Selasa, 12 Des 2017 / 23 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Legislatif
  • DPRD Desak Disperindag Tinjau ke Pasaran, Jangan Hanya Menunggu Laporan

Isu Cabe Berformalin di Pekanbaru

DPRD Desak Disperindag Tinjau ke Pasaran, Jangan Hanya Menunggu Laporan

Kamis, 26 Jan 2017 15:15
view: 896
Ilustrasi

PEKANBARU, datariau.com - Adanya informasi beredar bahwa cabe berformalin telah masuk dan diperjualbelikan di pasaran di Kota Pekanbaru, mendapat tanggapan serius Anggota DPRD Kota Pekanbaru. Memastikan itu, dinas terkait diminta meninjau di pasaran.

"Ciri-cirinya kan sudah jelas, cabe terlihat mengkilap, keras dan segar, sepertinya banyak kita lihat di pasaran, untuk itu kepada Disperindag kita minta turun bersama tim ke lapangan untuk memantau cabe yang dijual di pasaran," ungkap Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Roem Diani Dewi, Kamis (25/1/2017).

Menurut Politisi PKS ini, jika dinas terkait hanya menunggu laporan saja, maka kebijakan ini dinilai sangat tidak tepat. Karena masyarakat awam akan enggan melapor karena dinilai hanya mengabiskan waktu saja dan mereka juga tidak mengetahui prosedur pelaporan seperti apa.

"Oke lah misalnya Disperindag menilai ini bukan kewenangan mereka, karena persoalan zat berbahaya ada pada BPOM, setidaknya Disperindag juga berperan untuk mengantisipasi agar komoditi yang sangat diperlukan ini tidak dirusak oleh oknum yang mencari keuntungan secara curang," sebut Roem.

Untuk itu, Roem mengharapkan agar dinas terkait agar segera memantau peredaran cabe yang disebut berformalin ini, agar tidak sampai beredar di Kota Pekanbaru. Sebab, dampak kesehatan dalam jangka panjang sangat buruk atas keberadaan cabe berformalin jika dikosumsi manusia.

"Terlebih ini kebutuhan yang setiap hari dicari para ibu rumah tangga, terkadang mereka menemukan kondisi cabe keras, mengkilap dan ciri-ciri berformalin, hanya saja sulit untuk melapor kemana, maka Disperindag atau dinas terkait harus segera membuka diri tempat aduan," pintanya.

Bahkan ketika dinas terkait tidak membuka tempat aduan masyarakat, Roem menambahkan, bahwa pihaknya di Komisi II siap menampung aspirasi masyarakat. Artinya, masyarakat bisa mengadukan jika ditemukan cabe diduga diberi formalin, kepada DPRD Kota Pekanbaru.

"Bawa sampel cabenya dan catat identitas toko atau pedagangnya, nanti kita akan sama-sama usut bersama dinas terkait," pungkasnya.

loading...
Editor: Riki

Sumber: Datariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Jelang Natal, DPRD Pekanbaru Minta Aparat Tetap Waspa Aksi Terorisme

    PEKANBARU, datariau.com - DPRD Kota Pekanbaru mengapresiasi kesuksesan Densus 88 dan Polda Riau dalam mengungkap terduga pelaku terorisme yang ternyata merek

  • Jalan dan Drainase Diperbaiki, Warga RW 03 Berterimakasih Kepada Ida Yulita Susanti

    PEKANBARU, datariau.com - Warga RW 03 Kelurahan Air Putih Kecamatan Tampan pada tahun 2017 ini menikmati semenisasi dan perbaikan drainase japan di 13 titik. 
  • Aksi Begal Karena Kecanduan Narkoba, DPRD Minta Polisi Rutin Patroli di Malam Hari

    PEKANBARU, datariau.com - Maraknya aksi begal belakangan ini disinyalir karena semakin banyaknya remaja kecanduan narkoba. Untuk itu kepolisian diminta razia rutin di m
  • DPRD Kritik Sekian Lama Banjir Pekanbaru Tak Tertangani

    PEKANBARU, datariau.com - Sekian lama banjir di Pekanbaru belum mampu ditangani bahkan semakin parah. DPRD sampai saat ini belum melihat master plan penanganan banjir t
  • Mulyadi: Cabut Izin Pangkalan Elpiji yang Membuat Susah Masyarakat

    PEKANBARU, datariau.com - Indikasi adanya pangkalan yang menjual elpiji subsidi secara curang semakin nyata adanya. DPRD Pekanbaru minta dinas terkait jangan berdiam
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg