Senin, 11 Des 2017 / 22 Rabiul Awal 1439
  • Home
  • Legislatif
  • DPRD Minta Tenaga Kerja Lokal Jadi Tuan di Negeri Sendiri

DPRD Minta Tenaga Kerja Lokal Jadi Tuan di Negeri Sendiri

Kamis, 12 Jan 2017 08:19
view: 1.058
doc.
Ade Hartati Rahmad.

PEKANBARU, DATARIAU.COM - Anggota Komisi E DPRD Riau yang membidangi masalah kesejahteraan rakyat, Ade Hartati Rahmad merasa resah dengan kondisi ketenagakerjaan khususnya peluang tenaga kerja lokal dalam mengisi peluang kerja yang ada di Riau terkait bebasnya tenaga kerja asing yang masuk yang memang sudah era globalisasi terutama MEA (Masyarakat Eknomi Asean).

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) harus berinovasi bagaimana tenaga kerja lokal tetap jadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Ini memang sudah jadi keresahan kita. Apa lagi Riau merupakan pintu gerbang atau berbatasan langsug dengan negara lain. Masuknya tenaga kerja asing tidak bisa terelakkan.  Apalagi sudah era globalisasi atau Pemerintah sudah menyepakati adanya MEA. Jadi untuk keluar masuk kesebuah negara itu sudah bebas atau diperbolehkan," jelasnya memberikan penjelasan dengan tantangan yang dihadapi.

Mau tidak mau menurut Politisi PANini,  harus diatisipasi oleh Pemerintah Provinsi Riau terutama instansi terkait, Disnakertrans maupun Imigrasi.

"Koordinasi  antar instansi seperti apa terutama terhadap naker asing ilegal.  Kalau yang sah kita tidak bisa berbuat apa-apa, hanya bisa mempersiapkan naker lokal agar bisa bersaing dan jadi tuan rumah di negeri sendiri," tambahnya.

Dikatakan juga oleh Anggota dari Dapil Kota Pekanbaru ini, Disnakertrans selaku ujung tombak lakukan inovasi, langkah-langkah atau upaya bagaimana lapangan kerja yang ada di Riau diperuntukkan bagi tenaga kerja lokal.

Bagaimana naker lokal itu memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja yang ada.  Harus punya strategi atau upaya-upaya untuk naker lokal dengan menjamin bisa bekerja atau mengisi lowongan yang ada.

loading...
Editor: Riki

Sumber: Faktariau.com

Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email [email protected] SMS/WA: 081339661966. Sertakan data diri. Komplain dan aduan SMS ke 085265651178.
BAGIKAN:

Baca Juga

  • Aksi Begal Karena Kecanduan Narkoba, DPRD Minta Polisi Rutin Patroli di Malam Hari

    PEKANBARU, datariau.com - Maraknya aksi begal belakangan ini disinyalir karena semakin banyaknya remaja kecanduan narkoba. Untuk itu kepolisian diminta razia rutin di m
  • DPRD Kritik Sekian Lama Banjir Pekanbaru Tak Tertangani

    PEKANBARU, datariau.com - Sekian lama banjir di Pekanbaru belum mampu ditangani bahkan semakin parah. DPRD sampai saat ini belum melihat master plan penanganan banjir t
  • Mulyadi: Cabut Izin Pangkalan Elpiji yang Membuat Susah Masyarakat

    PEKANBARU, datariau.com - Indikasi adanya pangkalan yang menjual elpiji subsidi secara curang semakin nyata adanya. DPRD Pekanbaru minta dinas terkait jangan berdiam
  • Agar Pohon Pelindung di Jalan Tak Mudah Tumbang, Ini Saran DPRD Pekanbaru..

    PEKANBARU, datariau.com - Adanya pohon tua yang tumbang di Kota Pekanbaru tanpa hujan dan angin jadi perhatian kalangan DPRD kota ini. Agar tak mudah tumbang, legislati
  • Tinjau SPBE Perawang, Anggota DPRD Siak ini Sebut Informasi Masyarakat Ada Permainan di Pangkalan

    SIAK, datariau.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak Komisi III Daerah Pemilihan (Dapil) Tualang Awaluddin melakukan peninjauan ke Stasiun
  • KOMENTAR
    Polling

    Siapa GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBA
    DR H Firdaus MT
    Drs H Syamsuar MSi
    HM Harris
    H Hendry Munief MBA
    H Nurzahedi SE
    Ir H Muhammad Lukman Edy MSi
    Drs H Achmad MSi
    Drs H Irwan Nasir MSi

    Siapa WAKIL GUBERNUR RIAU Periode 2018-2023 Pilihan Pembaca Data?
    H Yopi Arianto SE
    Intsiawati Ayus SH MH
    H Rusli Effendi SPdI SE MSi
    H Suyatno AMP
    Khairuddin Al-Young Riau SHI MAg