Kamis, 19 Okt 2017 / 28 Muharram 1439

Bahas Sampah di Pekanbaru, Komisi IV Panggil DLHK

Oleh: Myus
Rabu, 11 Jan 2017 13:22
view: 991
doc.
Kondisi sampah di Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu. Sampai saat ini masih terjadi tumpukan di beberapa ruas jalanan kota.

PEKANBARU, datariau.com - Persoalan tumpukan sampah menjadi masalah serius beberapa tahun belakangan di Kota Pekanbaru. Membahas masalah ini, Komisi IV memanggil Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Rabu (11/1/2017).

Kepala DLHK kota Pekanbaru, Zulfikri kepada Komisi IV beralasan bahwa terjadinya penumpukan sampah selama ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat.

"Disebabkan 2 hal saja, pertama kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah, kedua kurangnya anggaran dalam mempersiapkan peralatan dan SDM dalam pengangkutan sampah," kata Zulfikri.

Diterangkannya, bahwa DLHK memiliki 123 unit kendaraan pengangkutan sampah, tetapi yang berfungsi hanya 64 unit kendaraan. Dengan jumlah kendaraan yang minim ini menjadi alasan bagi DLHK tidak bisa maksimal dalam melakukan pengangkutan sampah.

"Apalagi kota Pekanbaru ini sangat luas wilayahnya. Belum lagi masalah kekurangan Tenaga Harian Lepas yang bertugas untuk pengangkutan sampah. Saat ini jumlah THL sampah kita 1223 orang, dan jumlah itu kita nilai juga kurang. Makanya kita meminta kepada Sekko Pekanbaru agar tidak mengurangi THL di DLHK, sebab kita ini juga kekurangan THL," ujar Zulfikri.

Sampai saat ini, lanjutnya, untuk solusi pengangkutan sampah sudah lakukan yakni dimulai dari Jalan Soekarno Hatta Ujung sampai ke Jalan Riau Ujung. Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat jangan membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Yakni mulai dari pukul 19.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB," ujar Zulfikri.

Ketua Komisi IV DPRD kota Pekanbaru Roni Amriel mengatakan, pihaknya telah mendengar keluhan yang disampaikan oleh DLHK tentang masalah sampah serta program kerja DLHK kota Pekanbaru pada tahun 2017 ini. Adapun anggaran sampah serta pembayaran THL dan program kerja DLHK sebanyak Rp34 miliar.

"Untuk masalah program sampah, memang DLHK kita nilai tidak ada masalah, cuma kalau anggaran tidak memungkinkan bagaimana kota Pekanbaru ini bersih. Jadi, DLHK kota Pekanbaru hanya perlu dukungan semua pihak, terutama masalah anggaran, seperti untuk pembayaran THL dan biaya sarana prasarana dalam pengangkutan sampah. Kalau anggaran THL dan kendaraan pengangkut sampah saja tidak mencukupi atau dipotong, saya kira kota Pekanbaru ini tidak pernah bersih," ujar Roni.

Untuk itu, Roni mengajak semua pihak mendukung kinerja dan program DLHK kota Pekanbaru kedepannya.

"Tadi, kita sudah memberikan masukan dan dukungan agar kedepan DLHK bisa bekerja secara maksimal, terutama masalah sampah di kota Pekanbaru ini. Namun yang penting itu adalah sosialisasi kepada masyarakat yakni sampai ke tingkat RT tentang aturan pembuangan sampah, kan dana sosialisasi sudah ada," pungkasnya.

loading...
Editor: Riki

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • DPRD Pekanbaru Minta Wacana Sewa Mobil Sampah Rp 4 Miliar Dipikir Ulang

    PEKANBARU, datariau.com - Pengajuan anggaran untuk sewa mobil pengangkut sampah Rp 4 miliar di APBD-P 2017 oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru, menda
  • AMAN Inhu Laporkan PKS PT KAS ke Dinas LHK Riau

    RENGAT, datariau.com - Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) melaporkan PKS PT KAS (Karisma Agro Sejahtera) ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutaan Provins

  • Perusahaan Ini Jualan Barang yang Bisa Membersihkan Sampah Pekanbaru

    PEKANBARU, datariau.com - Meski pada tahun ini Pekanbaru gagal meraih Piala Adipura, namun kebersihan tetap harus menjadi prioritas utama. Guna menjaga agar

  • Bupati Kampar Bagikan 15 Motor Pengangkut Sampah

    BANGKINANG KOTA, datariau.com - Setelah Kampar menerima sertifikat Adipura beberapa waktu lalu dari Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Bupati Kampa

  • Enam Warga Pekanbaru Ditangkap Satgas Sampah

    PEKANBARU, datariau.com - Satgas Sampah bentukan Pemko Pekanbaru menangkap enam warga pembuang sampah sembarangan. Hal ini disampaikan oleh Kadis LHK Zulfikr

  • Pekanbaru Kembali Gagal Raih Adipura, Firdaus: Tak Apa-apa

    PEKANBARU, datariau.com - Setelah beberapa hari bungkam, Walikota Pekanbaru, Firdaus, akhirnya buka mulut soal kegagalan Pekanbaru mendapat Adipura selama em

  • DPRD Pekanbaru Dukung Sanksi Buang Sampah Sembarangan Segera Diterapkan

    PEKANBARU, datariau.com - Kebijakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru dalam rangka penerapan sanksi buang sampah sembarangan kepada masy

  • KOMENTAR