remaja kecanduan narkoba. Untuk itu kepolisian diminta razia rutin di m
  • DPRD Kritik Sekian Lama Banjir Pekanbaru Tak Tertangani

    PEKANBARU, datariau.com - Sekian lama banjir di Pekanbaru belum mampu ditangani bahkan semakin parah. DPRD sampai saat ini belum melihat master plan penanganan banjir t
  • Mulyadi: Cabut Izin Pangkalan Elpiji yang Membuat Susah Masyarakat

    PEKANBARU, datariau.com - Indikasi adanya pangkalan yang menjual elpiji subsidi secara curang semakin nyata adanya. DPRD Pekanbaru minta dinas terkait jangan berdiam
  • Agar Pohon Pelindung di Jalan Tak Mudah Tumbang, Ini Saran DPRD Pekanbaru..

    PEKANBARU, datariau.com - Adanya pohon tua yang tumbang di Kota Pekanbaru tanpa hujan dan angin jadi perhatian kalangan DPRD kota ini. Agar tak mudah tumbang, legislati
  • Tinjau SPBE Perawang, Anggota DPRD Siak ini Sebut Informasi Masyarakat Ada Permainan di Pangkalan

    SIAK, datariau.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak Komisi III Daerah Pemilihan (Dapil) Tualang Awaluddin melakukan peninjauan ke Stasiun
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg